Comscore Tracker

5 Gunung Tertinggi di Dunia, Everest Ternyata Bukan Satu-satunya!

Tertarik mencapai puncaknya?

Nama Everest pasti jadi nama pertama yang muncul jika menyangkut tentang gunung tertinggi di dunia. Well, Everest memang jangkung dan puncak tertingginya jadi target utama para pendaki. Namun menurut mpora.com, Everest bukanlah satu-satunya gunung tertinggi dunia.

Selain Everest masih banyak gunung lain yang enggak kalah tingginya, bahkan memiliki trek jauh lebih menantang! Ini dia daftarnya. 

1. Gunung Makalu, Nepal

5 Gunung Tertinggi di Dunia, Everest Ternyata Bukan Satu-satunya!instagram.com/everlastingrose.swarnima

Dibuka dengan gunung Makalau yang berada 19 km arah tenggara Everest. Gunung Makalu memiliki tinggi 8.485 meter yang membuatnya mendapat posisi sebagai gunung tertinggi kelima di dunia. Makalu sendiri dikenal puncaknya yang membentuk piramida.

Namun karena wilayah gunung ini sedikit terisolir dari gunung-gunung lain di Nepal, ditambah dengan trek pendakian yang curam, membuat Makalu jadi salah satu gunung dengan trek tersulit di dunia.

2. Gunung Lhotse, perbatasan Nepal dan Tibet

5 Gunung Tertinggi di Dunia, Everest Ternyata Bukan Satu-satunya!instagram.com/anchelastefi

Gunung Lhotse sebenarnya terletak tidak terlalu jauh dari Everest. Nama "Lhotse" sendiri berarti puncak selatan dan kenyataannya gunung dengan ketinggian mencapai 8.516 ini memang berada di sebelah selatan Everest.

Gunung ini pertama kali didaki oleh manusia pada tahun 1956 oleh Ernst Reiss dan Fritz Luchsinger yang berasal dari Swiss.

Sama dengan Makalu, gunung Lhotse juga cukup sulit didaki, bahkan oleh pendaki berpengalaman sekalipun.

Baca Juga: Bukan Everest, Ini 5 Fakta Mauna Kea sebagai Gunung Tertinggi di Bumi

3. Gunung Kangchenjunga, Himalaya

5 Gunung Tertinggi di Dunia, Everest Ternyata Bukan Satu-satunya!instagram.com/antarikshabid

Banyak orang mengenal Everest dan K2 sebagai gunung tertinggi pertama dan kedua dunia. Tapi tidak banyak orang tahu, jika gunung Kangchenjunga adalah yang ketiga. Terletak di perbatasan antara Nepal dan India, gunung Kangchenjunga memiliki tinggi 8.586 meter.

Uniknya, gunung satu ini pernah menjadi gunung tertinggi di dunia hingga sekelompok tim dari Great Trigonometrical Survey of India melakukan penghitungan ulang tahun 1852. Hasilnya, gunung Kangchenjunga harus puas dengan posisi ketiga tertinggi di dunia.

4. Gunung K2, Pakistan

5 Gunung Tertinggi di Dunia, Everest Ternyata Bukan Satu-satunya!instagram.com/alphinstore_mountain

Gunung K2 menjadi gunung tertinggi kedua dengan ketinggian mencapai 8.611 meter, sekaligus menjadi satu-satunya gunung yang tidak berada di Nepal. Meski 'hanya' mendapat rangking kedua, tapi siapa sangka jika gunung ini menewaskan lebih banyak pendaki dibandingkan dengan Everest.

Gunung K2 memiliki trek yang ekstrem dan membuatnya mendapatkan posisi kedua sebagai gunung dengan tingkat kematian tertinggi. Lalu gunung apa yang memiliki tingkat kematian lebih tinggi? Jawabannya adalah Annapurna I yang masih bertetangga dengan Everest.

5. Gunung Everest, Nepal

5 Gunung Tertinggi di Dunia, Everest Ternyata Bukan Satu-satunya!instagram.com/everestexperts

Dibanding gunung-gunung tinggi lainnya, gunung Everest mungkin yang paling akrab di telinga. Bahkan kalau kamu bukan pendaki sekalipun, kamu pasti pernah mendengar namanya minimal satu kali. Everest adalah gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.848 meter.

Gunung ini pertama kali ditaklukkan oleh Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay pada 1953. Anehnya, meski merupakan yang tertinggi, tapi Everest justru sedikit lebih mudah didaki dibandingkan gunung K2. Namun tetap saja kamu memerlukan persiapan super matang jika ingin naik ke puncaknya.

Berhasil menaklukkan puncak tertinggi bumi jelas merupakan prestasi tersendiri. Namun yang harus diingat, tingginya puncak gunung-gunung ini sebanding dengan kesulitannya. Jadi kalau kamu enggak mau meninggal secara konyol, pastikan kamu beserta tim sudah berpengalaman dan memiliki persiapan matang sebelum naik.

Baca Juga: 10 Potret Keindahan Lembah dan Gunung di Indonesia Selama Pandemi

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya