Comscore Tracker

5 Toko Buku Bernuansa Vintage di Yogyakarta

Ada yang bisa berdiskusi dengan pemilik toko juga, lho

Sekarang ada, lho, toko buku yang memperbolehkan para pecinta buku untuk sekadar membaca di tempat atau cuma untuk nongkrong-nongkrong aja. Tempatnya juga nyaman banget dan bikin kamu betah untuk berlama-lama di sana. Selain itu, tempatnya juga kekinian dan oke banget jika kamu ingin foto-foto untuk diunggah di sosial media.

Nah, buat kalian para pencinta buku, khususnya yang tinggal di daerah Yogyakarta atau yang punya rencana ingin liburan ke sana, kalian wajib banget, nih, berkunjung ke sederet toko buku offline bernuansa vintage yang ada di Yogyakarta ini. Simak ulasannya, lalu masukkan ke wishlist destinasi kamu, ya!

1. Kebun Buku Art Books Coffee

5 Toko Buku Bernuansa Vintage di Yogyakartapotret suasana di dalam Kebun Buku Art Books Coffee (twitter.com/nonarebahan_)

Tempatnya yang sederhana dan tenang dengan nuansa interior lawas, ditambah dengan pajangan artistik dan aroma buku lama, sangat cocok untuk kalian yang ingin berkunjung untuk sekadar me time atau nongkrong saja.

Di toko ini menjual banyak sekali koleksi buku-buku bekas, baik buku impor maupun lokal dengan harga yang tentunya terbilang murah. Selain itu, di toko ini kamu juga bisa berdiskusi dengan pengunjung lain atau pemilik toko seputar literasi dan seni.

Nah, untuk kalian yang berencana ingin mengunjungi toko ini, Kebun Buku selalu buka dari hari Selasa sampai hari Kamis, mulai dari pukul 11 siang sampai dengan 6 sore, dan hari Jumat sampai hari Minggu, mulai dari pukul 2 siang sampai dengan 10 malam. Jangan lupa dicatat dan masukin ke list kalian, ya!

Alamat: Jl. Minggiran No.61A, Suryodiningratan, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55141.

2. Natan Bookshop

5 Toko Buku Bernuansa Vintage di Yogyakartapotret suasana di dalam Natan Bookshop (instagram.com/ndalemnatanroyalheritage)

Konsep bangunan Nathan Bookshop cukup unik dengan mengusung nuansa vintage. Berbagai perabotan, seperti meja, kursi, rak, hingga ornamen jadul yang semuanya berbahan kayu serta pajangan-pajangan antik yang tertata rapi membuat pengujung pun betah hunting buku di sini.

Di toko buku ini, koleksi bukunya terbilang cukup lengkap. Mulai dari buku-buku lama yang juga bisa ditemui di toko buku lainnya, sampai dengan buku karya-karya lokal atau buku yang bermuatan cerita-cerita asli Indonesia yang diterjemahkan dan di tulis ulang ke dalam bahasa asing bisa kamu temukan. Toko buku ini buka dari hari Selasa sampai hari Minggu, mulai dari pukul 8 pagi sampai dengan 5 sore.

Alamat: Jl. Mondorakan No.5, Prenggan, Kec. Kotagede, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55192.

Baca Juga: Ingin Memulai Usaha Toko Buku dan Alat Tulis? Ini Caranya!

3. The Lucky Boomerang Bookshop

5 Toko Buku Bernuansa Vintage di Yogyakartapotret suasana di luar The Lucky Boomerang Bookshop (twitter.com/nonarebahan_)

Untuk kalian yang sedang mencari toko buku yang menyediakan buku-buku impor bekas dengan harga terjangkau, di sinilah tempatnya. Tidak hanya menjual buku impor berbahasa Inggris, toko ini juga menjual buku impor dengan bahasa asing lainnya juga, lho!

Selain itu, mereka juga menjual berbagai jenis kartu pos lama dan beberapa hasil kerajinan khas Yogya. Tempatnya berlokasi di perkampungan Sosrowijayan Gang 1, dekat dengan kawasan Malioboro dan bersebelahan dengan Wanderlust Coffee Division.

Alamat: Jalan sosrowijayan GT/95, Gg. 1, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55271.

4. Buku Akik

5 Toko Buku Bernuansa Vintage di Yogyakartapotret suasana di dalam Buku Akik (twitter.com/nonarebahan_)

Toko buku sekaligus perpustakaan yang pernah dikunjungi oleh Najwa Shihab ini menyediakan berbagai jenis genre buku, baik buku-buku terbitan lama maupun yang baru. Bahkan, di toko ini juga ada buku-buku bestseller juga, lho! Selain buku, mereka juga aneka merchandise, seperti totebag, t-shirt, dan pernak-pernik lain yang tentunya berkaitan dengan buku dan toko ini.

Tempatnya yang berlokasi di rumah dengan halaman yang luas membuat toko buku ini terasa begitu nyaman. Selain itu, Toko Buku Akik juga sangat kekinian dan sangat cocok untuk kamu yang ingin berkunjung untuk sekadar nongkrong dan foto-foto bersama teman sambil memakan camilan dan minuman yang di jual di sana.

Toko buku ini buka dari hari Senin sampai hari Kamis, mulai dari pukul 11 siang sampai dengan 6 sore. Hari Jumat, mulai dari pukul 11 siang sampai dengan 4 sore, dan hari Sabtu, mulai dari pukul 11 siang sampai dengan 5 sore.

Untuk kalian yang belum sempat berkunjung ke sana tetapi mau membeli buku atau merchandise koleksi mereka, jangan khawatir karena mereka menjualnya secara daring juga, kok. Kalian bisa cek media sosial Instagram mereka di akun @bukuakik, ya!

Alamat: Jl. Kaliurang Km 12, Gg. Kenanga No.60 D, Candi Karang, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman Regency, Special Region of Yogyakarta 55581.

5. Boekoe Theotraphi

5 Toko Buku Bernuansa Vintage di Yogyakartapotret suasana di dalam Boekoe Theotraphi (twitter.com/nonarebahan_)

Tempatnya yang minimalis dan nyaman membuat pengunjung merasa seperti sedang berada di rumah sendiri. Toko ini juga menyatu dengan Cafe Observasi sehingga pengunjung yang datang dapat berbincang sambil menikmati kopi yang dijual di sana.

Meski minimalis, toko ini tetap memiliki koleksi buku yang cukup banyak, kok. Bahkan, rak bukunya sampai menyentuh langit-langit ruangan tokonya. Di tiap raknya, buku-buku tersebut disimpan dengan dikelompokkan berdasarkan nama penerbit bukunya.

Selain melayani pembelian buku secara offline, toko ini juga melayani pembelian secara daring. Apabila kalian ingin membeli koleksi-koleksi buku yang dijual oleh mereka melalui daring, kalian bisa cek media sosial Instagram mereka di akun @theotraphi. Toko buku ini buka setiap hari, mulai dari pukul 10 siang sampai dengan 10 malam. Namun, khusus untuk hari Sabtu, mereka tutup lebih malam hingga jam 11 malam.

Alamat: Jl. Gendeng Cantel No.324, Muja Muju, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165.

Nah, gimana? Keren-keren, kan, toko bukunya? Jangan lupa untuk masukkan list toko-toko buku tersebut sebagai destinasi yang wajib kalian kunjungi saat ke Yogya nanti, ya!

Baca Juga: 10 Curhat Pengalaman Absurd Warganet di Toko Buku, Bikin Ngakak

Ikha Destryani Photo Writer Ikha Destryani

“Start writing, no matter what. The water does not flow until the faucet is turned on.” — Louis L’Amour

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya