Comscore Tracker

10 Aplikasi Mengecilkan Ukuran Foto di Laptop untuk Dicoba

Ubah ukuran gambar tanpa jaringan internet

Butuh aplikasi mengecilkan ukuran foto di laptop? Unduh dan pasang saja perangkat lunak di bawah ini. Selain menyediakan berbagai fitur pilihan, software berikut juga mudah digunakan. Beberapa bahkan memiliki interface ramah bagi pengguna awam.

Sebelum mengunduhnya, pastikan perangkatmu mendukung pemasangan, ya. Lebih detail mengenai spesifikasi, fungsi, dan kelebihan aplikasi dijelaskan dalam uraian berikut.

Aplikasi mengecilkan ukuran foto di laptop

Era digital memang mempermudah kehidupan. Sekadar mengurangi ukuran foto saja kini tidak perlu ke tukang edit. Cukup instal aplikasi sendiri, klik-klik bentar, sudah jadi.

Meski terdapat fitur mengedit foto online, tidak sedikit yang meragukan keamanan file-nya. Dengan aplikasi unduhan, kamu tidak perlu mengunggah foto untuk mengubah ukuran. Jadi, file tetap berada di laptop dan jauh lebih aman.

Apa saja aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecilkan ukuran foto? Ini beberapa lisnya.

1. JPEGmini

10 Aplikasi Mengecilkan Ukuran Foto di Laptop untuk Dicobailustrasi JPEGmini (IDN Times/Laili Zain)

Aplikasi pertama untuk mengubah ukuran gambar di laptop ada JPEGmini. Aplikasi ini memiliki tampilan yang modern dan interaktif. Di samping itu, aplikasi ini bisa membandingkan kualitas visual foto before dan after setelah ukurannya diubah.

Keunggulan lainnya yakni kamu bisa mengompres gambar lebih dari satu secara sekaligus. Cukup drag gambar dan biarkan aplikasi bekerja.

2. VarieDrop

10 Aplikasi Mengecilkan Ukuran Foto di Laptop untuk Dicobailustrasi aplikasi Variedrop (vieas.com)

Kalau kamu membutuhkan aplikasi mengecilkan ukuran foto di laptop yang berkapasitas mini, bisa pakai Varie Drop. Penggunaannya untuk kompresi pun mudah, interface-nya sederhana sehingga tidak membuat bingung.

Jendela kompresi foto sebagaimana pada gambar terbagi menjadi empat. Jadi, kamu tinggal drag and drop sesuai jenis gambar yang diinginkan. Plusnya lagi, ada opsi 'hover on top' yang memungkinkan aplikasi selalu berada di atas dan tidak tertumpuk jendela lain.

3. Voralent Antelope

10 Aplikasi Mengecilkan Ukuran Foto di Laptop untuk Dicobailustrasi aplikasi Voralent Antelope (antelope.software.informer.com)

Aplikasi Voralent Antelope menyediakan fitur kompres untuk segala jenis format gambar. Mulai JPG dan JPEG, PNG, hingga GIF alias gambar bergerak. Seperti pada ilustrasi di atas, aplikasi ini memudahkan pekerjaan karena bisa digunakan untuk banyak gambar sekaligus.

Kelebihan lainnya, ada fitur menghapus metadata gambar. Dengan begitu, ukuran gambar yang dihasilkan dari kompresi akan makin kecil.

4. FastStone Image Viewer

10 Aplikasi Mengecilkan Ukuran Foto di Laptop untuk Dicobailustrasi aplikasi FastStone Image Viewer (faststone.org)

Pada dasarnya, aplikasi ini merupakan alat untuk melihat foto. Meski demikian, pengembang juga menyelipkan fungsi tambahan yakni kemampuan mengompres ukuran foto menjadi lebih kecil bernama 'batch conversion'.

Caranya menggunakannya pun mudah, cukup klik 'F3' pada keyboard atau klik opsi 'tools'. Lalu, pilih 'Batch Converted Selected Images'. Aplikasi ini bisa mengotak-atik berbagai jenis gambar, termasuk JPG, PNG, GIF, JPEG 2000 sampai TIF, bahkan format RAW.

5. RIOT

10 Aplikasi Mengecilkan Ukuran Foto di Laptop untuk Dicobailustrasi aplikasi RIOT (riot-optimizer.com)

Rekomendasi aplikasi mengecilkan ukuran foto di laptop berikutnya adalah RIOT. Namanya sendiri merupakan singkatan dari Radical Image Optimization Tool.  Mirip dengan JPEGmini, kamu juga bisa langsung melihat perbandingan kualitas gambar setelah ukurannya disesuaikan. 

Alat ini bisa digunakan untuk kompresi berbagai format gambar. Mulai JPEG, PNG, hingga GIF. Klaimnya, kompresi dilakukan bukan pada kualitas gambar, sehingga gambar tetap jernih meski ukurannya lebih kecil.

Baca Juga: 3 Cara Download Video CapCut Tanpa Watermark dengan Mudah

6. Caesium

10 Aplikasi Mengecilkan Ukuran Foto di Laptop untuk Dicobailustrasi aplikasi Caesium (caesium.en.softonic.com)

Bukan hanya menyediakan layanan kompresi daring, Caesium juga ada versi aplikasinya. Meski demikian, cara penggunaannya tidak begitu berbeda. Kelebihannya, aplikasi tetap ringan dengan tools yang lebih lengkap.

Di Caesium, kamu bisa mengurangi ukuran banyak gambar sekaligus. Termasuk mengontrol kualitas dengan melihat preview perbandingan before-after gambar yang diubah ukurannya. 

7. FileMinimalizer Picture

10 Aplikasi Mengecilkan Ukuran Foto di Laptop untuk Dicobailustrasi aplikasi FileMinimalizer Image (fileminimizer-pictures.en.softonic.com)

Sesuai namanya, fungsi utama aplikasi ini adalah untuk mengurangi ukuran gambar. FileMinimalizer Picture juga menyediakan 4 versi kompresi berbeda, yakni versi Web, Standard, Low, dan Custom.

Untuk menggunakannya, kamu tinggal drag and drop semua gambar yang ingin diubah. Baru kemudian tentukan kualitas dan klik 'Optimize File'. Setelah selesai, tinggal tentukan tempat penyimpanannya lagi. 

8. PNGGauntlet

10 Aplikasi Mengecilkan Ukuran Foto di Laptop untuk Dicobailustrasi aplikasi PNGGauntlet (pnggauntlet.com)

Rekomendasi ke delapan yakni PNGGauntlet. Aplikasi ini memang cukup ringan, tetapi hanya bisa menghasilkan gambar alias output dengan format PNG saja. Sementara itu, kamu tetap bisa mengubah gambar dengan format lain seperti JPG, GIF, TIFF, dan sebagainya.

Tampilannya cukup sederhana dengan seluruh tombol tersedia dalam tampilan jendela. Dengan begitu, aplikasi ini user friendly, terlebih pada pengguna awam yang baru menggunakannya.

9. Pixlr E

10 Aplikasi Mengecilkan Ukuran Foto di Laptop untuk Dicobailustrasi aplikasi Pixlr E (pixlr.com)

Aplikasi Pixlr E secara keseluruhan bisa digunakan sebagai aplikasi edit gambar. Salah satu tools-nya yakni menyediakan kompresi gambar sehingga ukurannya menjadi lebih kecil. Kamu bisa mengubah banyak gambar sekaligus, meski maksimalnya adalah 50 gambar.

Pada Pixlr E, kamu bisa mengubah tinggi dan lebar ukuran gambar serta dimensi gambar lainnya. Aplikasi ini juga mendukung berbagai format gambar mulai JPG, PNG, GIF, dan sebagian lainnya. 

10. Photo Marks

10 Aplikasi Mengecilkan Ukuran Foto di Laptop untuk Dicobailustrasi aplikasi Photo Marks (photomarksapp.com)

Terakhir, kamu bisa mencoba aplikasi Photo Marks. Dengan interface sederhana dan tools yang jelas, aplikasi ini cukup mudah digunakan bahkan untuk pemula. Fiturnya termasuk cropping gambar, menyesuaikan piksel gambar, dan sebagainya.

Aplikasi ini mendukung input dan output gambar dalam berbagai format. Termasuk versi RAW gambar, PNG, JPG, dan lain sebagianya.  

Sebagian besar aplikasi mengecilkan ukuran foto di laptop tersebut mendukung operating system apapun. Meski begitu, ada pula yang hanya support Microsoft, seperti Pixlr E. Selamat mencoba!

Baca Juga: 4 Cara Memperbesar Ukuran File PDF Tanpa Aplikasi Tambahan

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya