Comscore Tracker

Cara Membuat Instafest Spotify, Poster Konser Ala-ala

Buat line-up konser sesuai playlist favoritmu!

Selalu ada yang baru di jagat media sosial. Salah satu yang teranyar adalah 'poster' yang menunjukkan list artis ala konser berdasarkan playlist Spotify masing-masing pengguna. Jika kamu merupakan user Spotify, bisa coba membuat line-up konser ala dirimu sendiri.

Cara membuat Instafest Spotify cukup mudah, kok, Guys! Terpenting, pastikan kamu sudah login ke akun Spotify milikmu terlebih dahulu.

Cara membuat Instafest Spotify

Munculnya tren membagikan Instafest Spotify membuat warganet latah. Tidak sedikit yang ingin mencobanya untuk mengetahui band yang sering ia dengarkan lagunya di Sportify. Tak dapat dimungkiri, cukup menyenangkan membagikan poster Instafest Spotify di media sosial untuk seru-seruan. 

Instafest sendiri merupakan layanan pihak ketiga yang dapat membuat poster ala konser berdasarkan artis favorit.  Untuk bisa mengakses playlist-mu, kamu perlu memberikan izin terlebih dahulu. 

Fitur Instafest sendiri dibuat oleh mahasiswa University of Southern California, Los Angeles, bernama Anshay Saboo. Karya Saboo kini bisa kamu nikmati secara gratis dengan tiga langkah mudah.

1. Buka Instafest.app

Cara Membuat Instafest Spotify, Poster Konser Ala-alailustrasi cara membuat Instafest Spotify (IDN Times/Laili Zain)

Pertama, kamu perlu membuka tools pihak ketiga ini di alamat www.instafest.app. Tutorial ini mengakses situs melalui desktop, tapi kamu juga bisa membuatnya menggunakan HP atau gawai lainnya.

Jika sudah, kamu bisa klik tombol hijau pada layar bertuliskan 'Sign in with Spotify'. Tombol tersebut akan mengarahkanmu ke jendela akses akun Spotify milikmu. 

2. Sign in dan izinkan akses

Cara Membuat Instafest Spotify, Poster Konser Ala-alailustrasi cara membuat Instafest Spotify (IDN Times/Laili Zain)

Lanjut, tahap kedua adalah sign in menggunakan akun Spotify-mu. Masukkan alamat email serta password yang biasa digunakan untuk mengakses Spotify. Jika sudah pernah mengakses Spotify melalui browser, biasanya bisa login secara otomatis.

Kalau sudah login, maka kamu akan diarahkan menuju jendela izin akses sebagaimana pada gambar di atas. Intinya, Instafest meminta akses membaca aktivitasmu di Spotify yang dibutuhkan untuk membuat poster. Klik 'Setuju' untuk melanjutkan.

Baca Juga: 2 Cara Membuat Twibbon Kreasi Sendiri di HP, Mudah dan Cepat

3. Sesuaikan gaya postermu!

Cara Membuat Instafest Spotify, Poster Konser Ala-alailustrasi cara membuat Instafest Spotify (IDN Times/Laili Zain)

Begitu kamu klik 'Setuju' pada langkah sebelumnya, Instafest akan langsung mendeteksi playlist-mu dan menampilkan hasilnya. Nah, yang ditampilkan dalam poster merupakan artis dengan lagu yang paling sering kamu putar akhir-akhir ini. 

Kamu pun bisa menyesuaikan gaya poster di bagian 'Customize'. Pilih 'Last 4 weeks' untuk melihat hasil yang lebih sedikit dan spesifik. Sementara itu, jika ingin melihat artis favorit sepanjang waktu tinggal pilih 'All-time'. 

Tersedia juga pilihan desain untuk postermu. Malibu Sunrise menampilkan warna biru dan oranye yang khas pantai, sedangkan LA Twilight berlatar ungu perkotaan. Ada pula Mojave Dusk dengan desain tema gurun. 

Selanjutnya, kamu bisa menyesuaikan 'judul konser' tersebut. Secara template akan menjadi 'nama pengguna -fest'. Namun, ada opsi 'hide my username' untuk mengganti tampilan nama konser. Seru, ya!

4. Simpan poster, lalu share

Cara Membuat Instafest Spotify, Poster Konser Ala-alailustrasi cara membuat Instafest Spotify (IDN Times/Laili Zain)

Sayangnya, tidak ada tombol share otomatis untuk membagikan poster tersebut ke media sosial. Namun, tenang, ada opsi unduh, kok.

Kamu bisa mengunduh gambar lalu bagikan poster ala playlist-mu ke berbagai media sosial. Opsi tersebut juga jadi keuntungan tersendiri karena tidak perlu repot login berulang hanya untuk membagikan poster. Mudah, kan?

Sudah coba cara membuat Instafest Spotify dan tahu siapa saja line-up konsermu? Kalau iya, saatnya bagikan poster tersebut ke media sosial bareng teman-teman, deh!

Baca Juga: 11 Cara Membuat NGL Link di Instagram yang Lagi Viral

Topic:

  • Laili Zain
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya