Comscore Tracker

Cara Menghemat Paket Data di iPhone, Gak Khawatir Kehabisan Kuota!

Jadi lebih hemat, deh...

Menghabiskan paket data pada iPhone adalah hal yang mudah. Aplikasi yang terus menerus update, media sosial tak pernah berhenti, hingga background data yang juga menguras penggunaan internet. Alhasil, kuota pun habis sebelum waktunya.

Untuk mencegah hal ini terjadi, ada beberapa cara yang bisa kamu terapkan. Tenang saja, kamu tidak perlu mematikan internet secara total kok. Cukup ikuti saja metode-metode berikut ini. Yuk, simak!

1. Seleksi aplikasi apa saja yang bisa diakses memakai paket data

Cara Menghemat Paket Data di iPhone, Gak Khawatir Kehabisan Kuota!lifewire.com

Pada umumnya, aplikasi yang banyak memuat gambar dan video adalah aplikasi yang paling memakan paket datamu. Namun untuk memastikannya, kamu bisa cek melalui Settings > Cellular.

Di bawah bagian Cellular Data, kamu akan menemukan nama-nama aplikasi beserta banyak data yang dipakainya. Kamu bisa menonaktifkan aplikasi yang menurutmu tidak terlalu penting. Dengan begitu, mereka tidak akan bisa diakses dengan paket data. 

2. Jangan biarkan iTunes dan App Store mengunduh dengan paket datamu

Cara Menghemat Paket Data di iPhone, Gak Khawatir Kehabisan Kuota!igeeksblog.com

Download dan update aplikasi tentu membutuhkan internet dengan jumlah yang tidak sedikit. Maka dari itu, jangan sampai kamu melakukannya dengan paket data. Untuk mencegah hal tersebut, masuklah ke Settings > iTunes & App Store. 

Di bagian paling bawah, kamu akan menjumpai opsi Use Cellular Data. pastikan toggle tidak berwarna hijau, ya! Dengan begitu semua proses di iTunes dan App Store hanya bisa berjalan saat iPhone tersambung dengan Wi-Fi.

3. Matikan penggunaan background data

Cara Menghemat Paket Data di iPhone, Gak Khawatir Kehabisan Kuota!asurion.com

Walaupun telah dimatikan, aplikasi pada smartphone biasanya tetap berjalan pada background. Inilah salah satu hal yang menyebabkan paket data berkurang tanpa sepengetahuan kita. Jika kamu tidak ingin ini terjadi, ada cara untuk mematikannya kok. 

Bukalah Settings > General > Background App Refresh. Pastikan yang tercentang bukanlah Wi-Fi and Cellular Data. Kamu bisa mematikannya secara total atau hanya menyalakannya saat ada Wi-Fi. 

Baca Juga: Ini 7 Macam Foto yang Tidak Boleh Dibagikan di Internet, Jaga Dirimu

4. Matikan Wi-Fi Assist

Cara Menghemat Paket Data di iPhone, Gak Khawatir Kehabisan Kuota!imore.com

Wi-Fi Assist adalah perintah yang akan mengganti koneksimu ke paket data ketika sinyal Wi-Fi dinilai terlalu lemah. Hal ini dilakukan secara otomatis sehingga jika tidak teliti, kamu bisa kehilangan paket data tanpa sadar.

Nah, untuk mencegah pergantian yang tidak diinginkan, caranya cukup mudah kok. Masuklah ke Settings > Cellular. Scroll sampai menemukan Wi-Fi Assist. Geser toggle hingga berwarna putih.

5. Nonaktifkan LTE dan data roaming

Cara Menghemat Paket Data di iPhone, Gak Khawatir Kehabisan Kuota!imore.com

Baik LTE maupun data roaming sama-sama membuat pengeluaran untuk paket data membengkak. Oleh karena itu, jika tidak diperlukan sebaiknya kamu matikan saja. Untuk LTE, cukup masuk ke Settings > Cellular > Cellular Data Options.kemudian di bagian Enable LTE, klik Off

Untuk menonaktifkan data roaming, kamu perlu kembali ke menu Cellular Data Options. Di bagian Voice & Data Roaming, geser toggle hingga warna hijau berubah menjadi putih. Nah, sekarang kamu tidak perlu mengeluarkan paket data secara berlebihan.

6. Lebih baik download daripada streaming musik

Cara Menghemat Paket Data di iPhone, Gak Khawatir Kehabisan Kuota!9to5mac.com

Aplikasi streaming musik apa saja yang kamu miliki? Pada umumnya pengguna iPhone memakai Apple Music dan Spotify untuk mendengarkan lagu yang disukai. Namun jika kamu sedang menggunakan paket data, sebaiknya jangan streaming dulu, deh.

Sebagai gantinya, kamu bisa mengunduh lagu-lagu yang kamu sukai ketika sedang tersambung dengan Wi-Fi. Dengan begitu kamu bisa mengaksesnya secara offline saat sedang memakai paket data. 

7. Atur penggunaan media sosial

Cara Menghemat Paket Data di iPhone, Gak Khawatir Kehabisan Kuota!businessinsider.com

Salah satu aplikasi yang paling banyak memakan paket data adalah media sosial. Banyak orang yang tidak bisa mematikannya karena kebutuhan komunikasi dan informasi. Namun, kamu bisa mengontrol setelah aplikasi tersebut agar tidak banyak menghabiskan kuota. Berikut ini caranya:

  • Instagram: masuklah ke menu Settings > Cellular Data Use. Aktifkan fitur Use Less Data;
  • Twitter: pada menu Settings and Privacy, masuklah ke Data Usage. Di sana kamu bisa mematikan preview gambar dan autoplay pada video;
  • Facebook: masuklah ke Settings > Account Settings > Videos and Photos. Matikan autoplay atau hanya nyalakan saat kamu tersambung Wi-Fi.

Mudah sekali untuk dicoba, kan? Kamu bisa mengombinasikan berbagai cara yang disebutkan agar kamu bisa menghemat paket data secara maksimal. Selamat mencoba!

Baca Juga: Cara Menghemat Paket Data di HP Android, Kuota Internet Lebih Awet

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya