Comscore Tracker

5 Resort Mewah di Asia dengan Program Konservasi Terbaik, Ada Sumba!

Ciptakan perubahan yang positif pada alam sekitar #LokalIDN

Pariwisata yang berlebihan pada ekosistem yang rapuh dapat mengakibatkan kehancuran pada kekayaan alam yang indah. Hal tersebut yang mendorong beberapa lokasi resort di seluruh dunia untuk ikut berupaya dalam melindungi alam di sekitar mereka dengan memenuhi standar minimum dari ekowisata. 

Dengan tujuan menciptakan perubahan yang positif dan melawan dampak negatif pada lingkungan, beberapa resort mewah di Asia berikut ini menunjukkan komitmennya dalam menjaga lingkungan dan ikut berpatisipasi dalam program konservasi untuk membantu menyelamatkan alam. Yuk, lihat di mana saja!

1. NIHI Sumba 

5 Resort Mewah di Asia dengan Program Konservasi Terbaik, Ada Sumba!NIHI Sumba (instagram.com/nihi)

Terletak di pulau terpencil yang jauh dari keramaian kota, NIHI Sumba menerapkan tolok ukur dari kemewahan dan pariwisata yang peduli terhadap perlindungan alam. Dengan menawarkan pemandangan laut biru kehijauan yang sempurna, kamu dapat menikmati pengalaman liburan yang berkesan.

Nah, NIHI Sumbamenarik perhatian masyarakat melalui sistem operasi mereka yang hanya menggunakan bahan bakar nabati. Bahkan, resort mewah ini juga ikut berpartisipasi dalam proses daur ulang, pertanian organik, kompos, dan sistem daur ulang dengan menggunakan air secara aktif, lho!

2. Bawah Reserve 

5 Resort Mewah di Asia dengan Program Konservasi Terbaik, Ada Sumba!Bawah Reserve (instagram.com/bawahreserve)

Sebagai resort pertama di Pulau Anambas yang menandatangani komitmen dengan World Wildlife Fund, Bawah Reserve menunjukkan komitmen mereka dengan ikut berpatisipasi dalam konservasi laut dan hutan. Tidak heran jika resort ini dijadikan sebagai lokasi peristirahatan dengan dilengkapi aktivitas petualangan yang menarik. 

Selain turut bekerja sama dengan Anambas Foundation untuk melindungi ekosistem pada pulau terpencil yang berjarak 30 mil dari daratan, Bawah Reserve juga mengajak tamunya untuk berkunjung ke area kebun organik. Bahkan, mereka membuka peluang baru bagi pertanian organik dan upaya daur ulang yang inovatif.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Nihi Sumba, Destinasi Nusantara Bernuansa Kelas Dunia!

3. Nay Palad Hideaway 

5 Resort Mewah di Asia dengan Program Konservasi Terbaik, Ada Sumba!Nay Palad Hideaway (naypaladhideaway.com)

Nay Palad Hideaway yang dapat kamu temukan di pantai tenggara dari Pulau Siargao menjadi definisi dari kemewahan tanpa alas kaki. Resort dengan konsep ultra-chic ini hanya memiliki 10 kamar villa yang dikelilingi oleh pemandangan hutan tropis yang rimbun sehingga mampu menjamin privasi terbaik dari para tamunya.

Sebagai bentuk komitmen ramah lingkungan, setiap villa dari Nay Palad dibangun dengan menggunakan bahan bangunan lokal yang bersumber dari pengrajin tradisional. Dengan proses pemantauan dan perlindungan yang ketat, Nay Palad berhasil melestarikan keanekaragaman hayati dengan lebih dari 106 spesies ikan dan 54 spesies rumput laut.

4. Soneva Jani 

5 Resort Mewah di Asia dengan Program Konservasi Terbaik, Ada Sumba!Soneva Jani (soneva.com)

Soneva Foundation dikenal luas oleh masyarakat melalui berbagai lokasi resort yang menawarkan kemewahan dengan didampingi lingkungan yang sangat indah. Salah satunya adalah Soneva Jani yang dapat kamu kunjungi di Noonu Atoll Maladewa yang memberikan dampak positif kepada lingkungan, sosial, dan ekonomi. 

Melalui program selancar pertama yang berkelanjutan di dunia, kamu dapat menemukan berbagai jenis peralatan selancar yang dibuat dari limbah daur ulang sehingga ramah lingkungan.

Selain itu, Soneva Jani juga menerapkan retribusi karbon 2 persen kepada seluruh tamu untuk mengimbangi kedua emisi karbon dioksida pada seluruh operasi hotel. 

5. Pimalai Resort and Spa 

5 Resort Mewah di Asia dengan Program Konservasi Terbaik, Ada Sumba!Pimalai Resort and Spa (instagram.com/pimalaikohlanta)

Sebagai resort pertama di Koh Lanta yang berhasil menerima sertifikasi dari Green Globe, Pimalai Resort and Spa dapat kamu jadikan sebagai destinasi penginapan pada sebuah area yang dikelilingi oleh hutan tropis seluas 100 hektar. Bahkan, kamu bisa menikmati pemandangan hutan dan perairan Andaman yang sempurna dari dalam kamar.

Setelah bekerja sama dengan ahli biologi kelautan selama bertahun-tahun, Pimalai Resort and Spa mempunyai peran penting dalam melindungi dan mengembangkan ekosistem laut, termasuk ikan badut yang mampu menarik perhatian para penyelam. Selain itu, Pimalai juga berusaha untuk mengurangi limbah, listrik, jejak karbon, dan konsumsi air.

Tidak hanya menampilkan unsur tradisional masyarakat dan daerah lokal, beberapa resort mewah di Asia menunjukkan kepedulian mereka terhadap kondisi lingkungan. Hal tersebut dapat mendorong peningkatan kesadaran tamu mengenai pentingnya konservasi alam selama mereka menginap, lho!

 

Baca Juga: 10 Potret Eksotis Bawah Reserve, Resort Mewah di Kepulauan Riau

Cecilia Irawan Photo Verified Writer Cecilia Irawan

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya