Comscore Tracker

8 Strategi Mendapatkan Uang dari Channel YouTube, Bisa Dicoba nih! 

Buat para milenial yang pengen jadi YouTuber, cocok nih!

Apakah kamu salah satu pengguna YouTube yang aktif upload video? Berawal dari iseng dan coba-coba, bisa jadi ini saatnya untuk kamu menjadi lebih serius dalam bidang itu. Jika iya, salah satu pertanyaan yang muncul pastilah bagaimana caranya mendapatkan uang dari platform streaming video tersebut.

Nyatanya, masih sedikit orang yang mengetahui cara untuk mendapatkan jutaan dolar dari YouTube. Oleh karena itu, simak penjelasan strategi mendapatkan uang dari YouTube berikut ini!

1. Memasang iklan

8 Strategi Mendapatkan Uang dari Channel YouTube, Bisa Dicoba nih! marketing91.com

Sebagai pengguna YouTube, tentunya kamu tidak asing lagi dengan iklan yang biasa muncul di awal video. Platform streaming video gratis tersebut digerakkan oleh iklan. Sebagian penghasilan dari iklan akan disalurkan ke YouTube, sedangkan sebagian lainnya akan masuk ke channel yang bersangkutan. Namun YouTube memiliki kriteria tertentu yang harus dipenuhi sebelum kamu bisa mendapatkan iklan untuk videomu.

2. Syarat dan cara monetisasi YouTube

8 Strategi Mendapatkan Uang dari Channel YouTube, Bisa Dicoba nih! storage.googleapis.com

Syarat monetisasi YouTube bisa berubah-ubah sesuai dengan kebijakan yang mereka keluarkan. Untuk saat ini, syarat pertama yang harus dipenuhi adalah channelmu minimal memiliki 4.000 jam waktu tonton dalam 12 bulan terakhir. Kemudian channel minimal memiliki 1.000 subscriber. Memang terlihat tidak mudah, tetapi jika kamu cukup aktif kamu akan bisa mencapainya dengan cepat.

Jika sudah memenuhi syarat tersebut, kamu bisa mengajukan permohonan monetisasi ke YouTube. Caranya, masuk ke Creator Studio di channelmu, klik Channel, kemudian di bawah Status and Features, klik Enable pada kolom Monetization. Setelah itu YouTube akan meninjau kelayakan channel.

3. Pasang iklan dengan AdSense

8 Strategi Mendapatkan Uang dari Channel YouTube, Bisa Dicoba nih! agorapulse.com

Setelah YouTube menyetujui channel, kamu perlu menautkan akun AdSense untuk memilih iklan seperti apa yang sesuai untuk videomu. Sayangnya tidak ada rumus sederhana yang bisa memperkirakan berapa banyak penghasilan dari iklan.

Hal ini bergantung pada berapa banyak orang yang menonton iklan sampai habis, berapa banyak viewer yang menggunakan ad-blocker, dan faktor lainnya. Oleh karena itu, biasanya YouTuber tidak hanya bergantung pada iklan untuk menghasilkan uang dari channelnya.

4. Product placement

8 Strategi Mendapatkan Uang dari Channel YouTube, Bisa Dicoba nih! theconversation.com

Selain iklan, kamu juga bisa menggunakan cara yang disebut dengan product placement. Teknik ini termasuk cara promosi konvensional yang biasa digunakan di televisi dan film. Misalnya dalam film, aktor sedang makan sereal dengan merek tertentu. Ternyata cara tersebut bisa diterapkan di video YouTube juga.

Sebelum melakukan hal ini, kamu harus membangun koneksi dengan brand yang potensial terlebih dahulu. Kamu juga harus memilih brand mana yang relevan dengan konten yang biasa kamu buat.

Produk yang akan diiklankan tidak harus menjadi fokus dari videomu, hanya menjadi bagian kecil tidak apa-apa. Asalkan sesuai dengan perjanjian dengan brand. Keunggulan dari teknik ini adalah orang tidak akan bisa melewatinya karena menjadi kesatuan dalam video. Namun jangan terlalu sering melakukannya karena bisa mengganggu viewer.

Baca Juga: Ingin Jadi Youtuber? Ini 5 Hal Sederhana Membuat Konten yang Oke

5. Video bersponsor

8 Strategi Mendapatkan Uang dari Channel YouTube, Bisa Dicoba nih! rudebaguette.com

Video bersponsor mirip dengan product placement tetapi dengan beberapa perbedaan. Kamu harus membuat video yang khusus didedikasikan untuk brand tertentu. Jadi mereka adalah fokus utama dalam video tersebut.

Misalnya jika kamu memiliki channel memasak, kamu bisa membuat satu video khusus membuat kreasi makanan dari mentega A. Kamu harus memberi tahu penonton bahwa video yang kamu buat itu disponsori oleh brand tertentu. Terkadang kamu juga diizinkan untuk memberikan kode promo atau diskon untuk subscriber channelmu.

6. Affiliate link

https://www.youtube.com/embed/MfgBWg8r-yc

Affiliate link adalah sistem bisnis yang bisa menguntungkanmu jika kamu memasang link tertentu di deskripsi video. Ketika orang klik dan membeli produk dari situs tersebut kamu akan mendapatkan komisi. Teknik ini cukup mudah untuk dilakukan karena tidak membutuhkan perjanjian dengan brand.

Kamu bisa melakukannya dengan berbicara mengenai produk tertentu di video, kemudian menambahkan link di mana tempatmu membelinya. Salah satu situs yang bisa memberikanmu keuntungan adalah Amazon.

7. Subscription atau fan funding

8 Strategi Mendapatkan Uang dari Channel YouTube, Bisa Dicoba nih! tubefilter.com

Banyak konten kreator yang menggunakan fan funding sebagai caranya untuk mendapat uang walaupun hal ini jarang dilakukan di Indonesia. Bagaimana cara kerjanya? Kamu bisa menawarkan subscribermu untuk menjadi sponsor video dan memberikan keuntungan khusus untuk mereka.

Misalnya dengan menyebutkan namanya di video, mengadakan video chat setiap bulan, atau memberikan video khusus untuk mereka. YouTube memberikanmu keleluasaan untuk melakukan hal ini melalui Channel Membership Feature.

8. Menjual merchandise

https://www.youtube.com/embed/bLybiTt3Fvk

Cara ini umum dilakukan oleh para kreator untuk mendapatkan uang tambahan. Kamu bisa membuat merchandise channelmu sendiri, misalnya berupa buku, kaos, pigura, dan lain-lain. Merchandise biasanya mengandung keunikan channel, inside joke, atau ciri khas lainnya. Cara ini juga ampuh untuk menjaga loyalitas subscriber di channelmu.

Ada banyak cara untuk mendapatkan uang dari YouTube. Namun satu hal yang harus kamu pahami adalah semuanya membutuhkan proses. Tidak ada yang instan. Bahkan YouTuber dengan jutaan subscriber juga memulainya dari nol. Selain itu, jangan lupa untuk selalu membuat konten yang berkualitas, ya!

Baca Juga: Cara Memulihkan Akun Facebook, Twitter & YouTube yang Diblokir

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You