Comscore Tracker

7 Alasan Harus Ganti HDD Laptop ke SSD, Banyak Kelebihan

Bikin laptop makin nyaman digunakan

Teknologi untuk komputer dan laptop mengalami perkembangan yang begitu pesat. Salah satunya adalah soal media penyimpanan. Jika dulunya komputer dan laptop hanya menggunakan media penyimpanan internal hard disk drive (HDD), saat ini banyak pengguna komputer yang mulai melirik solid state drive (SSD).

Saat ini, SSD memang masih belum sepopuler HDD, tetapi banyak laptop keluaran terbaru yang dilengkapi dengan SSD daripada HDD, khususnya laptop yang didesain untuk tujuan gaming, desain grafis, dan kreator konten. Dengan demikian, jelas bahwa SSD memiliki banyak kelebihan daripada HDD sehingga produsen dan pengguna laptop mulai beralih menggunakan SSD.

Kalau kamu juga sedang menimbang-nimbang untuk beralih ke SSD, di bawah ini akan dipaparkan beberapa kelebihan SSD yang mungkin akan membuat kamu semakin mantap mengganti HDD dengan SSD.

1. Performa yang sangat cepat

7 Alasan Harus Ganti HDD Laptop ke SSD, Banyak Kelebihanilustrasi laptop (pexels.com/Gabriel Peter)

SSD memiliki kecepatan read dan write yang jauh lebih cepat daripada HDD. Karena itu, kamu bisa melakukan transfer file dan sebagainya dengan lebih cepat. Selain itu, aktivitas mencari file dan membuka berbagai program berat juga akan lebih cepat. Juga, proses booting untuk laptop yang menggunakan SSD pun jauh lebih cepat daripada HDD.

Jadi, menggunakan SSD memungkinkan produktivitas kamu dalam bekerja mengalami peningkatan. Waktu yang kamu gunakan untuk bekerja di depan laptop juga tidak akan terbuang sia-sia hanya untuk menunggu program yang loading.

2. Lebih hemat baterai

7 Alasan Harus Ganti HDD Laptop ke SSD, Banyak Kelebihanilustrasi SSD (pixabay.com/manseok_Kim)

Di dalam HDD terdapat komponen bergerak berupa piringan yang membuat daya HDD begitu boros. Sebaliknya, pada SSD tidak terdapat komponen bergerak sehingga penyimpanan dengan SSD hanya membutuhkan sedikit daya.

Dengan begitu, mengganti HHD dengan SDD akan membuat baterai laptop lebih awet karena konsumsi daya yang lebih sedikit. Ini tentu saja menguntungkan bagi kamu yang sering bekerja dengan laptop di luar karena tidak perlu sering-sering mengisi ulang daya dan mencari tempat yang terdapat stop kontak.

3. Lebih ringan

7 Alasan Harus Ganti HDD Laptop ke SSD, Banyak Kelebihanilustrasi SSD (pixabay.com/pagefact)

Jika diperhatikan, saat ini, laptop yang memiliki body tipis umumnya menggunakan media penyimpanan SSD. Alasannya, SSD memiliki ukuran fisik yang kecil dan tipis. Karena ukurannya yang lebih kecil, sudah pasti SSD juga memiliki bobot yang lebih ringan.

Jika kamu ingin menggunakan media penyimpanan yang ringkas sekaligus berpeforma tinggi, SSD merupakan jawaban yang tepat untuk mengakomodir kebutuhanmu.

Baca Juga: 5 Smartphone Termurah dengan RAM 8 GB, Harga Mulai Rp2 Jutaan 

4. Tidak ada komponen bergerak sehingga tidak berisik

7 Alasan Harus Ganti HDD Laptop ke SSD, Banyak Kelebihanilustrasi HDD (pexels.com/Azamat Esenaliev)

Kalau kamu menggunakan komputer atau laptop yang menggunakan media penyimpanan HDD, kamu pasti pernah merasakan getaran pada perangkat? Ini karena di dalam HDD terdapat komponen bergerak yang berupa piringan. Piringan ini berguna untuk menyimpan data dan akan berputar saat laptop atau komputer digunakan.

Lain halnya dengan SSD yang tidak menggunakan perangkat bergerak sama sekali. Dengan demikian, mengganti HDD dengan SSD akan membuat komputer lebih nyaman digunakan karena tidak ada getaran dari piringan yang menimbulkan suara berisik.

5. Lebih aman

7 Alasan Harus Ganti HDD Laptop ke SSD, Banyak Kelebihanilustrasi SSD (pexels.com/manseok_Kim)

Banyak orang yang menganggap bahwa SSD lebih aman daripada HDD. Alasannya, di dalam SSD tidak ada komponen bergerak yang dipakai untuk menyimpan data, seperti piringan pada HDD. Dengan demikian, maka resiko file corrupt jadi lebih kecil.

Selain itu, tidak adanya perangkat bergerak dalam SSD membuat media penyimpanan ini lebih tahan terhadap guncangan. Lain halnya dengan HDD yang lebih sensitif terhadap guncangan karena terdapat piringan di dalamnya. Karena alasan ini, banyak orang merasa bahwa SSD menawarkan keamanan yang lebih baik daripada HDD.

6. Tidak mudah panas

7 Alasan Harus Ganti HDD Laptop ke SSD, Banyak Kelebihanilustrasi bekerja dengan laptop (pexels.com/cottonbro)

HDD bekerja dengan menerapkan unsur mekanik yang membuatnya lebih cepat panas. Akibatnya, komputer atau laptop akan mudah panas, perfomanya jadi lebih lambat, dan HDD akan lebih mudah rusak.

Sebaliknya, SSD hanya menggunakan komponen microchip untuk membaca data. Dengan begitu, laptop yang menggunakan SSD tidak akan mudah panas meskipun digunakan dalam waktu cukup lama.

7. Lebih nyaman untuk multitasking

7 Alasan Harus Ganti HDD Laptop ke SSD, Banyak Kelebihanilustrasi bekerja dengan laptop (pexels.com/cottonbro)

Saat membuka banyak program sekaligus, kinerja komputer atau laptop dengan media penyimpanan HDD akan jadi lebih lambat, utamanya jika kamu membuka program yang berat. Namun, masalah ini tidak akan kamu alami jika kamu menggunakan SSD.

Ini karena kecepatan baca SSD yang sangat tinggi sehingga kamu dapat melakukan multitasking tanpa membuat performa laptop jadi terlalu lambat. Karena alasan ini, SSD sangat cocok untuk kamu yang terbiasa bekerja dengan program yang berat atau multitasking.

Jadi, apa kamu tertarik mengganti HDD dengan SSD? Meskipun SSD memiliki harga yang relatif lebih mahal, tapi ini tentu saja sesuai dengan keunggulan yang ditawarkan.

Baca Juga: 7 Penyebab Laptop Jadi Lemot dan Cara Ampuh Mengatasinya

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya