Comscore Tracker

Kapasitas Penyimpanan Gmail Penuh? Ini 7 Cara Mudah Mengatasinya!

Supaya kerjaan dan tugas tetap lancar

Siapa sih yang tidak punya akun Gmail? Rasanya, hampir semua orang memilikinya. Gmail adalah layanan email dari Google di mana setiap pengguna diberi ruang penyimpanan 15 GB secara gratis. Dibandingkan dengan email lain, Gmail disukai karena simpel, mudah digunakan, cepat dan mempunyai banyak fitur menarik.

Namun, karena sering digunakan, kapasitas ruang penyimpanan Gmail jadi penuh. Tenang, Gmail penuh bisa diatasi dengan cara-cara berikut ini!

1. Menghapus file di Google Drive

Kapasitas Penyimpanan Gmail Penuh? Ini 7 Cara Mudah Mengatasinya!businessinsider.sg

Google memang memberikan kapasitas ruang penyimpanan sebesar 15 GB untuk setiap akun yang dibuat. Namun, kapasitas ini dibagi antara Gmail, Google Drive dan Google Photos. Jika kamu menyimpan banyak file di Google Drive, kapasitas ruang penyimpanan di Gmail milikmu akan berkurang, ujar laman India Today.

Daripada kamu tak bisa mengirim email, lebih baik hapus file yang tidak terlalu penting yang ada di Google Drive. Jangan lupa untuk melakukan backup data terlebih dahulu. Untuk menghapus, klik kanan file lalu pilih Remove. File akan masuk ke Trash dan pilih opsi Delete Forever jika ingin menghapus selama-lamanya.

2. Menghapus file di Google Photos

Kapasitas Penyimpanan Gmail Penuh? Ini 7 Cara Mudah Mengatasinya!thedigitalhacker.com

Sering memakai Google Photos untuk menyimpan foto dan video narsis? Tanpa disadari, perlahan-lahan file foto dan video ini akan penuh. Agar bisa mengakses Gmail, coba hapus file yang ada di Google Photos. Cara menghapusnya cukup mudah, yaitu buka photos.google.com terlebih dahulu lalu pilih Foto.

Lalu, centang foto di bagian kiri atas. Klik ikon Hapus di bagian kanan atas dan pilih Pindahkan ke Tempat Sampah. Selanjutnya, klik tiga garis di bagian kiri atas, pilih Sampah dan pilih Kosongkan Sampah untuk menghapus file secara permanen. Foto yang ada di Sampah akan terhapus dengan sendirinya dalam kurun waktu 60 hari.

3. Hapus email berukuran besar

Kapasitas Penyimpanan Gmail Penuh? Ini 7 Cara Mudah Mengatasinya!t3.com

Biasanya, ukuran email yang kita kirim sangat kecil. Kalau kita mengirim email yang berisi teks saja, ukurannya pasti tak lebih dari 100 kb. Namun, kadang-kadang kita melampirkan file berukuran besar di email, misalnya file foto atau video. Inilah yang membuat Gmail penuh dan kita perlu menghapus email seperti ini agar ruang penyimpanan kembali.

Namun, mencari satu per satu email berukuran besar di antara ribuan email tentu sangat melelahkan. Laman India Today memberi tip untuk menemukan email berukuran besar, yakni dengan mengetik "larger:20m" pada kolom pencarian Gmail. Setelah itu, kamu bisa langsung menghapusnya supaya Gmail milikmu tidak lagi penuh.

4. Kosongkan email promosi

Kapasitas Penyimpanan Gmail Penuh? Ini 7 Cara Mudah Mengatasinya!litmus.com

Jika kamu menjadi member pada website atau aplikasi, pasti mereka sering mengirim email promosi pada kita secara otomatis. Jika dibuka, email promosi yang dikirim ini jumlahnya bisa mencapai ribuan! Tanpa sadar, email promosi inilah yang membuat ruang penyimpanan di Gmail milikmu menjadi penuh.

Kalau kamu merasa email promosi ini tidak penting dan cenderung menjadi spam, kamu bisa menghapusnya kok! Pilih email promosi yang ingin kamu hapus, lalu tekan ikon tempat sampah yang ada di kanan atas. Memang akan memakan banyak waktu untuk menghapus email promosi ini. Namun, setidaknya ruang penyimpananmu akan kembali.

Baca Juga: 7 Alternatif Aplikasi Email Terbaik Pengganti Gmail, Perlu Kamu Coba!

5. Menghapus email lama

Kapasitas Penyimpanan Gmail Penuh? Ini 7 Cara Mudah Mengatasinya!smartphones.gadgethacks.com

Salah satu alasan mengapa Gmail milikmu penuh adalah kamu membiarkan email lama menumpuk. Padahal, tentu kamu sudah tak butuh lagi dengan email yang dikirim 5 tahun lalu kan? Agar ruang penyimpananmu kembali, kamu bisa menghapus email lawas yang ada di akun Gmail-mu. Bagaimana caranya?

Mengubek-ubek email lawas satu per satu memang melelahkan. Lebih baik, gunakan tip yang disarankan oleh laman India Today ini! Caranya adalah dengan mengetik "older_than:5y" untuk mencari email lawas yang berusia lebih dari 5 tahun. Setelah itu, langsung enyahkan email lawas dan menghapusnya untuk selamanya.

6. Bersihkan sampah di Gmail

Kapasitas Penyimpanan Gmail Penuh? Ini 7 Cara Mudah Mengatasinya!tech-recipes.com

Kamu sudah bersih-bersih ribuan email tak penting dan menghapusnya, tetapi ruang penyimpanan tak juga bertambah? Email yang sudah dihapus akan berakhir di folder  Sampah. Email ini akan terhapus secara otomatis dalam kurun waktu 30 hari.

Jika kamu sudah tak sabar ingin mengembalikan ruang penyimpanan, kosongkan email yang ada di folder Sampah, ya! Mengosongkan folder Sampah akan membuat email yang ada di dalamnya terhapus permanen. Setelah itu, ruang penyimpananmu akan kembali.

7. Membeli ruang penyimpanan

Kapasitas Penyimpanan Gmail Penuh? Ini 7 Cara Mudah Mengatasinya!one.google.com

Kamu tipe yang gak suka ribet dan tidak masalah mengeluarkan sejumlah uang? Kamu bisa langsung membeli ruang penyimpanan tambahan yang telah disediakan oleh Google. Pilih kapasitas yang kamu inginkan, yaitu 100 GB, 200 GB dan 2 TB. Untuk 100 GB, kamu perlu membayar sebesar Rp26.900 per bulan atau Rp269 ribu per tahun.

Untuk 200 GB, kamu perlu membayar Rp43.000 per bulan atau setara dengan Rp430 ribu per tahun. Sementara, jika kamu ingin kapasitas 2 TB, kamu perlu membayar Rp135 ribu per bulan atau setara dengan Rp1.350.000 per tahun. Dengan membeli ruang penyimpanan, kamu tak perlu repot-repot menghapus ribuan email tak penting.

Nah, itulah 7 cara mudah untuk mengatasi Gmail yang ruang penyimpanannya sudah penuh. Kalau kamu, akan memakai tip yang mana nih?

Baca Juga: 17 Trik Rahasia Gmail Agar Pekerjaanmu Lebih Cepat Selesai

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You