Comscore Tracker

6 Referensi Destinasi untuk Mengisi Liburan Akhir Tahun 

Jangan sampai liburanmu berlalu tanpa momen berarti 

Momen akhir tahun yang kemudian disambut tahun baru menjadi salah satu momen libur panjang tahunan. Perayaan tahun baru telah menjadi bagian tradisi di banyak negara. Tak hanya itu, momen pergantian tahun menjadi momen yang tepat untuk melakukan refresh otak, refleksi, dan evaluasi diri terhadap apa yang telah dilalui selama setahun ke belakang.

Selain itu, tahun baru hadir menjadi momen untuk menulis resolusi setahun ke depan ataupun momen untuk kembali mendekatkan diri kepada keluarga. Berikut ini tujuh referensi destinasi untuk mengisi liburan akhir tahunmu. Yuk, simak!

1. Gili Trawangan, Lombok 

6 Referensi Destinasi untuk Mengisi Liburan Akhir Tahun Gili Trawangan (unsplash.com/Rizknas)

Gili Trawangan merupakan objek wisata dengan keindahan menawan di Pulau Lombok. Gili Trawangan menjadi destinasi wisata yang tepat untuk mengisi liburan panjang akhir tahun. Kita akan dimanjakan dengan pemandangan laut yang sangat indah. Tak hanya itu, kita bisa melakukan banyak aktivitas yang sangat menyenangkan seperti diving, snorkeling, berkuda, atau boat party.

Gili Trawangan menjadi objek wisata yang sangat tepat untuk menenangkan hati. Kamu akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah dan jauh dari kebisingan kota. Jangan kaget jika di Gili Trawangan kamu gak menemukan motor ataupun mobil. Di sana, masyarakat setempat hanya menerapkan dua transportasi, yakni sepeda dam cidomo.

2. Bali 

6 Referensi Destinasi untuk Mengisi Liburan Akhir Tahun Nusa Penida (pixabay.com/wpkomang)

Keindahan wisata Bali menjadi salah satu daya tarik yang sangat besar. Bukan hanya bagi warga Indonesia, tapi juga bagi turis asing. Bali menjadi pilihan wisata yang sangat baik untuk mengisi liburan akhir tahunmu. Bali memiliki pemandangan alam yang memanjakan mata, sangat cocok untuk me time ataupun family time agar energi terisi kembali sebelum menghadapi rutinitas harian.

Tak hanya itu, Bali memiliki segudang destinasi yang bisa kamu kunjungi seperti Ubud, Nusa Penida, Canggu, Kecamatan Kuta, dan masih banyak lagi. Kamu juga tidak perlu khawatir dengan alokasi budget-mu. Bali memiliki banyak penginapan dengan fasilitas yang memadai dan harga yang terjangkau. Untuk kamu yang suka berburu makanan, jangan khawatir, kalian akan menemukan banyak makanan enak di sana.

3. Banyuwangi 

6 Referensi Destinasi untuk Mengisi Liburan Akhir Tahun Taman Nasional Baluran (unsplash.com/Rizknas)

Daerah ujung pulau Jawa ini memiliki segudang destinasi yang harus kamu masukkan daftar liburanmu. Keindahan alam Banyuwangi beberapa tahun belakangan semakin naik daun. Tak hanya itu, ada banyak referensi yang bisa kamu pilih. Banyuwangi memiliki berbagai wisata alam mulai gunung, taman nasional, pantai, hingga tempat snorkeling yang bagus.

Bagi kamu yang menyukai aktivitas hiking, Banyuwangi memiliki Kawah Ijen yang akan menyuguhkan pemandangan kawah yang sangat indah. Selain itu, Kawah Ijen juga memiliki fenomena unik berupa api biru atau blue fire. Bagi kamu yang menyukai aktivitas snorkeling, Banyuwangi juga memiliki banyak tawaran tempat snorkeling yang harus kamu coba seperti Pulau Menjangan, Teluk Biru, Bangsring Underwater, dll. Banyuwangi juga memiliki pantai dan taman nasional yang akan melengkapi wisatamu.

Baca Juga: 10 Destinasi Liburan ala Adinda Thomas, Liburan Asyik di Alam!

4. Taman Nasional Gunung Bromo 

6 Referensi Destinasi untuk Mengisi Liburan Akhir Tahun Taman Nasional Gunung Bromo (unsplash.com/Husniati Salma)

Tidak jauh dari Banyuwangi, di Kabupaten Malang kamu akan menemukan kawasan Taman Nasional Gunung Bromo dengan keindahan yang luar biasa. Konon, Taman Nasional Gunung Bromo merupakan kawasan dengan pemandangan paling indah di Jawa Timur. Selain kawah utamanya, kawasan gunung Bromo memiliki Bukit Cinta yang menjadi tempat untuk melihat golden sunrise.

Saat berkunjung ke kawasan Gunung Bromo, pastikan kamu juga mengunjungi penanjakan Gunung Bromo, Pasir Berbisik, Bukit Teletubis, dan Pura Luhur Poten. Selain itu, banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan seperti naik jeep, naik kuda, atau menyaksikan upacara adat Suku Tengger. Kamu juga bisa membeli berbagai jenis tanaman budidaya seperti bunga Edelweis. Pastikan Bromo menjadi salah satu list liburanmu, ya!

5. Labuan Bajo 

6 Referensi Destinasi untuk Mengisi Liburan Akhir Tahun Labuan Bajo (unsplash.com/Fifani Cahyadi)

Sepetak surga dunia di Indonesia, begitulah sebutan Labuan Bajo karena keindahan alamnya. Labuan Bajo terletak di Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Labuan Bajo menjadi salah satu destinasi yang terus dijaga dan dikembangkan.

Tak hanya itu, kamu akan disungguhkan pemandangan yang menawan dan memanjakan mata. Ada banyak destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi di Labuan Bajo, seperti Bukit Cinta, Pulau Kelor, Snorkeling di Pulau Manjerite, Pulau Pandar, dan masih banyak lagi. Kamu juga akan mendapatkan kuliner khas Labuan Bajo.

6. Karimunjawa 

6 Referensi Destinasi untuk Mengisi Liburan Akhir Tahun Karimunjawa (unsplash.com/Joris Beugels)

Karimunjawa merupakan kepulauan yang termasuk di wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Wisata Karimunjawa menjadi salah satu referensi yang tepat untuk menghabiskan liburan panjangmu bersama keluarga, teman, ataupun saat kamu menginginkan solo traveling.

Kepulauan Karimun Jawa menjadi pilihan yang tepat untuk rekreasi atau hunting foto. Ada banyak tempat yang bisa kamu kunjungi di Karimunjawa seperti Pulau Menjangan Kecil, Cemara Kecil, Pantai Anora, Pantai Tanjung Gelam, dan banyak lagi. Selain itu, kamu juga bisa berburu makanan khas di Alun-Alun Karimunjawa.

Liburan panjang akhir tahun akan datang dalam hitungan hari. Momen-momen yang tepat untuk kembali berefleksi diri, me time ataupun family time jangan sampe terlewatkan. Pastikan kamu juga merencanakan liburanmu dengan baik, ya!

Baca Juga: 10 Wisata Berkebun di Bandung untuk Mengisi Liburan Sekolah 

Atika Anifarka Photo Writer Atika Anifarka

slow down, live intentionally

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya