Comscore Tracker

7 Software Menggambar Terbaik di Windows 10

Ada yang berbayar, ada juga yang gratis

Menggambar tidak hanya bisa dilakukan di kertas, tapi juga PC. Bagi mereka yang saat ini tengah hobi menggambar atau mungkin ingin memulai karir sebagai pembuat komik, terdapat cukup banyak pilihan software menggambar digital untuk digunakan.

Masing-masing tentu hadir dengan beragam fitur dan juga kemudahan, sehingga cocok dipakai oleh mereka yang masih pemula. Berikut beberapa di antaranya yang terbaik untuk digunakan di Windows 10.

1. Krita

7 Software Menggambar Terbaik di Windows 10ilustrasi Krita (dok. Krita)

Baik yang masih amatir maupun yang sudah profesional, Krita menjadi software terbaik untuk dipilih terutama jika tidak ingin mengeluarkan uang untuk software menggemar. Krita mendukung nilai-nilai fleksibilitas dalam mengerjakan sesuatu yang bersifat kreatif, lewat UI yang mudah dipahami dan panel yang bisa dikustomisasi sesuai keinginan. Software ini juga memiliki fitur stabilitasi yang memungkinkan garis yang digambar nampak lebih rapi. Jika mau, pengguna juga bisa mengimpor berbagai jenis kuas yang bisa didapatkan secara gratis dari komunitas Krita.

2. Autodesk Sketchbook Pro

7 Software Menggambar Terbaik di Windows 10ilustrasi Autodesk Sketchbook Pro (dok. Autodesk)

Berkat tool menggambar tingkat profesional dan UI sederhana, Autodesk Sketchbook Pro menjadi salah satu software menggambar populer yang tidak hanya digunakan oleh seniman saja, tapi juga desainer dan bahkan arsitek. Software ini menyediakan lebih dari 190 kuas berbeda yang bisa dikustomisasi sesuai dengan preferensi pengguna. Selain itu, Sketchbook Pro juga mendukung berbagai jenis format mulai dari PNG hingga PSD. Software ini berbayar dengan sistem berlangganan tahunan, namun bagi penasaran bisa menjajal opsi free trial-nya terlebih dahulu.

3. Paint 3D

7 Software Menggambar Terbaik di Windows 10ilustrasi Paint 3D (dok. Microsoft)

Paint 3D merupakan versi baru dari Microsoft Paint yang sesuai namanya juga bisa digunakan untuk membuat objek 3D. Paint 3D bahkan telah menyediakan sejumlah model 3D untuk digunakan, namun di sisi lain juga memberi kesempatan pengguna untuk membuat model 3D mereka sendiri. Di samping itu, Paint 3D juga menyediakan texture realistist dan juga filter yang bisa diaplikasikan kedalam ilustrasi pengguna agar bisa terasa lebih hidup. Terakhir, mengingat Paint 3D merupakan software bawaan Windows termasuk Windows 10, maka pengguna bisa menggunakannya secara gratis.

Baca Juga: 7 Software Edit Foto Gratis Terbaik Alternatif Lightroom

4. GIMP

7 Software Menggambar Terbaik di Windows 10ilustrasi GIMP (dok. GIMP)

Sebagian besar fitur yang dimiliki GIMP membuatnya sempurna untuk dipakai mengedit foto, namun di sisi lain juga dapat diandalkan untuk menggambar atau membuat ilustrasi. GIMP memungkinkan pengguna untuk menciptakan karya mereka sendiri menggunakan segudang texture dan kuas yang bisa diatur sesuai keinginan pengguna. Jika mau, pengguna juga bisa meningkatkan kualitas karya mereka dengan menambahkan plugin pihak ketiga kedalam GIMP. Sama seperti Paint 3D dan Krita, GIMP merupakan software free-to-use alias bisa digunakan secara gratis.

5. Sketchable

7 Software Menggambar Terbaik di Windows 10ilustrasi Sketchable (dok. Silicon Benders)

Sketchable unik karena selain bisa digunakan untuk mencorat-coret catatan, software ini juga memungkinkan pengguna untuk menggambar ilustrasi. Bagi mereka yang ingin menggambar dengan nyaman, Sketchable jadi salah satu pilih menarik karena hadir dengan UI yang intuitif dan mudah dimengerti. Lebih lanjut, software ini juga memiliki tool yang memungkinkan pengguna untuk mengatur stabilitas kuas yang ada di samping menggunakan simetri. Sketchable bisa diunduh dan digunakan secara gratis, dengan opsi berbayar untuk menggunakan beberapa tool premium yang disediakan.

6. Paintstorm Studio

7 Software Menggambar Terbaik di Windows 10ilustrasi Paintstorm Studio (dok. Paintstorm Studio)

Paintstorm Studio merupakan software menggambar yang ramah untuk amatir karena menawarkan banyak jenis kuas dan kanvas. Kanvas yang ditawarkan software ini memiliki resolusi tinggi dengan opsi untuk ukuran yang berbeda-beda mulai dari mm hingga inci. Tool yang disediakan oleh Paintstorm Studio sempurna untuk berbagai jenis ilustrasi mulai dari ilustrasi kontemporer, gambar tradisional, hingga ilustrasi buku komik. Paintstorm Studio menawarkan opsi free trial di mana setelahnya, pengguna harus membayar atau berlangganan jika ingin terus menikmatinya.

7. Inkscape

7 Software Menggambar Terbaik di Windows 10ilustrasi Inkscape (dok. Inkscape)

Terakhir adalah Inkscape yang jadi pilihan sempurna untuk mereka yang ingin menjajal fitur-fitur canggih dalam menggambar ilustrasi digital secara cuma-cuma. Inkscape hadir dengan UI yang intuitif, dukungan untuk berbagai ukuran kanvas, dan opsi untuk mengekspor hasil karya pengguna kedalam berbagai jenis format. Baik mereka yang sudah jago ataupun belum, Inkscape dapat diandalkan untuk menggambar ilustrasi digital. Software yang satu ini gratis dan sangat direkomendasikan untuk digunakan.

 

Demikian tadi ulasan sekaligus rekomendasi beberapa software menggambar terbaik di Windows 10. Ada saran software menggambar lain? Jika ada, langsung saja tulis di kolom komentar di bawah, ya!

Baca Juga: 7 Software untuk Bantu Mengetahui Kondisi Baterai Laptop

Topic:

  • Fatkhur Rozi

Berita Terkini Lainnya