Comscore Tracker

Ketahuan! Google Masih Merekam Lokasimu Meski Fiturnya Telah Dimatikan

Hati-hati nih, bagi yang suka bohong sedang di mana!

Di era digital seperti sekarang ini, privasi jadi hal yang sangat sensitif. Banyak orang yang gak ingin dilacak, mulai dari data pribadi hingga keberadaannya. Namun, dilansir dari Associated Press, ternyata beberapa layanan Google di perangkat iOS dan Android masih menyimpan data lokasi penggunanya, meskipun fitur tersebut sudah dimatikan. Berikut ulasannya lebih lanjut.

1. Google masih melacak keberadaan penggunanya untuk aplikasi Google Maps, Google Search dan pembaharuan cuaca

Ketahuan! Google Masih Merekam Lokasimu Meski Fiturnya Telah Dimatikangoogle.com

Meski pengguna sudah menonaktifkan fitur Histori Lokasi (Location History), ternyata itu gak serta-merta mematikan pelacak untuk aplikasi seperti Google Maps, Google Search dan pembaharuan cuaca. Hal tersebut aneh mengingat Google memberi keterangan bahwa “Dengan Histori Lokasi tidak aktif, tempat yang Anda kunjungi tidak lagi disimpan.” Nyatanya, data-data lokasimu masih terlacak dan tersimpan.

2. Hal yang berubah hanyalah fitur Linimasa (Timeline) yang gak lagi menunjukkan keberadaanmu

Ketahuan! Google Masih Merekam Lokasimu Meski Fiturnya Telah Dimatikangoogle.com

Fitur lokasi yang kamu matikan ternyata hanya berpengaruh pada tampilnya Linimasa yang gak lagi menunjukkan ke mana saja kamu pergi. Namun, sebenarnya Google masih melacak ke mana kamu pergi loh! Lalu di mana Google menyimpan data-datamu?

Baca Juga: Gak Lagi Bumi Datar, Google Maps Update Tampilan Sesuai Fakta Sains

3. Jejak pengguna tetap ada dalam pengaturan Aktivitas Web & Aplikasi (Web and App Activity)

Ketahuan! Google Masih Merekam Lokasimu Meski Fiturnya Telah Dimatikanunsplash.com/NESA by Makers

Ternyata, selama ini Google masih melacak penggunanya dan tersimpan dalam Aktivitas Web & Aplikasi. Jadi, selama kamu yang masih menggunakan akun Google, lokasimu tetap akan terlacak selama fitur ini masih aktif.

4. Google segera memperbaharui keterangan pelacakan lokasi

Ketahuan! Google Masih Merekam Lokasimu Meski Fiturnya Telah Dimatikangoogle.com

Setelah diinvestigasi oleh Associated Press, Google mengubah keterangan pada Histori Lokasi dari yang sebelumnya memberi keterangan “Dengan Histori Lokasi tidak aktif, tempat yang Anda kunjungi tidak lagi disimpan” menjadi “Setelan ini tidak memengaruhi layanan lokasi lain di perangkat Anda, seperti Layanan Lokasi Google dan Temukan Perangkat Saya.”

Namun, dengan adanya komplain ini, Google tetap gak mau mengubah kebijakan yang dia terapkan. Lalu, gimana caranya agar kamu gak terlacak?

5. Cara mematikan fitur pelacakan dengan membuka akun Google dan menonaktifkan Aktivitas Web & Aplikasi

Ketahuan! Google Masih Merekam Lokasimu Meski Fiturnya Telah Dimatikangoogle.com

Adapun, cara terbaik untuk mematikan pelacak ini sebenarnya dengan membuka akun Google dan menonaktifkan Aktivitas Web & Aplikasi. Bahkan, jika ingin, kamu pun bisa menghapus semua histori lokasi yang pernah kamu bagikan ke Google dengan mengakses myactivity.google.com.

Buat kamu yang gak ingin terlacak, gak ada salahnya segera menonaktifkan fitur pelacakan dari Google. Google memang kurang transparan alias “tricky” untuk pengaturan privasi terhadap penggunanya ini. Mereka semata-mata melakukannya agar keberadaanmu dapat diketahui oleh pihak pengiklan setiap saat. Semoga saja ke depannya gak terjadi lagi ya!

Baca Juga: Gak Perlu ke Luar Angkasa! Ini 10 Cara Mudah Buktikan Bumi Gak Datar

Topic:

  • Yudha
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya