Comscore Tracker

Bikin Merem Melek, Lezatnya 7 Sate Khas Jawa Timur Ini Wajib Dicoba

#HaloJatim Lezatnya serasa bikin terbang ke angkasa

Jawa Timur memang surganya kuliner enak. Mulai dari masakan tradisional yang bervariasi hingga jajanan aneka rupa yang berbeda dari tiap daerah. Tidak hanya terkenal dengan rujak cingur maupun rawon yang sudah populer di seantero nusantara, Jawa Timur juga dikenal akan keberagaman kuliner lain yang menawarkan daya tarik tersendiri.

Salah satunya ialah sate. Makanan yang berada di peringkat 14 World's Best Food versi CNN Travel ini memiliki variasi dari berbagai daerah yang layak dicoba lho. Apa saja itu? Ini dia daftarnya.

1. Sate Ayam Ponorogo

Bikin Merem Melek, Lezatnya 7 Sate Khas Jawa Timur Ini Wajib Dicobainfokuliner

Diantara semua varian sate yang ada, sate ayam khas kota reog ini bisa dikatakan sebagai varian sate yang paling terkenal. Bagaimana tidak, perpaduan antara sate ayam yang berdaging tebal tanpa lemak dan empuk bersama dengan lezatnya bumbu kacang yang bercitarasa manis, gurih dan kental membuat para penikmatnya tidak akan bisa melupakan sensasi lezatnya. Tidak heran warung sate ayam khas Ponorogo akan sangat mudah ditemui di seluruh penjuru wilayah Jawa Timur.

2. Sate Kambing Khas Tulungagung

Bikin Merem Melek, Lezatnya 7 Sate Khas Jawa Timur Ini Wajib Dicobadailymotion.com

Terletak di ujung selatan wilayah Jawa Timur, ternyata kota yang terkenal dengan produk kerajinan dari bahan marmer ini memiliki kekayaan kuliner yang istimewa lho. Selain lodho ayam kampung, sate kambing khas Tulungagung juga diakui sebagai kuliner "most wanted" yang haram dilewatkan ketika berkunjung ke kota ini. Sate kambing khas Tulungagung dikenal lezat karena dikenal berdaging empuk, tidak berbau serta menggunakan bumbu yang khas yang berbeda dengan sate kambing dari daerah lain. Bila sebagian daerah menggunakan bumbu kacang sebagai pelengkap saat penyajian, sate kambing Tulungagung menggunakan bumbu sederhana dari kecap asli daerah serta sedikit petis yang semakin menambah kelezatan kuliner ini. Wah, bikin ngiler ya....

3. Sate Gebug Malang

Bikin Merem Melek, Lezatnya 7 Sate Khas Jawa Timur Ini Wajib Dicobadatawisata.com

Sate yang berbahan daging sapi ini disebut dengan sate gebug karena dalam prosesnya, daging yang digunakan di gebug-gebug (dipukul bahasa jawa) terlebih dahulu agar lunak. Hal ini menyebabkan tekstur daging sate ini jauh lebih empuk dibanding sate buntel yang dagingnya digiling. Hal lain yang membuat istimewa ialah sate gebug ini direndam bumbu rempah terlebih dahulu sebelum digebug dan dibakar sehingga memiliki cita rasa yang berbeda dengan sate lainnya. Dengan teknik pembakaran tradisional menggunakan arang semakin menambah kelezatan hidangan dari kota apel ini.

Baca Juga: 5 Kuliner Sate Populer Khas Bali, Enak dan Menggoda Selera

4. Sate Kelapa

Bikin Merem Melek, Lezatnya 7 Sate Khas Jawa Timur Ini Wajib Dicobatravelaper,com

Varian sate khas Jawa Timur ini memang sudah tidak diragukan lagi kelezatannya. Potongan daging sapi maupun ayam yang tebal dan empuk yang dibalut bumbu kelapa yang menimbulkan aroma yang sedap dan gurih saat dibakar, terlebih saat disajikan dengan bumbu kacang dan serundeng menjadi ciri khasnya semakin menambah kelezatan kuliner ini. Kalau kalian penggemar daging dan sedang travelling ke Surabaya, jangan lupa coba kuliner ini ya. Dijamin ketagihan deh.

5. Sate Karak

Bikin Merem Melek, Lezatnya 7 Sate Khas Jawa Timur Ini Wajib Dicobajatimnow.com

Kuliner unik dari kota pahlawan yang satu ini bisa dikatakan hampir punah karena untuk menemukan varian sate ini, kita harus menjelajahi sudut kota Surabaya, tepatnya di kawasan reliji di sekitar masjid Ampel. Berbeda dengan kuliner sate yang lain, sate karak ini berbahan usus sapi yang disajikan bersama ketan hitam sebagai pengganti nasi ditambah taburan serundeng ( kelapa parut yang digoreng) yang bercita rasa gurih serta dipadu dengan bubuk kedelai yang sedikit pedas menghasilkan sensasi rasa tradisional nan unik yang cocok dinikmati di tengah suasana kota tua di utara Surabaya.

6. Sate Kerang

Bikin Merem Melek, Lezatnya 7 Sate Khas Jawa Timur Ini Wajib Dicobasumberharga.com

Bagi para penggemar seafood, varian sate ini bisa menjadi pilihan wisata kuliner yang wajib dicoba terutama bila sedang berada di kota Sidoarjo maupun Surabaya. Sate ini unik karena dalam proses memasaknya, sate ini tidak dengan dibakar melainkan dengan direbus. Sensasi rasa kenyal dari daging kerang serta rasa pedas, manis dan gurih dari bumbu siramnya sangat cocok dinikmati baik secara langsung maupun sebagai pendamping hidangan lain seperti lontong kupang ataupun lontong balap. Yang pasti, dijamin mak nyuss.

7. Sate Madura

Bikin Merem Melek, Lezatnya 7 Sate Khas Jawa Timur Ini Wajib Dicobacraftlog.com

Membicarakan topik sate tentunya tidak akan lengkap tanpa jenis yang ini guys. Siapa yang tidak kenal dengan sate khas pulau garam ini. Walau sepintas mirip dengan sate dari kota Ponorogo, namun ternyata ada perbedaan signifikan lho dengan sate khas Madura. Mulai dari teknik pengolahan daging, resep bumbu yang digunakan serta teknik pemanggangan yang sedikit berbeda namun menghasilkan rasa yang sama lezatnya. Tidak heran juga, sate khas Madura mudah sekali dijumpai dimana-mana.

Baca Juga: Resep Bumbu Sate Ayam Praktis dan Tahan Lama, Idul Adha Makin Istimewa

Anne Yeong Photo Writer Anne Yeong

just ordinary person with extraordinary dreams and funtastic thought

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya