Comscore Tracker

Wajib Dikunjungi, 6 Pantai Cantik di Taman Nasional Bali Barat

Pasir putih dan lautan biru jernih, cantik banget! #LokalIDN

Meskipun masih bagian dari Pulau Dewata, kawasan Taman Nasional Bali Barat yang berada di di sisi barat Pulau Bali relatif lebih jarang dieksplorasi ketimbang destinasi wisata lain seperti Denpasar dan sekitarnya. Padahal di kawasan ini terdapat beberapa obyek wisata yang tidak kalah menarik untuk dikunjungi--termasuk beberapa pantai cantik dan terpencil yang belum terjamah pembangunan, sehingga terasa lebih alami dibanding pantai-pantai lainnya di pulau Bali.

Nah, pantai apa saja sih yang ada di kawasan ini? Simak di bawah ini ya!

1. Pantai Karangsewu, asyik untuk menikmati sunset

Wajib Dikunjungi, 6 Pantai Cantik di Taman Nasional Bali BaratInstagram.com/crazytravelguy

Salah satu pantai yang paling mainstream di TN Bali Barat adalah Pantai Karangsewu yang berlokasi di sudut desa Gilimanuk. Di lokasi ini terdapat hamparan padang rumput luas dan rerimbunan pohon bakau yang cocok sebagai latar berfoto ria, lengkap dengan barisan pantai karang dengan view ke pulau-pulau kecil di Teluk Lumpur.

Karena wilayahnya cukup terbuka, pantai yang satu ini sebenarnya kurang cocok dikunjungi di siang hari yang. Namun di sore hari pemandangan matahari terbenam di pantai ini benar-benar kece lho!

2. Pantai Prapatagung, tersembunyi dan asri

Wajib Dikunjungi, 6 Pantai Cantik di Taman Nasional Bali BaratDok. Pribadi/Panji Gusti Akbar

Pantai yang satu ini cenderung lebih terpencil dibandingkan dengan Karangsewu. Terletak di Semenanjung Prapat Agung yang menjadi bagian dari Taman Nasional Bali Barat, butuh sedikit perjuangan ekstra untuk mencapai pantai ini.

Kamu harus masuk melalui pintu taman nasional di Tegal Bunder yang terletak sekitar 20 menit berkendara dari Gilimanuk, lalu dilanjutkan dengan menelusuri jalan berbatu yang cukup ekstrem selama 30-60 menit. 

Perjuangan melalui medan ekstrem ini akan terbayar begitu kita menyaksikan pemandangan Selat Bali yang tiba-tiba muncul di balik rerimbunan pohon, dengan deretan pasir putih bertemu lautan biru gelap serta gunung Ijen dan gunung Ranti yang menjulang di belakangnya. 

 

3. Pantai Pura Segara Rupek, titik terdekat antara Bali dan Jawa

Wajib Dikunjungi, 6 Pantai Cantik di Taman Nasional Bali BaratInstagram.com/crazytravelguy

Jika masih sanggup berkendara melewati jalan rusak di Semenanjung Prapat Agung, kamu bisa melanjutkan perjalanan hingga Pura Segara Rupek atau sering juga disebut sebagai "Lampu Merah" (merujuk pada mercusuar berlampu merah yang ada di kawasan ini).

Kawasan ini merupakan titik paling barat Pulau Bali, serta menjadi poin terdekat antara pulau Bali dan pulau Jawa. Pantai di sini relatif lebih terbuka dibandingkan dengan pantai Prapat Agung, dengan satwa liar yang lebih mudah dilihat seperti rusa timor, babi hutan dan monyet ekor-panjang. Untuk satwa yang disebut terakhir, kamu harus berhati-hati karena mereka sering merampok makanan pengunjung!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Wisata Trekking di Ubud Bali, Waktunya Jalan-jalan Nih! 

4. Pantai Brumbun, pusat pelepasliaran curik bali

Wajib Dikunjungi, 6 Pantai Cantik di Taman Nasional Bali BaratDok. Pribadi/Panji Gusti Akbar

Sekitar satu jam dari Lampu Merah, kamu bisa meneruskan perjalanan mengitari Semenanjung Prapat Agung hingga ke Pantai Brumbun yang juga menjadi lokasi Kantor Resort Brumbun Taman Nasional Bali Barat.

Di lokasi ini kamu bisa melihat pemandangan Pulau Menjangan yang terkenal sebagai surga snorkeling di Bali Barat, ditambah belasan ekor curik bali (Leucopsar rotchshildi) hasil pelepasliaran yang berlalu lalang di sekitar pepohonan.

Meskipun bukan satu-satunya lokasi pelepasliaran curik bali di TN Bali Barat, habitat di Brumbun terasa lebih alami dibandingkan dengan lokasi pelepasliaran lain seperti Labuhan Lalang dan Cekik (sekitar Kantor Balai Taman Nasional Bali Barat) sehingga lebih asyik untuk diamati. 

Sedikit catatan buat kamu yang ingin berkunjung ke Pantai Brumbun, jalur menuju kawasan ini cukup ekstrem khususnya di musim hujan. Bagi kamu yang tidak memiliki kendaraan untuk offroad penulis sarankan untuk tidak mencoba jalur tersebut.

5. Pulau Menjangan, terbaik buat snorkeling

Wajib Dikunjungi, 6 Pantai Cantik di Taman Nasional Bali BaratDok. Pribadi/Panji Gusti Akbar

Pulau Menjangan merupakan bagian dari Taman Nasional Bali Barat yang terkenal sebagai surga snorkeling kelas dunia. Untuk mencapai pulau ini kamu harus menyewa kapal dari Labuhan Lalang atau Teluk Terima yang berlokasi sekitar 40 menit berkendara dari Gilimanuk.

Selain itu, ada juga jasa sewa kapal ke Pulau Menjangan dari Banyuwangi dan sekitarnya; namun tarifnya tentu sedikit lebih mahal.

6. Plataran Menjangan Jetty and Waterworld, Kece nan Ekslusif 

Wajib Dikunjungi, 6 Pantai Cantik di Taman Nasional Bali BaratInstagram.com/crazytravelguy

Meskipun masih berada di dalam kawasan taman nasional, lokasi yang satu ini tidak bisa diakses sembarangan karena berada di dalam kawasan konsensi Plataran Menjangan Resort.

Untuk berkunjung ke lokasi ini kamu harus menjadi pelanggan di salah satu akomodasi atau restoran yang ada di kawasan ekslusif ini--dengan harga yang lumayan merogoh kocek. Meksipun begitu, pemandangan dan keindahan yang ditawarkan spot ini setara kok dengan biayanya! Kamu bisa menyaksikan keindahan bentang alam Bali Barat in its purest form, mulai dari hutan yang asri, pantai yang indah, serta lautan jernih yang cocok buat snorkeling.

Itu dia enam pantai keren yang bisa kamu kunjungi di Taman Nasional Bali Barat. Jika kamu berniat untuk mengunjungi pantai-pantai ini, jangan lupa untuk selalu memperhatikan dan mematuhi peraturan dari taman nasional untuk menjaga keasrian tempat tersebut. Selamat berlibur!

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Favorit Bule saat Liburan ke Bali, Semuanya Kece!

Panji Gusti Akbar Photo Verified Writer Panji Gusti Akbar

Science nerd, crazy birdwatcher and third-wave coffee aficionado

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya