Comscore Tracker

Kontrol Via Suara dan 6 Fitur Terbaru macOS Catalina Lainnya yang Kece

Dijadwalkan untuk meluncur pada akhir tahun ini

Update major dari Apple untuk macOS, resmi diumumkan pada event WWDC yang diadakan awal Bulan Juni 2019. Itu diberi nama Catalina dan Apple janjikan akan meluncur pada akhir tahun 2019 ini.

Sama seperti update besar tahunan sebelumnya untuk macOS, Catalina yang memiliki kode angka 10.15, juga menghadirkan beberapa fitur baru yang tidak hanya bermanfaat, namun juga menarik dan dapat mengubah cara pengguna dalam menggunakan macOS di perangkat seperti Mac atau MacBook. Tanpa perlu berbasa-basi lagi, berikut 7 fitur baru yang dibawa macOS Catalina.

1. Aplikasi berbasis iOS juga akan tersedia di macOS

Kontrol Via Suara dan 6 Fitur Terbaru macOS Catalina Lainnya yang Kecetheverge.com

App Store telah menjadi rumah bagi ribuan aplikasi iOS selama bertahun-tahun dan kini melalui Catalina, Apple memberi kesempatan kepada para developer untuk dapat memporting aplikasi mereka ke platform yang lebih besar. Itu artinya, ke depannya Catalina akan dapat menjalankan aplikasi yang semula hanya ada di iPhone atau iPad saja. Aplikasi yang diporting ke Catalina juga akan berjalan secara native layaknya aplikasi Mac pada umumnya, alih-alih seperti aplikasi iOS yang disimulasikan untuk dapat berjalan di Mac.

2. Sidecar

Kontrol Via Suara dan 6 Fitur Terbaru macOS Catalina Lainnya yang Kecetheverge.com

Fitur baru nan keren dari Catalina selanjutnya adalah Sidecar. Fitur yang satu ini memungkinkan pengguna untuk menggunakan iPad mereka sebagai monitor kedua atau eksternal. Ini dapat digunakan sebagai mirroring atau untuk menampilkan konten yang sama di kedua layar, atau terpisah untuk menciptakan workspace yang lebih luas.

Di samping fungsi utama itu, Sidecar juga dilengkapi dengan fitur ekstra di mana pengguna bisa memunculkan Touch Bar di iPad. Sidecar sendiri dapat digunakan dengan kabel maupun wireless dan sangat minim latency.

3. Voice Control

Kontrol Via Suara dan 6 Fitur Terbaru macOS Catalina Lainnya yang Kecendtv.com

Catalina memberikan kesempatan bagi lebih banyak orang terutama mereka yang berkebutuhan khusus untuk dapat menggunakan Mac, melalui fitur baru bernama Voice Control. Seperti namanya, fitur ini memberikan kemampuan kepada pengguna untuk mengontrol setiap aspek pada Mac melalui suara.

Ini diciptakan menggunakan mesin pengenal suara milik Siri dan hampir bisa mengenali setiap perintah suara pengguna. Hal-hal umum seperti menjalankan aplikasi, menjelajahi menu hingga mengirim pesan, bisa dilakukan dengan mudah melalui Voice Control. Ini merupakan fitur canggih nan luar biasa yang dapat mengubah kehidupan seseorang 

Baca Juga: iPadOS dan iOS 13 Versi Beta Bisa Dicoba, Ini 7 Tahap Cara Install-nya

4. Apple Music

Kontrol Via Suara dan 6 Fitur Terbaru macOS Catalina Lainnya yang Keceidownloadblog.com

Melalui Catalina, Apple resmi mematikan iTunes dan menggantinya dengan empat aplikasi berbeda, yang memecah fitur-fitur yang sebelumnya dijadikan satu di iTunes. Ini mungkin membuat segalanya terlihat lebih tidak efektif namun sesungguhnya menguntungkan.

Contohnya, aplikasi musik baru yang Apple sebut sebagai Apple Music, kini jadi lebih bisa berfokus kepada fungsi utamanya seperti import dan streaming lagu. UI yang diusung juga hampir sama seperti iTunes, namun dengan beberapa perbaikan. Plus, bagian Now Playing, kini menampilkan lirik dari lagu yang sedang diputar.

5. Apple TV

Kontrol Via Suara dan 6 Fitur Terbaru macOS Catalina Lainnya yang Keceidownloadblog.com

Selain Apple Music, aplikasi lain hasil pemisahan dengan iTunes adalah Apple TV. Ini menjadi tempat bagi pengguna untuk menonton film atau serial TV favorit mereka, dan menikmati beragam konten yang ditawarkan jika berlanggan Apple TV+. Apple TV sendiri telah dibekali dengan beberapa channel terkenal seperti HBO, Showtime dan Starz.

Selain itu, Apple TV juga telah mendukung Dolby Atmos untuk audio yang lebih menggelegarkan dan fitur Family Sharing untuk berbagi layanan berlangganan dengan enam orang. UI yang dimiliki juga lebih fresh dan sederhana, sehingga pengguna bisa dengan mudah menavigasikannya.

6. Peningkatan di aplikasi Foto

Kontrol Via Suara dan 6 Fitur Terbaru macOS Catalina Lainnya yang Kecedigitaltrends.com

Seperti apa yang didapatkan iPhone melalui iOS 13 dan iPad dengan iPadOS-nya, aplikasi Foto pada Catalina juga mendapatkan pembaruan yang signifikan. Sala satunya, pengguna kini dapat melihat foto atau video mereka berdasarkan tahun, bulan dan hari. Fitur ini, memastikan setiap momen yang dimiliki oleh pengguna, dapat dikelompokkan dan ditampilkan dengan cara yang jauh lebih intuitif.

Yang menarik, aplikasi Foto dengan cerdas juga akan menampilkan foto terbaik dari yang terbaik. Secara tidak langsung, ini menghasilkan pengalaman yang lebih menyenangkan ketika meninjau ulang foto atau video.

7. Keamanan yang lebih baik

Kontrol Via Suara dan 6 Fitur Terbaru macOS Catalina Lainnya yang Keceidownloadblog.com

Yang terakhir, Catalina membawa peningkatan keamanan ke level yang lebih baik, dengan menambahkan Activation Lock untuk semua perangkat Mac melalui T2 Security Chip. Tak hanya itu saja, untuk semua pengguna macOS, Gatekeeper juga akan mengecek setiap aplikasi untuk mengetahui apakah ada masalah keamanan atau tidak.

Apple Watch kini juga bisa digunakan untuk menyetujui permintaan keamanan melalui tombol yang ada di sisi perangkat. Dan, ada juga aplikasi bernama Find My, untuk mencari Mac yang dicuri atau hilang dengan lebih mudah

Itulah tadi sedikit ulasan mengenai fitur-fitur baru apa saja yang dibawa oleh macOS Catalina. Versi beta macOS Catalina sudah tersedia dan bisa diunduh sekarang, bagi kamu yang tertarik untuk mencoba beberapa fitur di atas. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: Apple Membuat iPad 5G dengan Fitur Lipat, Ini Bocoran Bentuk & Speknya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Just For You