Comscore Tracker

Bikin Lemot, 7 Aplikasi Ini Perlu Dihapus dari HP Android

Uninstall semua aplikasi yang tidak berguna

Ada ribuan aplikasi yang bisa diunduh oleh pengguna Android di Play Store. Semua aplikasi ini dapat mempermudah aktivitas para pengguna Android dengan berbagai cara, tetapi tanpa sadar kamu mungkin akan mulai mengunduh terlalu banyak aplikasi, bahkan yang sebetulnya tidak kamu butuhkan.

Kelebihan aplikasi ini bukannya tidak menimbulkan dampak apa pun. Berbagai jenis aplikasi dapat menyebabkan perangkat Android kelebihan beban, menghabiskan ruang penyimpanan, memengaruhi kinerja, dan menghabiskan masa pakai baterai HP. Karenanya, kamu perlu mengevaluasi kembali aplikasi yang ada di HP kamu dan uninstall semua aplikasi yang tidak diperlukan.

1. Penghemat baterai

Bikin Lemot, 7 Aplikasi Ini Perlu Dihapus dari HP Androidilustrasi mengisi daya baterai (pexels.com/Rawpixel)

Aplikasi penghemat baterai sering kali menjanjikan keajaiban untuk mengatasi masalah masa pakai baterai. Namun, sering kali apa yang diberikan aplikasi ini jauh di bawah yang diharapkan.

Untuk meningkatkan masa pakai baterai, kamu perlu mengurangi permintaan energi dari sistem operasi serta semua layanan dan aplikasi yang berjalan. Agar efektif, aplikasi penghemat energi perlu izin untuk mengontrol Android. Namun, karena Android tidak dapat dikontrol tanpa hak akses root, aplikasi tidak dapat begitu saja masuk dan mengambil kendali.

Dengan demikian, aplikasi penghemat baterai hanya dapat memberi tahu pengguna aplikasi lain yang menghabiskan terlalu banyak baterai. Alih-alih menggunakan aplikasi penghemat baterai, kamu bisa langsung membuka setelan baterai dan memeriksa apa saja yang memakan banyak baterai.

2. Aplikasi penghemat RAM

Bikin Lemot, 7 Aplikasi Ini Perlu Dihapus dari HP Androidilustrasi melihat HP (pexels.com/Ivan Samkov)

Aplikasi yang berjalan di latar belakang akan menghabiskan RAM dan mempersingkat masa pakai baterai. Aplikasi penghemat RAM mengklaim dapat meningkatkan memori dengan menutup aplikasi latar belakang ini secara sistematis. Sayangnya, sebagian besar aplikasi yang ini justru memperburuk masalah yang mereka coba selesaikan.

Jika kamu menutup aplikasi yang berjalan di latar belakang, ini harus dimulai ulang jika kamu ingin membukanya kembali. Memori dan masa pakai baterai digunakan untuk memulai ulang aplikasi. Penutupan dan pengaktifan ulang aplikasi yang konstan ini dapat membuat HP menjadi lebih lambat dan menghabiskan lebih banyak baterai.

Selain itu, Android mengelola penggunaan RAM secara otomatis dan mengetahui kapan harus menjalankan aplikasi atau tidak, sehingga aplikasi pihak ketiga tidak diperlukan.

3. Aplikasi bloatware pra-instal

Bikin Lemot, 7 Aplikasi Ini Perlu Dihapus dari HP Androidilustrasi aplikasi Android (pixabay.com/LoboStudioHamburg)

Bloatware adalah aplikasi bawaan yang ada di HP kamu tanpa perlu kamu menginstalnya. Bloatware sering kali dibenci oleh para pengguna Android karena banyak di antaranya yang tidak berguna.

Karenanya, ada baiknya kamu mencopot semua aplikasi bloatware yang tidak kamu pakai. Hanya saja, tidak semua bloatware bisa dihapus karena merupakan bagian integral dari Android itu sendiri. Namun, kamu masih dapat menonaktifkan aplikasi yang tidak diinginkan untuk menghentikannya berjalan di latar belakang.

Baca Juga: 7 Aplikasi Android untuk Menyembunyikan Aplikasi Lain, Rahasia Aman

4. Aplikasi utilitas

Bikin Lemot, 7 Aplikasi Ini Perlu Dihapus dari HP Androidilustrasi HP Android (unsplash.com/Sebastian Bednarek)

Android telah mengalami banyak perkembangan sejak kelahirannya pada tahun 2008. Pada awal kemunculannya, pengguna Android perlu mengunduh aplikasi utilitas terpisah seperti senter, pemindai QR, perekam layar, pemutar media, dan peredup layar karena fungsi ini tidak ada di dalam perangkat Android.

Namun, keadaannya jauh berbeda sekarang. Berbagai aplikasi utilitas sudah terpasang di Android sehingga kamu tidak perlu mengunduhnya secara terpisah. Jadi, jika saat ini kamu masih memiliki aplikasi utilitas di HP kamu, saatnya untuk menghapusnya.

5. Aplikasi yang tidak lagi kamu gunakan

Bikin Lemot, 7 Aplikasi Ini Perlu Dihapus dari HP Androidilustrasi aplikasi Android (unsplash.com/Christian Wiediger)

Banyak orang mengunduh aplikasi berdasarkan kondisi mereka saat itu. Namun, setelah beberapa lama, mereka tidak lagi membutuhkan aplikasi tersebut. Misalnya saja aplikasi kencan, meditasi, kebugaran, diet, yang umumnya hanya dibutuhkan dalam periode waktu tertentu.

Sangat mudah untuk membiarkan aplikasi tetap berada di HP setelah kamu tidak lagi membutuhkannya. Daripada membiarkan aplikasi ini memenuhi ruang penyimpanan dan memperburuk kinerja HP, lebih baik segera hapus.

6. Aplikasi duplikat yang memiliki fungsi sama

Bikin Lemot, 7 Aplikasi Ini Perlu Dihapus dari HP Androidilustrasi aplikasi perpesanan (pixabay.com/AzamKamolov)

Tidak jarang orang menginstal lebih dari satu aplikasi ditelepon mereka yang melakukan fungsi yang sama. Ini biasanya berupa browser, aplikasi pencatat, aplikasi perpesanan, dan banyak lagi.

Dalam beberapa kasus, dua aplikasi dengan tujuan yang sama ini menyediakan fitur yang sangat berbeda sehingga mungkin masuk akal untuk mempertahankan keduanya. Namun, jika salah satu aplikasi jelas lebih baik dan kamu gunakan di sebagian besar waktu, sementara yang lainnya hanya teronggok tanpa pernah kamu sentuh, ada baiknya untuk menyingkirkan yang kurang berguna.

Segera periksa semua aplikasi yang memiliki fungsi sama lalu pertimbangkan apakah salah satunya memiliki fitur yang lebih baik dan bisa kamu andalkan di hampir setiap kesempatan. Kemudian, copot pemasangan aplikasi yang menurutmu tidak terlalu berguna.

7. Game lama yang tidak lagi kamu mainkan

Bikin Lemot, 7 Aplikasi Ini Perlu Dihapus dari HP Androidilustrasi bermain game di HP (pexels.com/Tony Schnagl)

Banyak orang memiliki game favorit yang selalu dimainkan saat memiliki waktu luang. Namun, jika kamu tidak lagi memainkannya, tidak ada gunanya untuk terus menyimpannya di perangkat dan membuang-buang penyimpanan.

Jadi, segera periksa daftar game yang ada di perangkatmu dan copot semua yang tidak kamu mainkan. Pertimbangkan juga untuk uninstall game yang memakan banyak tempat dan menggantinya dengan game lain yang lebih ringan dan tak kalah seru.

Menghapus atau menonaktifkan aplikasi lama yang tidak lagi kamu andalkan adalah salah satu cara terbaik untuk meningkatkan kinerja HP Androidmu. Terlebih, kamu selalu dapat mengunduh kembali aplikasi yang telah kamu copot. Jadi, segera periksa HP kamu dan copot setiap aplikasi yang tidak berguna.

Baca Juga: 7 Video Game Paling Tua dalam Sejarah Video Game

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya