Comscore Tracker

5 Rekomendasi Roll Film Terbaik Buat Pemula yang Pakai Kamera Analog

#Gadget101 Nomor 3 wajib kamu beli! Sebelum kehabisan

Di era digital saat ini, ternyata kamera analog masih diminati para fotografer, bahkan menjadi tren popular di kalangan anak muda. Banyak sekali anak muda yang mulai menggunakan kamera analog. Jika kalian salah satunya, berikut 5 rekomendasi roll film yang bisa menjadi referensi kalian untuk memulai motret analog.

1. Kodak Color Plus 200

5 Rekomendasi Roll Film Terbaik Buat Pemula yang Pakai Kamera AnalogLomography.com & Pastlanes.com

Film ini menjadi favorit bagi para pemula karena selain harganya yang murah dan mudah didapat di pasaran Indonesia. Film ini cukup terjangkau, harganya berkisar dari Rp 50 ribu. Untuk karakter warna film ini dengan ISO 200 menghasilkan foto dengan tone warna yang warm atau kekuning-kuningan. Roll film ini sangat cocok digunakan pada saat matahari pagi atau sore hari.

2. Kodak Gold 200

5 Rekomendasi Roll Film Terbaik Buat Pemula yang Pakai Kamera AnalogCameracompany.com & Lomography.com

Film dengan ISO 200 ini relatif mudah didapat di pasaran Indonesia. Film ini satu tingkat dengan Kodak Color Plus. Dengan harga berkisar dari Rp 60ribuan, film ini dapat menghasilkan warna warm kuning lebih ke emas dengan ketajaman warna yang dapat diandalkan. Film ini cocok untuk human interest atau street.

3. Agfa Vista 200

5 Rekomendasi Roll Film Terbaik Buat Pemula yang Pakai Kamera AnalogAmazon.co.uk & Lomography.com

Film ini masih menjadi pilihan para pengguna kamera analog, karena di pasar Indonesia masih mudah ditemui. Namun, sayangnya film ini dikabarkan sudah tidak diproduksi lagi. Tapi kalian masih bisa mendapatkan di para penjual roll film di Indonesia dengan harga berkisar Rp 60 ribuan.

Film ini memiliki ISO 200 dengan karakter warna foto merah atau magenta yang dominan dan saturasi yang tinggi. Film ini bisa menjadi pilihan pada saat foto potrait karena skin tone yang natural.

4. Fujicolor C200

5 Rekomendasi Roll Film Terbaik Buat Pemula yang Pakai Kamera AnalogFreestylephoto.com & Lomography.com

Film berikutnya dari produk Fuji yaitu Fuji color C200. Film ini juga sangat mudah didapatkan dengan kisaran harga sekitar Rp 60 ribuan. Karakter warna yang dihasilkan film ini cocok untuk foto landscape, karena warna yang dimunculkan dominan warna hijau, biru, dan merah yang soft. Selain itu, film ini bisa digunakan untuk motret dengan objek manusia, karena skin tone yang dihasilkan film ini natural.

5. Fuji Industrial 100

5 Rekomendasi Roll Film Terbaik Buat Pemula yang Pakai Kamera AnalogParallaxphotographic.com & Flickr.com

Rekomendasi Film terakhir yaitu, Fuji Industrial 100. Film ini memilik dua varian yaitu 24exp dan 36exp. Film ini dibandrol kisaran harga Rp 70 ribuan. Untuk karakter tone warna yang dihasilkan film ini sangat natural dan lembut untuk skin tone. Bahkan, film ini memiliki ciri khas pada warna hijau dan birunya yang sekilas hampir sama dengan tone film Kodak Potra 160. Film ini sangat cocok digunakan untuk motret foto landscape atau potrait.

Itulah 5 roll film yang bisa gunakan, terutama buat kamu yang baru pertama kali ingin motret dengan kamera analog. Tidak susah mendapatkannya karena roll film diatas ini sangat banyak tersedia di beberapa seller.

Selamat mencoba dan rasakan karakter warna yang dihasilkan dari roll film diatas.  

Sigit Wicaksono Photo Community Writer Sigit Wicaksono

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You