Comscore Tracker

Cara Daftar dan Menyambungkan LinkAja ke MyPertamina

Atur dulu sebelum beli bensin

Mulai berlaku di sejumlah daerah, pemerintah melalui Pertamina Patra Niaga, Subholding Commercial & Trading PT Pertamina (Persero) menerapkan uji coba pembelian pertalite dan solar menggunakan aplikasi MyPertamina. Sejak 1 Juli lalu, warga yang ingin membeli dua bahan bakar tersebut wajib melakukan transaksi cashless. Opsi pembayarannya melalui LinkAja atau kartu kredit dan debit dengan minimal pembelian Rp50 ribu. 

Daerahmu sudah wajib pakai MyPertamina buat beli pertalite, belum? Kalau sudah, ada baiknya mendaftarkan diri terlebih dahulu, baik di MyPertamina dan LinkAja. Cara daftar dan menyambungkan LinkAja ke MyPertamina ini perlu kamu lakukan beberapa saat sebelum ke SPBU agar gak ribet saat isi nanti.

Cara daftar LinkAja

Cara Daftar dan Menyambungkan LinkAja ke MyPertaminailustrasi aplikasi linkaja (linkaja.id)

LinkAja merupakan layanan dompet digital dari Telkomsel dan merupakan bagian dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Diluncurkan pada 2007 dengan nama TCash, layanan ini bertransformasi menjadi penyedia fasilitas perbankan yang bisa digunakan untuk berbagai pembayaran. Bisa untuk bayar listrik, tagihan kereta api,  hingga transfer uang. 

Nah, yang terbaru, LinkAja jadi satu-satunya metode pembayaran digital yang terhubung dengan aplikasi MyPertamina. Jadi, aplikasi ini kamu perlukan jika ingin membeli bensin bersubsidi jenis pertalite dan solar.

Sebelum menghubungkan LinkAja sebagai metode pembayaran di aplikasi MyPertamina, kamu perlu tahu cara membuat akun terlebih dahulu. Cara daftar LinkAja yakni:

  1. Unduh aplikasi melalui Google PlayStore atau Apps Store
  2. Jalankan aplikasi ketika sudah terinstal
  3. Berikan izin akses jika diminta. Kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kenyamanan privasimu
  4. Di halaman awal, masukkan nomor ponsel untuk membuat akun. Pastikan nomor ponsel yang digunakan aktif dan bisa menerima kode verifikasi
  5. Klik 'Next' dan kamu akan menerima SMS berisi kode verifikasi
  6. Isi identitas yang diperlukan meliputi nama, foto, alamat email, dan sebagainya
  7. Masukkan kode verifikasi yang kamu dapatkan melalui SMS ke aplikasi LinkAja
  8. Pilih 'Lanjutkan'
  9. Buat PIN sebagai kode transaksi saat kamu hendak melakukan pembayaran melalui LinkAja. Buat kombinasi angka yang sederhana, tetapi sulit ditebak, karena PIN tersebut nantinya berfungsi sebagai kode akses. Proses pendaftaran pun selesai.

Begitu menerima SMS pemberitahuan, maka akun LinkAja milikmu telah aktif dan bisa digunakan untuk transaksi. Termasuk melakukan pembayaran untuk membeli BBM subsidi pertalite dan solar. Namun, sebelumnya, kamu perlu menghubungkannya terlebih dahulu ke aplikasi MyPertamina, ya. 

Cara menghubungkan LinkAja ke MyPertamina

Cara Daftar dan Menyambungkan LinkAja ke MyPertaminaPT Pertamina Patra Niaga membuka pendaftaran kendaraan dan identitasnya di website MyPertamina per 1 Juli 2022. (Dok. Pertamina)

Untuk menghubungkan metode pembayaran LinkAja, pastikan sudah memiliki akun di aplikasi MyPertamina terlebih dahulu. Jika belum, coba cara daftar MyPertamina, dulu, ya. Kalau sudah punya akun di kedua aplikasi, maka kamu bisa melanjutkan cara daftar dan menyambungkan LinkAja ke MyPertamina. Nah, begini tahapannya:

  1. Login menggunakan nomor ponsel dan PIN enam digit yang sudah didaftarkan di MyPertamina
  2. Setelah berhasil masuk, buka halaman pertama, lalu klik 'Aktifkan' 
  3. Akan muncul pop up pilihan untuk menghubungkan MyPertamina dengan LinkAja. Klik 'Sudah' jika aplikasi menanyakan apakah kamu punya akun di LinkAja
  4. Masukkan PIN akun LinkAja yang sudah dibuat sebelumnya
  5. Klik 'Next' dan kamu akan mendapatkan SMS berisi kode verifikasi
  6. Apabila kode yang dimasukkan sesuai, maka otomatis akun MyPertamina akan terhubung dengan akun LinkAja milikmu. Sudah, deh.

Kamu bisa melakukan transaksi pembelian BBM layaknya membeli barang-barang lainnya menggunakan dompet digital. Jangan lupa untuk selalu mengingat PIN yang sudah dibuat, ya. Sebab, seluruh transaksi digital baik menggunakan MyPertamina ataupun LinkAja memerlukan PIN tersebut sebagai otoritas akses. 

Nah, itulah cara daftar dan menyambungkan LinkAja ke MyPertamina yang bisa jadi panduan sebelum beli bahan bakar. Pastikan sudah mengaktifkannya sebelum transaksi ke SPBU, ya. 

Baca Juga: Cara Mudah Transfer Saldo DANA ke LinkAja 

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya