Comscore Tracker

7 Antivirus Terbaik untuk Laptop, Proteksi dari Malware

Ampuh taklukkan virus dan malware yang bandel

Terlepas dari fakta bahwa Windows memiliki antivirus bawaan dalam bentuk Windows Defender, bukan berarti menginstal antivirus pihak ketiga menjadi sesuatu yang tidak perlu dilakukan. Menggunakan antivirus di luar antivirus bawaan tetap diperlukan, guna memberi proteksi berlapis terhadap serangan virus atau malware yang merugikan.

Terlebih jika laptop yang kamu gunakan berisi dokumen atau file penting, mengaplikasikan antivirus menjadi hal yang wajib untuk diterapkan. Nah, jika kamu bingung antivirus terbaik apa yang kira-kira layak untuk digunakan, berikut IDN Times berikan beberapa rekomendasi untuk kamu pilih.

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

1. Bitdefender Antivirus Plus

7 Antivirus Terbaik untuk Laptop, Proteksi dari Malwaretomsguide.com

Bitdefender secara konsisten mendapatkan skor sempurna untuk proteksi malware dari sejumlah laboratorium pengujian pihak kita. Ini bisa menghentikan trojan, rootkit, ransomware serta worm, dan dengan mengaktifkan ekstensi di browser, Bitdefender dapat mencegah ancaman virus atau malware untuk masuk ke perangkat kamu melalui internet.

Selain itu, ini juga mengenali skema phising dan bisa menandai apakah hasil pencarian di internet, aman untuk diklik atau tidak. Plus, Bitdefender juga menyediakan fitur firewall pribadi sebagai pelapis firewall utama.

2. Kaspersky Total Security

7 Antivirus Terbaik untuk Laptop, Proteksi dari Malwaret3.com

Dengan tidak memakan banyak performa laptop, proteksi yang ditawarkan Kaspersky tergolong hampir menyentuh sempurna. Ini bisa memperingatkan dan memblokir file unduhan yang dinilai berbahaya. Satu fitur yang Kaspersky miliki namun tidak ada di antivirus lain adalah virtual keyboard.

Hal ini berguna bahwa mereka yang sadar akan ancaman keylogger, pelacak dan pengintai, ketika mengetikkan informasi login atau nomor kartu kredit. Selain itu, Kaspersky juga dibekali dengan fitur parental control untuk orang tua yang ingin memblokir situs tertentu dan membatasi waktu penggunaan HP anaknya.

3. VIPRE Advanced Security

7 Antivirus Terbaik untuk Laptop, Proteksi dari Malwaresaveonbuy.ca

Untuk antivirus standar yang ringan dan tidak dilengkapi dengan begitu banyak fitur ekstra, VIPRE sangat direkomendasikan. Antivirus ini melakukan tugas yang baik dalam menghentikan file berbahaya selama proses pengunduhan dan menghapusnya sebelum menginfeksi perangkat kamu.

Selain file di laptop, VIPRE juga mengawasi email kamu untuk melihat apakah ada link dan tautan berbahaya atau tidak. Alasan lain untuk menggunakan VIPRE adalah ini mengusung firewall, yang jadi sistem keamanan kedua setelah proteksi malware dan antivirus.

Baca Juga: 7 Antivirus dan Anti-Malware Terbaik untuk Android, Dijamin Aman!

4. Avast Free Antivirus

7 Antivirus Terbaik untuk Laptop, Proteksi dari Malwaretechradar.com

Beberapa antivirus bisa dinikmati secara gratis dan Avast jadi salah satu yang terbaik. Avast dibekali dengan segudang fitur ekstra seperti pengelola password, keamanan jaringan rumah dan VPN – untuk menyembunyikan identitas online kamu dari adware dan pelacak.

Fitur terbaik lain dari Avast adalah mode gamer otomatis, di mana kamu bisa mengunjungi situs online gaming tanpa terganggu koneksi lemot atau notifikasi pop-up yang berlebihan. Sementara itu, berbeda dengan Kaspersky dan Bitdefender, Avast akan menunggu sampai hampir terunduh sebelum menghentikan dan memusnahkan file unduhan yang berbahaya.

5. McAfee Total Security

7 Antivirus Terbaik untuk Laptop, Proteksi dari Malwaretomsguide.com

McAfee kini telah bangkit setelah dalam beberapa tahun terakhir, mengalami kemunduran yang signifikan. Semua yang kamu butuhkan untuk mengamankan perangkatmu dari ancaman malware ada pada McAfee, termasuk fitur tambahan seperti penyimpanan online terenkripsi dan perlindungan untuk akun cryptocurrency.

Selain itu, ini juga memiliki VPN yang akan memblokir identitas online kamu, sehingga aktivitas atau data onlinemu akan sulit untuk dilacak dan dicuri. Maka seperti yang lain di daftar ini, McAfee juga dibekali dengan firewall, parental control dan pemindai sistem.

6. Norton 360 with LifeLock

7 Antivirus Terbaik untuk Laptop, Proteksi dari Malwaretechradar.com

Apa yang membuat Norton 360 menarik adalah ini bekerja sama dengan LifeLock untuk memproteksi identitas kamu. LifeLock mengawasi pasar gelap dan akan memberi tahu kamu apabila alamat email, tanggal lahir atau akun online kamu diperjualbelikan secara ilegal.

Di samping itu, Norton 360 juga punya alat untuk browsing aman yang akan menandai situs berbahaya yang diketahui memiliki link atau skema phising tersembunyi di dalamnya. Sebagai langkah pencegahan, Norton 360 juga hadir dengan VPN untuk menyembunyikan identitas online seperti alamat IP dan lokasi.

7. Malwarebytes

7 Antivirus Terbaik untuk Laptop, Proteksi dari Malwaretomsguide.com

Jika laptop kamu tiba-tiba berjalan lambat, menutup browser dan program tanpa sebab atau mengarahkan kamu ke situs yang tidak berusaha kamu kunjungi, maka kemungkinan besar laptop kamu terinfeksi malware atau virus. Untuk mengatasi itu, kamu bisa menggunakan Malwarebytes, yang dirancang khusus untuk mengakali virus, sebelum membinasakannya secara permanen. Perlu dicatat, Malwarebytes tidak seperti Bitdefender yang bisa mencegah ancaman, namun lebih ke arah mengatasi malware atau virus yang terlanjur masuk dan menginfeksi.

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi antivirus terbaik untuk proteksi laptop kamu dari malware berbahaya. Semua antivirus di atas bisa diunduh secara gratis, namun dengan opsi premium atau pro untuk fitur yang lebih lengkap.

Baca Juga: Sebenarnya Perlu Gak Menginstal Antivirus di Android? Ini Jawabannya!

Topic:

  • Arif Gunawan
  • Bayu D. Wicaksono
  • Umi Kalsum
  • SEO Intern

Berita Terkini Lainnya