Comscore Tracker

10 Destinasi di Athena, Yunani yang Megah dan Menakjubkan

Berdiri kokoh sejak ribuan tahun lalu

Yunani merupakan negara yang kaya akan bangunan-bangunan kuno nan megah. Tak terkecuali Athena, sang ibu kota yang memiliki banyak bangunan bersejarah menakjubkan.

Kuil megah, museum, hingga stadion olimpiade sejak ribuan tahun yang lalu masih berdiri kokoh di kota ini. Tak hanya itu, Athena juga memiliki taman asri, bukit indah, dan pusat perbelanjaan yang asyik, lho.

Yuk, simak 10 destinasi wisata di Athena yang megah nan menakjubkan berikut ini.

1. Acropolis

10 Destinasi di Athena, Yunani yang Megah dan MenakjubkanAcropolis (instagram.com/europe_perfection)

Dibangun pada abad ke-5 SM, Acropolis merupakan situs arkeologi terpopuler di Athena. Kata acropolis memiliki arti kota tinggi yang sesuai dengan letaknya yang berada di bukit kapur setinggi 150 meter di atas kota Athena.

Acropolis terdiri atas sejumlah bangunan bersejarah penting, seperti Parthenon, Propylaia, Erechtheion, dan kuil Athena Nike.

2. Parthenon

10 Destinasi di Athena, Yunani yang Megah dan MenakjubkanParthenon (instagram.com/eualexnaldo)

Parthenon merupakan ikon utama dari Acropolis. Kuil megah dari marmer ini didedikasikan untuk Athena, sang dewi Yunani yang menaungi bidang kebijaksanaan, seni, sastra, dan perang.

Dibangun sejak abad ke-5 SM, Parthenon masih berdiri kokoh dan sebagian dari bangunannya masih bertahan dari gempa bumi, ledakan, perang, hingga kebakaran. Kemegahan Parthenon masih menjadikannya simbol dari Athena dan Yunani yang populer.

3. Acropolis Museum

10 Destinasi di Athena, Yunani yang Megah dan MenakjubkanAcropolis Museum (instagram.com/merkourilovestravelling)

Dalami sejarah Athena dan Yunani di Acropolis MuseumKoleksi artefak sejak ribuan tahun lalu berupa koin, perhiasan dari batu, senjata, alat masak, patung, dan aneka peninggalan lainnya dapat kamu saksikan di sini. Museum yang dibuka pada tahun 2009 ini berdesain minimalis dan memiliki 3 lantai yang dapat kamu jelajahi.

Baca Juga: 5 Kastil Terkenal dan Bersejarah di Yunani, Destinasi Wisata Favorit!

4. Temple of Olympian Zeus

10 Destinasi di Athena, Yunani yang Megah dan MenakjubkanTemple of Olympian Zeus (instagram.com/ezginin_yolculugu)

Temple of Olympian Zeus adalah kuil terbesar di Athena. Kuil yang juga dikenal dengan nama Olympieion ini selesai dibangun pada tahun 174 SM.

Dulunya, kuil marmer ini ditopang oleh 104 tiang dan dihiasi dengan patung Zeus raksasa dari emas. Seiring berjalannya waktu, kini hanya tersisa 15 tiang yang masih berdiri kokoh.

5. Athens National Gardens

10 Destinasi di Athena, Yunani yang Megah dan MenakjubkanAthens National Garden (instagram.com/esmeraldoula)

Inilah tempat yang tepat untuk dikunjungi kala ingin bersantai dan rehat sejenak dari hiruk pikuk Athena. Awalnya, taman ini bernama Royal Gardens karena hanya boleh dikunjungi oleh keluarga kerajaan.

Sejak 1975, namanya berubah menjadi Athens National Gardens dan siapapun dapat menikmati suasananya yang asri. Taman ini juga dilengkapi dengan danau kecil, jembatan, taman bermain, dan kebun binatang kecil, lho.

6. National Archaeological Museum

10 Destinasi di Athena, Yunani yang Megah dan MenakjubkanNational Archaelogical Museum (instagram.com/archaeoholics)

National Archaeological Museum adalah museum arkeologi terbesar di Yunani. Berdiri sejak akhir abad ke-19, museum ini menyimpan berbagai koleksi peninggalan bersejarah di Yunani, seperti barang antik, vas, patung, pahatan dari logam, dan lain-lain. Segala artefak Yunani dari ribuan tahun yang lalu dapat kamu lihat di sini.

Baca Juga: 5 Taman Nasional Terbaik di Yunani, Pesonanya Bikin Tak Berkedip!

7. Panathenaic Stadium

10 Destinasi di Athena, Yunani yang Megah dan MenakjubkanPanathenaic Stadium (instagram.com/greeceexplorers)

Inilah tempat diselenggarakannya pertandingan Olimpiade pertama pada tahun 1896. Panathenaic Stadium dibangun pada abad ke-2 M dan berbentuk seperti tapal kuda.

Panathenaic Stadium merupakan satu-satunya stadion di dunia yang seluruh bagiannya dilapisi marmer, lho. Kini, Panathenaic Stadium kerap menjadi tempat penyelenggaraan berbagai acara seremonial, budaya, dan olahraga, termasuk Olimpiade.

8. Athens Ancient Agora

10 Destinasi di Athena, Yunani yang Megah dan MenakjubkanHephaestus di Athens Ancient Agora (instagram.com/archaeodytes)

Terletak di jantung kota Athena, Athens Ancient Agora merupakan pusat kota Athena pada zaman dahulu. Pengadilan dan pertemuan politik kerap diadakan di tempat ini.

Athens Ancient Agora juga dilengkapi dengan bangunan bersejarah lainnya, seperti kuil Hephaestus dan Stoa Attalus, museum yang dulunya merupakan sebuah pasar.

9. Monastiraki

10 Destinasi di Athena, Yunani yang Megah dan MenakjubkanMonastiraki (instagram.com/agallae)

Monastiraki merupakan pusat kota Athena yang dipenuhi oleh pusat perbelanjaan. Jika mengunjungi tempat ini, kamu akan menemui pasar loak yang selalu ramai oleh pengunjung.

Aneka macam pakaian, suvenir, perhiasan, hingga karpet dapat kamu temukan di sini. Monastiraki juga memiliki teras berwarna-warni yang cocok banget jadi tempat bersantai.

10. Mount Lycabettus

10 Destinasi di Athena, Yunani yang Megah dan MenakjubkanMount Lycabettus (instagram.com/marctclancy)

Berdiri 277 meter di atas permukaan laut, tak heran jika Mount Lycabettus merupakan titik tertinggi di Athena. Kamu dapat menaiki cable car yang bergerak dalam terowongan tertutup menuju puncak Mount Lycabettus

Dari puncak bukit ini kamu dapat menyaksikan keindahan Acropolis, Parthenon, Athens Ancient Agora, Panathenaic Stadium, hingga Temple of Olympian Zeus dari atas.

Wah, Athena sungguh kaya akan bangunan-bangunan kuno yang megah. Siapapun pasti berdecak kagum saat melihatnya. Apakah kamu sudah siap untuk berlibur ke Athena dan menyaksikan langsung kemegahan bangunan-bangunan kokohnya?

Baca Juga: 12 Dewa dan Dewi Mitologi Yunani Penghuni Gunung Olimpus

Aisha Variella F Photo Verified Writer Aisha Variella F

Kedokteran UNS 2017 aishavariella13@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya