Comscore Tracker

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling Hits

Banyak wisata alamnya

Kota Bandung merupakan kota yang terkenal dengan tempat wisata melimpah, baik wisata pegunungan, maupun wisata alam lainnya. Kota yang mendapat julukan "Kota Kembang" ini, seringkali menjadi tujuan wisata bagi warga Jakarta yang ingin melepas penat di akhir pekan. Di Bandung ini, terdapat sebuah kawasan wisata yang menjadi favorit bagi wisatawan untuk berlibur, yaitu kawasan Lembang.

Lembang merupakan sebuah kecamatan yang berada di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Berada di kawasan dataran tinggi, membuat Lembang menjadi tempat wisata favorit. Sebab, kawasan ini memiliki udara sejuk dan pemandangan alam memesona. Nah, berikut ini ulasan 30 tempat wisata di Lembang wajib dikunjungi, jika kamu berlibur di Bandung.

1. The Lodge Maribaya

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling Hitsthelodgemaribaya.com

Tempat wisata "The Lodge Maribaya" merupakan tempat wisata kekinian yang menyajikan banyak wahana dan objek untuk foto. Ada balon udara, zip bike, gantole, ayunan sky wing, bamboo sky, dan sky tree. Di tempat wisata kekinian ini,  pengunjung tak hanya bisa menikmati wahana dan objek foto yang menarik saja, tetapi juga  melakukan berbagai aktivitas lainnya. Misalnya trekking mengelilingi area hutan pinus, mengadakan gathering dan acara pernikahan, serta menikmati berbagai macam kuliner yang tersedia di kawasan wisata ini.

Untuk bisa menikmati keindahan tempat wisata yang dikelilingi hutan pinus ini, kamu gak perlu merogoh kocek terlalu dalam lho. Sebab, harga tiket masuknya juga terjangkau, yaitu sekitar Rp35 ribu per orang untuk hari Senin-Jum'at, dan sekitar Rp 40.000/orang untuk hari Sabtu-Minggu dan tanggal merah. The Lodge Maribaya ini lokasinya berada di Jalan Maribaya No. 149/252, RT. 03/RW 15 Kp Babakan Gentong - Cibodas Lembang 40391 Indonesia.

2. Curug Omas Maribaya

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling Hitsinstagram.com/arivin8s

Curug Omas Maribaya merupakan tempat wisata air terjun terfavorit yang ada di Lembang. Curug yang berarti air terjun ini, memiliki memiliki ketinggian 30 meter dan kedalaman sekitar 10 meter. Di atas air terjun ini terdapat sebuah jembatan yang bisa digunakan untuk melintas dan untuk melihat air terjun dari atas.

Di Curug Omas ini, pengunjung gak bisa berenang dan bermain air seperti yang bisa dilakukan di curug lainnya, karena air curug ini sangat dalam, serta debit airnya juga cukup deras. Meski gak bisa bermain air dan berenang, pengunjung masih bisa menikmati keindahan Curug Omas dari dari arah samping curug, yang sebelumnya telah dibatasi oleh pagar besi, sambil duduk di bawah rindangnya pohon di tepian curug.

Untuk bisa menikmati keindahan air terjun yang terfavorit di Lembang ini, kamu akan dikenai tarif tiket masuk sebesar Rp8 ribu per orang, sedangkan untuk wisatawan asing akan dikenai tarif sebesar Rp35 ribu per orang. Curug Omas Maribaya lokasinya berada di Taman Hutan Raya (Tahra) Ir. H. Juanda, di lokasi wisata Maribaya Desa Langensari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Baca Juga: Mau Liburan? Ini Daftar 10 Hotel Murah dan Keren di Bandung

3. Farm House

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling Hitsinstagram.com/reizacita

Tempat wisata kekinian yang mulai dibuka pada tahun 2015 ini, memiliki konsep wisata yang sangat menarik lho. Farm House Lembang didesain berdasarkan gaya pertanian yang ada di Benua Eropa, yang digabungkan dengan panorama pegunungan tropis yang sangat menakjubkan. Di Farm House ini, pengunjung akan disajikan bangunan-bangunan bergaya Eropa, yang dapat digunakan sebagai tempat untuk ber-selfie ria.

Selain bagunannya yang bergaya Eropa, di Farm House ini juga terdapat taman bunga, rumah hobbit, dan juga terdapat kandang-kandang yang berisi hewan jinak yang sering dijadikan peliharaan, seperti kelinci, burung, kuda, dan hewan peliharaan lainnya. Fasilitas di Farm House ini sudah lumayan lengkap lho, seperti adanya musholla, pusat jajanan atau kuliner, toko oleh-oleh, dan juga disediakan tempat khusus bagi yang ingin melaksanakan pesta pernikahan, pesta ulang tahun, dan acara-acara khusus lainnya.

Untuk bisa menikmati keindahan tempat wisata yang hits di Kota Bandung ini,  pengunjung akan dikenai tarif tiket masuk sebesar Rp25 ribu per orang, yang sudah termasuk welcome drink berupa satu botol susu murni yang terdiri dari berbagai rasa. Farm House Lembang ini, lokasinya berada di Jl. Raya Lembang No. 110, Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

4. Orchid Forest Cikole

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling Hitsinstagram.com/adhinagara

Orchid Forest Cikole merupakan tempat wisata yang populer dan sedang hits di Kota Bandung. Bahkan, Orchid Forest Cikole ini dijadikan lokasi acara perhelatan festival musik internasional hutan terbesar yaitu Lalala Fest, yang diselenggarakan pada 23 Februari 2019 lalu. Tempat wisata yang berada diantara hutan pinus ini menjadi tempat yang sangat cocok bagi kamu yang ingin menenangkan diri dan membutuhkan udara yang segar, karena jauh dari keramaian kota dan udara pegunungan juga sangat terasa di wisata yang sedang hits di kalangan generasi millenial ini.

Selain itu, kamu juga bisa menikmati keindahan bunga anggrek yang dibudidayakan di Orchid Forest Cikole ini. Bahkan, Orchid Forest Cikole ini diproyeksikan akan menjadi kawasan hutan anggrek terbesar di Indonesia, dan juga di seluruh dunia lho.

Nah, untuk bisa menikmati keindahan Orchid Forest Cikole ini, kamu akan dikenai tiket masuk sebesar Rp30 ribu per orang. Tempat wisata Orchid Forest Cikole ini, lokasinya berada di Jl. Tangkuban Perahu Raya km 8 Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

5. Dusun Bambu Lembang

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling Hitsinstagram.com/abeddarma

Dusun Bambu Lembang merupakan tempat wisata yang mengusung konsep eco friendly, yang direncanakan akan menjadi salah satu tempat eco wisata di Jawa Barat. Dusun Bambu memiliki area yang cukup luas dan tertata dengan sangat baik, bahkan juga sudah memiliki fasilitas yang lengkap, seperti restoran, musala, dan tempat untuk menginap.

Di Dusun Bambu Lembang ini, kamu bebas berselfie dimana saja, bahkan juga disediakan obyek-obyek untuk foto yang menarik. Salah satu spot yang paling favorit di Dusun Bambu ini adalah Lurung Kasarung. Di Lutung Kasarung ini, kamu tak hanya bisa berselfie ria saja, namun juga bisa menikmati bekal yang kamu bawa dari rumah, karena Lutung Kasarung merupakan tempat makan berbentuk sarang burung yang berada diatas ketinggian.

Untuk harga tiket masuknya juga terjangkau lho, yaitu sekitar Rp 25.000/orang. Dusun Bambu Lembang ini lokasinya berada di Jalan Kolonel Masturi KM 11, Desa Kertawangi, Cisarua Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Baca Juga: 10 Spot Foto Epic di Orchid Forest Lembang Bandung, Lokasi Lalala Fest

6. Pine Forest Camp

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling Hitspine forest camp (Instagram.com/wisatabandung_)

Selanjutnya, kamu juga bisa berwisata ke Pine Forest Camp. Lokasi wisata di Lembang, Bandung ini menawarkan nuansa alam indah yang bisa dinikmati bersama keluarga.

Bagi kamu yang tengah penat dengan aktivitas kantor, bisa berkemah di camping ground Pine Forest Camp. Di sini, ada juga jembatan di atas air terjun yang indah.

7. Bandung Treetop Adventure Park

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling HitsBandung Treetop Adventure Park (Google.com/maps/Agung Prastio)

Tempat wisata Lembang Bandung satu ini memang cukup populer dengan wahana permainan anaknya. Di sini, ada flying fox sepanjang 135 meter. Dibandingkan bermain sendiri di rumah, lokasi satu ini pasti jauh lebih menarik untuk si kecil.

Nah, untuk bisa bermain di Bandung Treetop Adventure Park ini, silakan berkunjung ke Jalan Tangkuban Perahu KM 28, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

8. Saung Wargi Lembang, Bandung

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling HitsSaung Wargi Lembang (Google.com/maps/Ganda Sugita)

Bagi kamu yang hobi mancing, Saung Wargi di kawasan Lembang ini bakal cocok, deh. Di sini, ada danau buatan yang diberi nama Danau Bonita. Kamu bisa memancing ikan bawal, gurame, hingga nila di sini.

Jika gak ingin sendiri, kamu juga bisa mengajak si kecil ke sini. Sebab, ada area flying fox dan gubuk bambu yang bisa digunakan bersantai bersama keluarga.

9. Jendela Alam

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling HitsInstagram.com/jendelaalambandung

Ingin mengajak si kecil berwisata sambil bermain, datang ke Jendela Alam saja. Lokasi ini gak hanya memiliki wisata alam yang asri, tetapi juga wahana edukatif untuk anak.

Di sini, anak-anak bisa belajar cara mengurus ladang seperti petani sungguhan, lho! Bisa menjajal bercocok tanam, memberi pakan ternak, hingga memerah susu sapi. Wah, pasti seru banget, ya.

10. Observatorium Bosscha

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling Hitsinstagram.com/rizkysp_13

Menjadi salah satu kawasan edukatif tertua di Indonesia, Bosscha merupakan observatorium yang sudah ada sejak 1928. Tempat ini dilengkapi lima teleskop. Uniknya,  teleskop tersebut adalah terbesarnya yang pernah ada. Ukurannya, berdiameter hingga 60 sentimeter dengan panjang fokus 10,7 meter.

Berada di Jl. Peneropongan Bintang No.45, Lembang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Kamu bisa belajar bersama pemandu Bosscha Obeservarium setiap Sabtu pagi.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata yang Dikenal Horor di Bandung, Berani ke Sini?

11. Taman Bunga Cihideung

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling HitsTaman Bunga Cihideung (Google.com/maps/Sewa Villa Lembang Bandung)

Di Lembang, Bandung, ada taman bunga dengan koleksi tumbuhan cantik, lho. Di sini, kamu bisa belajar sembari berswafoto dengan latar pepohonan indah. Gak hanya itu, setiap pengunjung juga diperbolehkan membeli bibit bunga favoritnya. 

12. The Sapu Lidi Resort

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling HitsSapu Lidi Resort (instagram.com/sapulidisawah)

Bandung, juga menyediakan tempat romantis bagi pasangan yang ingin sekadar staycation atau honeymoon. Nama lokasinya The Sapu Lidi Resort.

Nah, supaya suasana lebih romantis, kamu bisa menyewa perahu di sekitar danau kawasan ini, lho. Tempat ini bisa kamu temukan di Graha Puspa Bajuri, Lembang, Bandung, ya.

13. Maribaya Natural Hot spring Resort

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling HitsMaribaya Natural Hot Spring Resort (instagram.com/ariswbr)

Maribaya Natural Hot spring Resort menjadi salah satu lokasi pemandian air panas menenangkan di Lembang, Bandung. Berendam di air panas sendiri bisa membantumu mengurangi stres akan padatanya aktivitas harian.

Kawasan ini banyak dikenal kawula muda hingga orang tua, tak heran jika tempat ini selalu ramai saat weekend. Namun, tenang saja, kondisi airnya tetap bersih, kok. 

14. Air Terjun Maribaya

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling HitsAir Terjun Maribaya (Google.com/maps/Indra Junior)

Gak hanya Bogor, faktanya, Bandung juga memiliki air terjun yang berada di tengah-tengah taman hutan, serta dikelilingi pepohonan tinggi, lho. Tampak menawan, kamu bisa berenang dan swafoto di depan curug indah yang satu ini. Dijamin, seru, deh!

15. Floating Market Lembang

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling Hitsinstagram.com/yanti_biyancakes

Buat kamu yang ingin berwisata kuliner dengan nuansa baru, datang saja ke Floating Market Lembang atau Pasar Terapung di Bandung. Di pasar ini, kamu bebas memilih aneka hidangan lezat di atas perahu yang mengapung.

Berlokasi di Danau Situ Umar, tempat ini memang tengah hits di Lembang, Bandung dan jarang banget sepi pengunjung, apalagi saat weekend. 

Baca Juga: 10 Potret Villa Tibra Lembang, Kamarnya Berbentuk Rumah Pohon!

16. The Peak Bandung

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling HitsThe Peak Bandung (Google.com/maps/Tung Sen Tjong)

The Peak Bandung merupakan sebuah bistro dan kafe yang menawarkan hidangan lezat disertai nuansa indah dan menenangkan. Lokasi kuliner ini memang tengah hits di Lembang, Bandung, terlebih bagi kawula muda.

Tempat ini cukup strategis, berlokasi di Jl. Desa Karawangi No. 388A Komplek Giri Indah, Karyawangi, Kec. Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. 

17. The Great Asia Afrika

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling Hitswisata great asia afrika Kota bandung. Dokumen IDN Times

Nah, ini dia salah satu tempat wisata baru di Bandung. Kamu wajib banget, nih memasukkan The Great Asia Afrika ke dalam wishlist. Kawasan ini sangat artistik dengan sentuhan gaya Asia dan Afrikanya. 

Uniknya di sini, setiap area dibagi menjadi bagian-bagian kecil dengan nama negara tertentu, seperti Indonesia, Korea, India, Afrika, Jepang. Ada juga area kecil yang diberi nama Animal Park.

18. Wana Wisata Jayagiri

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling HitsWana Wisata Jayagiri (Google.com/maps/Wana Wisata Jayagiri)

Berwisata alam ke Lembang, Bandung, tepatnya di Wana Wisata Jayagiri memang gak pernah salah. Tempat ini memiliki nuansa alam sejuk dengan gazebo yang dikelilingi pepohonan tinggi yang rindang.

Kawasan yang satu ini tampak dirawat dengan cukup baik. Sehingga kamu gak akan kecewa saat menginjakkan kaki pertamamu di sini.

19. Danau Sanghyang Heleut

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling Hitsinstagram.com/ktarya_

Satu lagi, tempat wisata Lembang Bandung yang menarik untuk dikunjungi karena masih sangat alami. Bahkan kawasan satu ini termasuk salah satu hidden gem karena masih sedikit diketahui orang.

Danau Sanghyang Heleut ini berada di antara bebatuan besar yang menakjubkan, lho! Karena rute lokasi ini masih sulit diakses, kamu mungkin memerlukan waktu sekitar dua jam untuk sampai di sini.

20. Saung Angklung Udjo

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling HitsDokumen Saung Angklung Udjo

Menikmati suasana alam Bandung dengan diiringi alunan musik angklung menjadi sebuah kenikmatan yang tiada duanya. Di Saung Angklung Udjo inilah, kamu bisa mendengarkan alunan dari alat musik yang terbuat dari bambu ini.

Berlokasi di Jl. Padasuka No.19, Pasirlayung, Kec. Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat. Jangan lupa ajak teman dan keluargamu juga, ya!

Baca Juga: 10 Potret Curug Layung Lembang yang Indah, Surga Tersembunyi Bandung

21. Lembang Park and Zoo

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling HitsLembang Park and Zoo (instagram.com/lembang_parkzoo)

Mengenal lebih banyak satwa di Lembang Park and Zoo, yuk! Tempat wisata ini sudah dibuka sejak 2019 dan berhasil menarik animo masyarakat.

Uniknya, di sini kamu bisa melihat berbagai satwa yang dilindungi dengan standar internasional. Ada beruang madu, burung merak, lutung budeng, meerkat, hingga tenggalung. 

22. De Ranch Lembang

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling Hitsinstagram.com/deranchlembang

De Ranch Lembang masih menjadi salah satu tempat wisata populer di Bandung. Berkuda ala koboi menjadi salah satu daya tarik tempat ini. Gak hanya itu, kamu pun bisa menyewa kostum layaknya koboi sungguhan, lho.

Jika gak ingin terlalu capek, kamu juga bisa mengendarai delman di sekitar kawasan ini. Ada juga wahana memanah dan mendayung perahu yang gak kalah seru. 

23. Gunung Tangkuban Perahu

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling HitsGuunung Tangkuban Perahu (Google.com/maps/Anggabaya Mustofa)

Jika sudah berada di Lembang, gak afdol rasanya jika belum mengunjungi Gunung Tangkuban Perahu. Di sini, kamu bisa melihat asap putih yang keluar dari gunung yang tampak seperti perahu terbalik, lho.

Gak perlu khawatir, kamu dapat menjumpai berbagai deretan kios yang menjual berbagai kudapan yang bisa dimakan secara langsung ataupun dibawa pulang untuk oleh-oleh. Jika gak ingin buru-buru pulang, di sekitar lokasi ini juga banyak penginapan, kok.

Baca Juga: 10 Tempat Makan di Lembang Paling Populer, Suasananya Alam Banget! 

24. Kawah Putih Ciwidey

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling HitsKawah Putih Ciwidey (instagram.com/intanadel)

Gak hanya kawasan wisata Gunung Tangkuban Perahu yang memiliki pemandangan indah. Kawah Putih Ciwidey juga menawarkan view yang menakjubkan, sehingga banyak pengunjung yang menjadikan lokasi ini sebagai latar foto. Jadi, sayang kalau dilewatkan.

25. Taman Pelangi

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling HitsTaman Pelangi (Google.com/maps/Wisata Jogja)

Disebut Taman Pelangi, karena tempat wisata Lembang Bandung ini memiliki koleksi bunga cantik beraneka macam. Selain bisa bersantai sembari menikmati suanana sejuk, kamu juga bisa berjalan-jalan dan berswafoto di area taman

26. Grafika Cikole Lembang

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling HitsArea camping di Grafika Cikole (instagram.com/officialgrafika)

Tempat wisata di Lembang yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah Grafika Cikole Lembang. Destinasi yang satu ini dilengkapi dengan fasilitas outbound seru untuk dicoba anak-anak hingga orang dewasa.

Karena suasana alamnya yang indah, banyak pengunjung yang ingin berlama-lama di sini. Gak hanya untuk keluarga, Grafika Cikole Lembang juga terbuka untuk berbagai kegiatan sekolah, instansi, ataupun prewedding. 

27. Rumah Belanda

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling HitsRumah Belanda (Google.com/maps/Riandy Saputra)

Sesuai nama lokasinya, destinasi wisata Rumah Belanda ini menawarkan berbagai properti dan interior layaknya nuansa Eropa.

Dilengkapi replika kincir angin khas Belanda yang begitu ikonik, tempat ini bisa menjadi rekomendasi tempat liburan yang menyenangkan. Gak hanya itu, kamu juga bisa menyewa pakaian tradisional ala Belanda supaya tampak layaknya perempuan Belanda tempo dulu.

28. Taman Peri

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling HitsTaman Peri (Google.com/maps/Taman Peri)

Taman Peri masih berada di kawasan The Lodge Maribaya. Tempat ini menjadi salah satu lokasi wisata yang banyak disukai anak-anak. Sebab, di sini mereka dapat menuangkan kreativitas seperti melukis dan mewarnai.

Selain bermain warna, anak-anak pun juga bisa menikmati berbagai aktivitas seru sembari mengenakan kostum ala peri kecil di kartun televisi.

29. Colour Box Lembang

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling HitsColour Box Lembang (Instagram.com/keketfreezer)

Bagi pencinta selfie, tampaknya Colour Box akan menjadi surga foto yang sesuai buatmu. Kawasan ini dilengkapi 18 spot selfie dengan konsep unik dan berbeda di setiap area. Mulai dari spot bertema fun hingga horor dapat kamu temukan di sini.

30. Danau Situ Lembang

30 Tempat Wisata di Lembang Bandung Terbaru yang Paling HitsDanau Situ Lembang (Google.com/Syauqi Ramadhan)

Rekomendasi tempat wisata Bandung terakhir adalah Danau Situ Lembang. Sejatinya, lokasi ini dikhususkan bagi pengunjung yang punya hobi memancing ikan. Namun, banyak juga yang olahraga di sini.

Sembari menunggu memancing, kamu bisa menikmati pemandangan danau yang indah. Bahkan, jika mau menunggu sampai sore, kamu juga bisa melihat sunset yang begitu eksotis.

Nah, itulah 30 tempat wisata di Lembang yang bisa dikunjungi. Buat kamu yang sedang punya rencana berlibur ke Lembang, pastikan mampir ke beberapa lokasi di atas, ya! Selain itu, jangan lupa cek wisata seru lainnya di IDN Times.

Baca Juga: 5 Hotel Terbaik di Bandung yang Dekat Floating Market Lembang

Eliza Ustman Photo Verified Writer Eliza Ustman

'Menulislah dengan hati, maka kamu akan mendapatkan apresiasi yang lebih berarti'

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie
  • Eddy Rusmanto
  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana
  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya