Comscore Tracker

7 Aplikasi Android untuk Meningkatkan Kinerja Smartphone

Bikin smartphone jadi ngebut

Performa smartphone Android cenderung melambat seiring waktu, apa pun mereknya. Memori yang semakin penuh dan berbagai aplikasi menyebabkan kinerja sistem terbebani. Kalau sudah seperti ini, kamu haru membersihkan file sampah, menghapus beberapa file dan aplikasi, serta tugas-tugas manual lainnya untuk mempercepat operasi.

Membersihkan smartphone secara manual tentu saja merepotkan. Kabar baiknya, ada banyak aplikasi Android yang bisa melakukan banyak tugas pemeliharaan seperti pembersihan cache, mengoptimalkan boot-up, meningkatkan kecepatan prosesor, aplikasi hibernasi, membatasi data latar belakang, dan menyetel perangkat ke mode hemat daya. Dengan begitu, performa Android akan jadi lebih cepat dari sebelumnya.

Jika kamu sedang mencari aplikasi pengoptimal kinerja smartphone Android, di bawah ini ada beberapa rekomendasi terbaik untukmu. Langsung cek list-nya, ya!

1. Assistant for Android

7 Aplikasi Android untuk Meningkatkan Kinerja SmartphoneAssistant for Android (Dok. AA Mobile)

Assistant for Android adalah aplikasi yang bertujuan untuk membersihkan cache dan data sementara lainnya, memblokir aplikasi yang memperlambat smartphone, dan menghapus beberapa aplikasi sekaligus.

Kamu juga bisa memindahkan aplikasi ke kartu SD untuk memberikan lebih banyak ruang kosong ke penyimpanan internal smartphone dan mengaktifkan fitur penghemat baterai untuk memperpanjang masa pakai smartphone. Aplikasi itu sendiri ringan dan tidak cepat menghabiskan daya baterai.

2. ROM Toolbox Lite

7 Aplikasi Android untuk Meningkatkan Kinerja SmartphoneROM Toolbox Lite (Dok. JRummy Apps)

ROM Toolbox Lite adalah aplikasi yang menawarkan paket lengkap untuk mengelola smartphone Android. Banyak fitur penting yang ditawarkan ROM Toolbox Lite, seperti mencadangkan dan memulihkan aplikasi, mengubah font sistem, mengelola file, dan masih banyak lagi.

Jika kamu membeli versi premium, kamu akan mendapatkan fitur tambahan, seperti pencari aplikasi, pembersih cache, pengontrol prosesor, pengoptimal penyimpanan, dan masih banyak lagi. Semua fitur ROM Toolbox Lite akan meningkatkan kinerja smartphone sehingga lebih nyaman digunakan.

3. Safe Security

7 Aplikasi Android untuk Meningkatkan Kinerja SmartphoneSafe Security (Dok. Safe Security Develop)

Safe Security adalah solusi keamanan multi-fitur. Aplikasi ini dapat memeriksa malware dan berbagai file berbahaya lainnya yang tersembunyi jauh di dalam sistem perangkat Android dan menyingkirkannya. Aplikasi ini juga mampu membersihkan cache dan data sementara yang dikumpulkan oleh aplikasi yang diinstal.

Dengan begitu, ini akan mengosongkan lebih banyak ruang dan menghapus file berbahaya. Sebagai hasilnya, kamu akan mendapatkan pengalaman Android yang mulus dengan kinerja yang maksimal.

Baca Juga: 5 Bot Telegram Ini Bisa Ganti Aplikasi Android, Sudah Coba?

4. Greenify

7 Aplikasi Android untuk Meningkatkan Kinerja SmartphoneGreenify (Dok. Oasis Feng)

Greenify adalah aplikasi pengoptimal Android otomatis yang ringan. Aplikasi ini mempercepat kinerja perangkat dan meningkatkan masa pakai baterai dengan memantau aplikasi yang sedang berjalan dan menghibernasi aplikasi yang menghabiskan memori dan baterai.

Selain itu, aplikasi ini juga memblokir akses jaringan ke perangkat latar belakang. Aplikasi ini gratis, tetapi kamu juga bisa membeli versi berbayar untuk mendapatkan fitur tambahan, seperti deep-sleep.

5. CCleaner

7 Aplikasi Android untuk Meningkatkan Kinerja SmartphoneCCleaner (Dok. Piriform)

CCleaner adalah pengoptimal perangkat favorit untuk desktop yang kini sudah tersedia untuk Android. Aplikasi ini memungkinkan pengguna membersihkan file cache, menghapus duplikat, menghapus aplikasi, membersihkan log panggilan dan SMS, serta memantau sumber daya sistem.

Selain itu, kamu juga dapat membersihkan catatan riwayat lain yang bisa memperlambat perangkat. Sebagai hasilnya, kinerja perangkat jadi lebih baik dan responsif.

6. SD Maid

7 Aplikasi Android untuk Meningkatkan Kinerja SmartphoneSD Maid (Dok. darken)

SD Maid berfokus menggunakan teknologi canggih untuk mengidentifikasi dan membuang file sampah yang dapat memperlambat kinerja perangkat. Aplikasi ini membersihkan log dan riwayat yang mungkin tetap ada di Android bahkan setelah aplikasi di-uninstall.

Aplikasi ini juga bekerja mengoptimalkan database aplikasi yang terinstal, sehingga membuatnya berjalan lebih cepat dan menjadi lebih responsif. Cukup dengan meng-install SD Maid, kamu akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik dalam menggunakan Android.

7. Avast Cleanup

7 Aplikasi Android untuk Meningkatkan Kinerja SmartphoneAvast Cleanup (Dok. Avast Software)

Avast Cleanup meningkatkan kinerja Android dengan membersihkan sampah di ruang penyimpanan. Aplikasi ini juga mengoptimalkan media dengan membuang foto duplikat atau foto yang memiliki kualitas buruk. Avast Cleanup juga menyempurnakan kinerja perangkat dengan menghentikan aplikasi yang menghabiskan sumber daya dan menyingkirkan bloatware.

Sebenarnya, Avast Cleanup menyediakan versi gratis yang sangat mampu memberikan pengalaman menggunakan smartphone yang baik. Hanya saja, pada versi gratisnya, terdapat beberapa iklan. Kamu dapat meningkatkan ke versi bebas iklan dengan membeli versi premium.

Kalau kinerja perangkat Android milikmu lambat, jangan buru-buru install ulang atau beli baru. Coba install aplikasi di atas untuk mengoptimalkan performa Android.

Baca Juga: 5 Aplikasi Keren untuk Kamu yang Hobi Design, Awas Ketagihan

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya