Comscore Tracker

Pantai Sundak Yogyakarta: Informasi Rute, Lokasi, dan Tips Berlibur

Menikmati keindahan pantai dengan batu karang yang unik 

Yogyakarta merupakan kota budaya dan pariwisata yang tak perlu diragukan lagi akan wisata alamnya. Kota Pelajar ini menyimpan banyak wisata alam yang begitu menarik untuk dikunjungi. Salah satu wisata alam yang populer dan menarik adalah Pantai Sundak.

Pantai Sundak adalah salah satu destinasi wisata pantai di Yogyakarta yang memiliki sejuta pesona alam dan keindahannya. Seperti kebanyakan pantai di Gunung Kidul lainnya, Pantai Sundak juga memiliki hamparan pasir putih dengan perairan yang mengagumkan.

Jika kamu tertarik, berikut beberapa informasi wisata Pantai Sundak yang bisa kamu jadikan panduan untuk berlibur.

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket 

Pantai Sundak Yogyakarta: Informasi Rute, Lokasi, dan Tips BerliburPantai Sundak (instagram.com/sundakbeach)

Lokasi: Desa Sidoharjo, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta

Jam operasional: setiap hari selama 24 jam

Harga tiket: Rp10 ribu, sedangkan biaya parkir dikenakan Rp2 ribu-Rp5 ribu

2. Rute terbaik menuju Pantai Sundak 

Pantai Sundak Yogyakarta: Informasi Rute, Lokasi, dan Tips BerliburPantai Sundak (instagram.com/sundakbeach)

Pantai Sundak berjarak sekitar 70 Km dari pusat Kota Yogyakarta. Pantai ini juga memiliki rute yang cukup mudah dijangkau oleh wisatawan luar daerah. Jika kamu dari pusat Kota Jogja, kamu membutuhkan 2 jam perjalanan untuk sampai ke pantai ini. 

Kamu bisa melalui rute selatan dengan melewati Jl. Mayor Suryotomo ke Jl. Brigjen Katamso sampai ke perempatan ke arah timur melewati Jl. Kolonel Sugiono. Setelah itu, terus jalan hingga sampai ke pertigaan ke selatan Jl. Sisingamangaraja, lurus terus melewati Jl. Imogiri barat sampai ke pertigaan ke timur melewati Jl. Bakulan Imogiri. Ikuti terus jalan tersebut sampai melewati Jl. Imogiri Siluk, jalan terus menuju Jl. Siluk panggang, lurus melewati Jl. Raya Panggang Wonosari, lalu melewati Jl. Pantai Selatan Jawa. Kemudian, ikuti jalan tersebut hingga sampai ke Pantai Sundak.

Baca Juga: 9 Pesona Pantai Sedahan, Wisata Pantai dengan Suasana Asri

3. Fasilitas yang tersedia di Pantai Sundak 

Pantai Sundak Yogyakarta: Informasi Rute, Lokasi, dan Tips BerliburPantai Sundak (instagram.com/sundakbeach)

Pantai Sundak sudah memiliki fasilitas yang cukup lengkap seperti pantai-pantai lain di Gunung Kidul. Terdapat berbagai macam fasilitas yang banyak tersedia di kawasan Pantai sundak seperti: mushola, area parkir luas, kamar mandi umum, penginapan, tempat camping, resto dan warung makan, spot-spot foto instagenic, dan masih banyak lagi.

Dengan fasilitas tersebut, kamu sudah bisa menikmati liburan yang berkualitas bersama keluarga dan teman-teman kamu saat berlibur ke Pantai Sundak. Di sini kamu bisa menikmati quality time yang menyenangkan dengan berjuta pesona indah dari Pantai Sundak.

4. Pesona dan keindahan Pantai Sundak

Pantai Sundak Yogyakarta: Informasi Rute, Lokasi, dan Tips BerliburPantai Sundak (instagram.com/errykusumaadi)

Pantai Sundak menjadi salah satu pantai terindah dengan pasir putih yang dimiliki Gunung Kidul yang lokasinya berada di dekat Pantai Indrayanti. Pantai Sundak memiliki hamparan pasir putih dengan air laut yang bersih, bening, dan menyegarkan. Namun, pantai ini juga memiliki ombak yang besar, sehingga kamu perlu berhati-hati jika ingin berenang atau bermain air di Pantai Sundak.

Pantai Sundak juga memiliki batuan karang yang tak kalah menarik. Terdapat banyak batu-batu karang kecil berjajar di tepi pantai. Kamu juga bisa menemukan spot foto menarik saat berada di batu-batu karang ini lho! Tak ketinggalan, di Pantai Sundak kamu juga bisa mendirikan tenda yang berada di sekitaran pantai.

5. Tips berlibur seru di Pantai Sundak 

Pantai Sundak Yogyakarta: Informasi Rute, Lokasi, dan Tips BerliburPantai Sundak (instagram.com/sundakbeach)

Waktu terbaik untuk berlibur ke destinasi wisata pantai di Gunung Kidul dan Yogyakarta adalah saat hari kerja atau weekday. Karena jika kamu datang di akhir pekan dan musim liburan, destinasi wisata Pantai Sundak akan dipenuhi wisatawan yang berkemah maupun stay cation di penginapan sekitar Pantai Sundak.

Jika kamu ingin menikmati keindahan matahari tenggelam di Pantai Sundak, kamu bisa datang pukul setengah 5 sore. Selain itu, kamu juga perlu menjaga kebersihan sekitar dengan tidak membuang sampah sembarangan dan mentaati protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh petugas berwenang di Pantai Sundak ya.

Kamu juga bisa membawa kamera dan peralatan lain untuk berfoto di spot-spot menarik di Pantai Sundak. Jangan lupa memakai sunscreen untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari karena mengingat kawasan pantai merupakan wilayah outdoor yang banyak terpapar sinar matahari. Buat kamu yang bingung dan sedang mencari referensi tempat berlibur di Yogyakarta, Pantai Sundak bisa menjadi destinasi wisata pilihan yang seru dan berkesan.

Baca Juga: [QUIZ] Kami Tahu Pantai di Yogyakarta yang Cocok buat Liburanmu!

Alicia Diahwahyuningtyas Photo Verified Writer Alicia Diahwahyuningtyas

To be beautiful means to be yourself. You don't need to be accepted by others. You just need to accept yourself

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya