Comscore Tracker

Giant Hill Circuit, Destinasi Wisata Hidden Gem di Langkat

Area balap motocross yang disulap jadi destinasi wisata 

Bisa menemukan objek wisata hidden gem tentu akan membuat siapa saja bahagia, karena pastinya tak kalah menarik untuk dikunjungi. Contohnya adalah Giant Hill Circuit yang berada di Langkat ini.

Giant Hill Circuit, merupakan destinasi wisata sekaligus arena latihan motocross yang dibangun pada tahun 2010 dengan luas sekitar 20 hektar.

Lokasinya yang agak terpencil namun menyuguhkan pemandangan hijau nan rindang dikelilingi pohon sawit yang mendominasi, tak akan memberikan kesan menyeramkan sama sekali. Malah bisa menambah kenyamanan dan ketenangan untuk sekadar duduk bersantai di bawahnya sehingga tak heran apabila Giant Hill Circuit menjadi destinasi wisata hidden gem yang patut dikunjungi.

Jadi jika sedang singgah ke Langkat, jangan lupa untuk memasukkan wisata ini ke dalam bucket list-mu, dijamin gak akan nyesal! Kalau mau tahu lebih banyak tentang Giant Hill Circuit, yuk simak info di bawah ini dulu!

1. Lokasi, jam operasional, dan harga tiket

Giant Hill Circuit, Destinasi Wisata Hidden Gem di LangkatGiant Hill Circuit (instagram.com/gianthillcircuit)

Giant Hill Circuit terletak di Jalan Sudama, Perdamaian, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Destinasi wisata ini beroperasional setiap hari, mulai pukul 09.00 - 18.00 WIB.

Orang dewasa diwajibkan untuk membayar tiket sebesar Rp10 ribu per orang jika berkunjung di hari Senin - Sabtu, di hari Minggu, dan di hari besar membayar Rp15 ribu. Sedangkan anak-anak membayar Rp10 ribu.

2. Rute perjalanan

Giant Hill Circuit, Destinasi Wisata Hidden Gem di LangkatGiant Hill Circuit (dok. pribadi/Ika Anindia Putri)

Untuk bisa sampai ke Giant Hill Circuit terdapat beberapa rute yang bisa dipilih dengan menggunakan kendaraan pribadi. Namun sayangnya belum ada kendaraan umum yang bisa digunakan untuk menuju tempat ini.

Jika berangkat dari Kota Medan, kamu perlu menuju ke Kota Binjai dulu. Dari Tugu Binjai ambil jalur Jalan Lintas Sumatera - Banda Aceh, lalu belok kiri menuju Jalan Perintis Kemerdekaan. Terus lurus sejauh 11 km, kemudian belok kanan ke Jalan Sudama.

Setelah 450 m lalu belok ke kiri. Dari sini kamu perlu sedikit waspada karena jalanannya kecil dan kalau hujan akan becek. Kemudian lurus saja sejauh 1 km hingga nantinya menemukan lokasi wisata di sebelah kanan.

Jika berangkat dari Kota Stabat, ambil arah Barat Daya menuju Jalan Perintis Kemerdekaan. Setelah 6,5 km lalu belok kiri ke Jalan Nusa Indah, kemudian belok kanan ke Gang Kamboja, terus lurus sejauh 700 m lalu belok kiri. Tujuan wisata berada di sebelah kanan.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Medan yang Gratis, Makin Hemat dan Menyenangkan 

3. Aktivitas yang bisa dilakukan di Giant Hill Circuit

Giant Hill Circuit, Destinasi Wisata Hidden Gem di LangkatGiant Hill Circuit (instagram.com/gianthillcircuit)

Selain tersedia arena untuk balap motocross, di sini juga terdapat danau kecil di tengahnya. Di sekeliling danau terdapat beberapa pondok yang bisa digunakan untuk bersantai melepas penat, namun dikenakan biaya mulai dari Rp20 ribu - Rp30 ribu tergantung ukuran pondok yang dipilih.

Beberapa spot foto instagramable pun tersedia, di antaranya tempat duduk aesthethic di pinggir danau dan villa yang bernuansa Bali. Kamu bisa berswafoto sepuasnya di sini, mulai dari berselfie ria sampai melakukan sesi pemotretan untuk pre-wedding.

Apabila membawa anak-anak, tidak perlu risau kalau mereka akan merasa bosan. Ajak saja bermain wahana bebek dayung mengitari danau yang airnya bersih berpadu dengan langit biru. Tapi wahana air ini tidak gratis, kamu perlu membayar Rp25 ribu per jam.

4. Fasilitas yang disediakan

Giant Hill Circuit, Destinasi Wisata Hidden Gem di LangkatGiant Hill Circuit (instagram.com/gianthillcircuit

Harga tiket yang terjangkau sepadan dengan fasilitas yang disuguhkan. Giant Hill Circuit menyediakan musala untuk beribadah serta sudah dilengkapi dengan mukena dan sajadah. Terdapat 3 toilet bersih pula di sampingnya.

Tidak perlu khawatir akan tempat parkir kendaraan, karena area parkirnya sangat luas. Selain itu, kamu bisa memesan makanan apabila perut sudah keroncongan dan membeli minuman sebagai tempat menyantap hidangan di restoran yang sudah disediakan oleh pengelola.

5. Tips mengunjungi Giant Hill Circuit

Giant Hill Circuit, Destinasi Wisata Hidden Gem di LangkatGiant Hill Circuit (instagram.com/gianthillcircuit)

Apabila kamu ingin berkunjung ke sini dengan budget pas-pasan, disarankan untuk membawa tikar sendiri dari rumah, lalu menggelarnya di pinggir danau. Karena apabila ingin bersantai di pondok, maka akan dikenakan biaya tambahan lagi.

Selain itu, kamu diperbolehkan membawa makanan maupun minuman dari luar. Jadi gunakan kesempatan ini dengan baik agar bisa menghemat pengeluaran, ya.

Itu tadi beberapa hal penting yang harus kamu ketahui jika ingin mengunjungi Giant Hill Circuit. Paling enak perginya bareng teman atau keluarga, tapi dengan mantan juga tidak ada salahnya, kok!

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Horor di Medan yang Penuh dengan Aura Mistis

Ika Anindia Putri Photo Writer Ika Anindia Putri

Aku terlahir untuk menjadi nyata, bukan untuk menjadi sempurna.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya