Comscore Tracker

Mudah, 7 Tools untuk Melihat Peringkat Situs di Google

Tiga tools di antaranya gratis, lho

Google menjadi salah satu mesin pencari yang digunakan untuk mencari berbagai informasi. Hasil informasi-informasi yang ditampilkan ini berasal dari berbagai macam situs.

Biasanya, orang akan memilih untuk membuka artikel yang urutannya terletak di atas maupun halaman depan. Untuk bisa tampil di halaman depan ini, ada beberapa cara yang dilakukan salah satunya mengoptimasi kata kunci artikel yang dibuat.

Cara tersebut akan mempengaruhi peringkat artikel kita mesin pencari. Nah, untuk mengetahui peringkat website kamu, coba gunakan beberapa rekomendasi tools di bawah ini.

1. Ahrefs

Mudah, 7 Tools untuk Melihat Peringkat Situs di Googleilustrasi ahrefs (ahrefs.com)

Kalau kamu sering melakukan optimasi kata kunci pada artikel yang dibuat di situsmu, kamu pasti tidak asing dengan tools bernama Ahrefs. Tools ini merupakan aplikasi yang terkenal digunakan oleh mereka yang bekerja menggunakan SEO sebagai strategi dalam pemasaran produknya.

Kamu bisa menggunakan fitur-fitur yang ditawarkannya seperti site explorer, content explorer dan domain comparison tool. Dilansir TechRadar, Ahrefs juga membantumu melihat posisi, traffic dan juga kinerja kata kunci ingin yang kamu cari berdasarkan waktu. 

Tidak hanya fokus melihat peringkat situs secara umum, dengan Ahrefs kamu juga bisa mengecek secara spesifik peringkat target kata kunci. Hal inilah bisa sangat membantu strategi pemasaran kamu.

Sayangnya, tools yang satu ini nggak gratis alias berbayar. Kamu harus mengocek kantong sebanyak US$99 atau sekitar Rp1,4 juta lebih per bulannya untuk jenis Ahrefs Lite. Sedangkan untuk jenis Standar, kamu perlu mengeluarkan uang sebanyak US$179 atau sekitar Rp2 juta per bulannya.

2. SEMrush

Mudah, 7 Tools untuk Melihat Peringkat Situs di Googleilustrasi SEMrush

Ada beberapa alasan memilih SEMrush sebagai tools untuk mengecek peringkat situs kamu. Dilansir dari TechRadar, dengan SEMrush, nggak cuma peringkat situs yang bisa kamu cek, tapi kamu juga bisa membuat beberapa daftar kata kunci yang ingin kamu cek ddari Google yang berbeda-beda misalnya google secara global maupun spesifik google Indonesia. Gak hanya itu, kamu juga bisa melihat peringkat situs kamu di Baidu, mesin pencari asal Tiongkok.

Sama seperti pada tools-tools sebelumnya, kamu bisa mengecek ranking situs maupun kata kunci dengan mengatur waktu yang ingin ditampilkan. Kamu juga bisa melihat dan menelaah kata kunci mana yang memiliki dampak besar kepada situs kamu dan juga mana yang kurang atau gagal memberikan audiens.

Fitur canggih tersebut bisa kamu coba dulu dengan program free trial yang ditawarkan. Selanjutnya, kamu akan diminta berlangganan dengan biaya US$119 atau sekitar Rp1,7 juta per bulan.

3. Moz Pro

Mudah, 7 Tools untuk Melihat Peringkat Situs di Googleilustrasi Moz Pro (moz.com)

Bagi kamu yang terbiasa menggunakan Google Analytics, kamu bisa coba menggunakan tools Moz Pro. Menurut TechRadar, tampilan Moz Pro terlihat lebih mudah dimengerti bagi kamu yang pengguna Google Analytics. Data yang disuguhkan seperti tabel dan grafik pergerakan peringkat situ, bisa kamu analisis dengan mudah dari waktu ke waktu.

Moz Pro juga bisa mengecek peringkat situs dengan lebih detail seperti mentrack jutaan kata kunci dan juga perubahan yang terjadi berdasarkan lokasi. Fitur utama yang ditawarkan selain mengecek peringkat situs, Moz Pro bisa digunakan untuk mengaudit situs, menganalisis kata kunci dan juga menganalisis backlink.

Kelemahannya, Moz Pro tidak mendukung untuk pencarian banyak kata kunci. Tidak hanya itu, untuk pengguna di Indonesia, fitur database dan metrik tidak bisa digunakan karena hanya tersedia untuk Amerika saja.

Baca Juga: Biar Laris Manis, 5 Aplikasi Marketing Tools Untuk Jualan di Instagram

4. ProRankTracker

Mudah, 7 Tools untuk Melihat Peringkat Situs di Googleilustrasi ProRankTracker (proranktracker.com/)

ProRankTracker adalah tools yang dikembangkan khusus untuk melacak dan menganalisis peringkat kata kunci. Kemudian, pengguna dapat melihat data.

Analisis yang diberikan oleh ProRankTracker membuat kamu bisa melihat kata kunci yang digunakan untuk menemukan situs kamu. Hal ini bisa berguna untuk mengontrol kata kunci selanjutnya yang harus digunakan pada artikel di situs kamu.

Dikutip TechRadar, ProRankTracker telah digunakan oleh lebih dari 60 ribu orang. Tools ini mendukung pengecekan secara internasional dari beberapa mesin pencari tidak hanya dari target kata kunci.

Hasil ini nantinya bisa kita bagikan dengan klien dalam format XLSX, PDF, atau CSV. Ada dua pilihan paket berbayar yang bisa dipilih oleh pengguna yaitu US$25 atau US$49 per bulan.

5. SmallSEOTools

Mudah, 7 Tools untuk Melihat Peringkat Situs di Googleilustrasi SmallSEOTools (smallseotools.com)

Tools gratis lainnya yang bisa kamu gunakan untuk melihat peringkat situs kamu adalah Small SEOTools. Cara mengeceknya sangat mudah. Pertama-tama kamu masuk dulu ke situsnya di alamat https://smallseotools.com.

  • Setelah kamu masuk, klik menu Keyword Position pada bagian Keywords Tools.
  • Pada halaman berikutnya, kamu harus mengisi beberapa kolom sebagai berikut:
  • Your domain: isi domain sesuai yang kamu punya
  • Search Engine: Pilih negara Indonesia jika ingin mengecek dengan google.co.id
  • Device: pilih di perangkat mana peringkatnya ingin kamu cek
  • Your keywords: masukkanlah kata kunci yang ingin dicek
  • Terakhir, klik tombol Check Position dan tunggu beberapa saat hingga hasilnya muncul

SmallSEOTools ini juga akan memperlihatkan 10 situs teratas yang kata kuncinya masuk pada halaman pertama Google.

SmallSEOTools juga menawarkan fitur lainnya seperti Keyword Suggestions Tool, Keyword Research Tool, Keyword Competition Tool, Related Keywords Finder, Long Tail Keyword Suggestion Tool, SEO Keyword Competition Analysis dan masih banyak lagi yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

6. Google Search Console

Mudah, 7 Tools untuk Melihat Peringkat Situs di Googleilustrasi google search console (google.com)

Untuk kamu yang nggak mau mengeluarkan biaya, ada tools yang bisa mengecek peringkat situs kamu dengan gratis, salah satunya Google Search Console. Tools ini bisa memberikan kamu informasi tentang situs yang kamu punya seperti berapa jumlah klik yang dihasilkan situs kamu, kata kunci yang terindex di situs dan juga trend metrik selama kurun waktu tertentu mulai dari 7 hari terakhir.

7. Incognito Mode

Mudah, 7 Tools untuk Melihat Peringkat Situs di Googleilustrasi mode incognito (standard.co.uk)

Cara gratis lainnya untuk melihat peringkat situs kamu adalah dengan melakukan pencarian menggunakan incognito mode di browser. Nggak cuma gratis, fitur ini bisa kamu temui di semua perangkat, baik dari smartphone maupun laptop kamu. Agar hasilnya masksimal, pastikan kamu telah menghapus cache dan cookies kamu.

Selanjutnya, kamu bisa langsung mengeceknya seperti biasa dengan membuka Google di browser dalam mode incognito. Lalu masukkan kata kunci yang ingin kamu cari dari situs kamu lalu klik Search.

Tools-tools tadi bisa kamu coba untuk mengevaluasi kata kunci yang tepat untuk mendatangkan pengunjung ke situsmu. Kalau banyak pengunjung yang datang, hal itu dapat menaikkan peringkat situsmu di mesin pencari. Apakah kamu tertarik menaikkan peringkat situsmu?

Baca Juga: Coba Gunakan 7 Tools Google yang Jarang Diketahui Orang Ini, Menarik!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya