Comscore Tracker

IDN Live Hadirkan Konten Video Live Streaming dengan Audiens Loyal

Format konten yang memiliki potensi yang besar di masa depan

Konten live streaming semakin populer di kalangan masyarakat Indonesia saat ini, terlebih sejak pandemi memaksa masyarakat untuk beraktivitas di rumah dan menghabiskan lebih banyak waktu mengakses internet. Banyak orang menggemari konten live streaming karena format konten ini memungkinkan audiens untuk berinteraksi secara langsung dengan streamer favorit mereka selama live berlangsung. Spontanitas streamer saat berinteraksi dengan penontonnya pun dapat menjadi hiburan. 


Kali ini, IDN Media berkesempatan berbincang dengan COO IDN Media, William Utomo, mengenai tren live streaming di Indonesia. Selain itu, William juga menjelaskan peran IDN Live, platform live streaming milik IDN Media, untuk masa depan live streaming di Indonesia.

1. Konten live streaming makin diminati Gen Z

IDN Live Hadirkan Konten Video Live Streaming dengan Audiens LoyalIDN Live Streamer Fund. (IDN Times)

Konten live streaming semakin diminati khususnya di kalangan Gen Z di Indonesia. Menurut riset Indonesia Gen Z Report 2022 yang dilakukan IDN Research Institute, sebagai generasi digital native saat ini Gen-Z semakin tertarik mengkonsumsi konten dengan format video, salah satunya live streaming yang menempati posisi kedua dengan persentase 13% setelah video-based content (75%). Meski lebih dikenal sebagai format konten yang menyajikan hiburan, konten live streaming juga mulai banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan komersial atau menjalin interaksi dengan konsumen suatu brand. Meningkatnya popularitas dan potensi live streaming di kalangan Gen Z di Indonesia membuat banyak aplikasi mulai melirik dan mengintegrasikan format konten berbasis video ini ke dalam fitur mereka, salah satunya IDN App melalui fitur IDN Live. 

2. Perilaku penikmat konten live streaming yang unik

IDN Live Hadirkan Konten Video Live Streaming dengan Audiens LoyalIlustrasi streamer di fitur IDN Live (Dok. IDN App)

Satu tahun sudah platform IDN Live hadir di IDN App. Para penikmat konten live streaming di IDN App pun menunjukkan karakteristik tertentu saat mengonsumsi konten. William menjuluki mereka sebagai micro community yang sangat loyal dengan streamer favorit mereka. Loyalitas tersebut ditunjukkan dengan durasi konten yang mereka suka.


“Mereka suka menonton berbagai macam konten, mulai dari konten bermain games, menonton video reaction, atau bahkan hanya mengobrol saja dengan streamer. Setiap harinya, mereka juga suka menonton konten dalam berbagai durasi, baik pendek maupun panjang. Perilaku audiens live streaming ini menjadikan mereka unik dibandingkan penikmat konten lainnya,” ungkap William.

3. Berkolaborasi membangun ekosistem live streaming

IDN Live Hadirkan Konten Video Live Streaming dengan Audiens Loyalnonton live streaming di IDN App (IDN Times/Gary Javan)

Melihat besarnya pertumbuhan micro community ini, IDN Media mengajak banyak pihak untuk turut meramaikan ekosistem live streaming di Indonesia, termasuk esports yang dikenal memiliki basis penggemar yang besar dan loyal. Hingga kini, sudah banyak gamers dan tim esports bergabung di IDN App sebagai live streamers, seperti PAOXTIPI, Bigetron Esports, dan ONIC Esports. William pun memandang live streaming sebagai tempat berkumpul virtual. 


“Live streaming itu sebenarnya ibarat nongkrong bareng di dunia nyata. Saat kita berkumpul dengan teman, jenis aktivitas apapun yang dilakukan bersama sangat digemari, misalnya bermain games bersama, menonton video lucu, atau bahkan sekedar berbincang dengan teman pun menjadi kegiatan yang seru. Bahkan bisa dibilang, saat ini konten live streaming yang sifatnya satu arah seperti cover lagu memiliki penggemar yang lebih sedikit dibandingkan konten dengan interaksi dua arah.” jelas William. 

4. Terus berinovasi untuk menguatkan micro community

IDN Live Hadirkan Konten Video Live Streaming dengan Audiens LoyalFitur IDN Live di IDN App (Dok. IDN App)

Melalui fitur IDN Live, IDN Media terus berinovasi menciptakan platform bagi streamer untuk berkarya secara positif, sekaligus menghadirkan hiburan yang menyenangkan dan aman bagi audiens yang nantinya akan menguatkan micro community. Lebih lanjut, William menyampaikan harapan untuk IDN Live di masa depan.


“Harapannya, kami dapat memindahkan aktivitas nongkrong bareng di offline ke online di IDN Live, dengan melibatkan interaksi antara streamer dengan audiensnya. Selain itu, kami juga ingin mengeksplorasi aktivitas lain yang dapat dilakukan di live streaming. Saat ini, IDN Live baru memiliki beberapa ratus streamer. Ke depannya, kami berharap dapat menjaring ribuan bahkan puluhan ribu streamer untuk membuat konten di IDN Live. Dengan konten yang lebih interaktif dan jumlah streamer yang lebih banyak, diharapkan micro community ini akan menjadi semakin solid. Kuncinya satu, yaitu memfasilitasi kegiatan nongkrong bareng secara online untuk menciptakan micro community.” ungkap William.

Topic:

  • Felicia Yulianti

Berita Terkini Lainnya