Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Glasgow, Kota Terbesar di Skotlandia

Kampung halaman tokoh hebat sepak bola

Glasgow adalah sebuah kota pelabuhan yang terletak di dataran rendah Skotlandia. Terdapat sebuah sungai yang bernama Clyde yang ada sejak zaman dahulu sangat membantu kehidupan orang-orang Glasgow atau Glaswegians.

Setiap kota yang berada di dunia, tidak akan terlepas dari fakta-fakta yang terkait dengan kota tersebut, salah satunya Glasgow. Biar lebih jelas, yuk cari tahu 5 fakta terkait Kota Glasgow di bawah ini.

1. Berawal dari kota yang sangat kecil

5 Fakta Menarik Glasgow, Kota Terbesar di Skotlandiabangunan tua di Glasgow (heraldscotland.com)

Glasgow bermula sebagai kota kecil di sekitar sungai Clyde. Glasgow hanya terkenal dengan lokasi perkemahan karena sungai Clyde menyediakan wilayah terbaik untuk memancing.

Pada abad ke-12, Glasgow mulai menjadi kota penting karena dipilih sebagai tempat keuskupan oleh Raja David I dan Uskup Agung. Setelah itu, Kota ini mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Perkembangan tersebut ditandai dengan berdirinya University of Glasgow pada tahun 1451, hingga menjadi kota terbesar ke empat di Britania Raya.

2. Memiliki bar yang memegang dua rekor

5 Fakta Menarik Glasgow, Kota Terbesar di Skotlandiahalaman depan The Horse Shoe Bar (pointahotels.com)

The Horse Shoe Bar adalah bar di kota Glasgow yang memiliki rekor sebagai bar tertua di Britania Raya. Tak hanya itu, The Horse Shoe Bar juga memegang rekor sebagai bar terpanjang di Eropa, lho.

Di bar ini juga biasanya menjadi tempat favorit Glaswegians untuk menonton pertandingan sepak bola dengan menggunakan layar lebar. Seru, nih!

Baca Juga: 9 Fakta Kota Pagar Alam, Kota Menawan di Barat Daya Sumatra Selatan

3. Bioskop tertinggi di dunia ada di sini, lho!

5 Fakta Menarik Glasgow, Kota Terbesar di SkotlandiaCineworld Glasgow (glasgowlive.co.uk)

Cineworld Glasgow mempunyai rekor bioskop tertinggi yang pernah ada di dunia. Tingginya mencapai 62 meter.

Cineworld Glasgow mempunyai 18 screen lebih dari 6 tingkat dan dapat menampung lebih dari 4.300 orang.

Ciri khas dari bioskop ini adalah memiliki sistem penyeberangan eskalator yang dihiasi oleh lampu neon yang berwarna biru menyala. Tertarik menonton film di bioskop ini?

4. Dualisme suporter sepakbola yang fanatik

5 Fakta Menarik Glasgow, Kota Terbesar di SkotlandiaSuporter klub sepakbola Celtic dan Ranger (glasgowlive.co.uk)

The Old Firm Derby atau Firma Tua adalah istilah rivalitas klub sepak bola di kota Glasgow antara Celtic dan Rangers. Rivalitas ini diawali dengan bertemunya Celtic dan Rangers pada final piala Skotlandia.

Suporter dari masing-masing klub tersebut sangat fanatik sampai-sampai sering terjadi kerusuhan di luar lapangan. Membela salah satu dari kedua klub tersebut sudah dianggap seperti memeluk suatu agama bagi Glaswegians.

Meski begitu, kerusuhan tesebut sudah mulai hilang seiring berkembangnya zaman. Para pemain dari kedua tim kerap kali menunjukkan aksi respect dengan antar pemain ketika di lapangan. Aksi tersebut bertujuan untuk memberi contoh kepada para suporter yang membuat kerusuhan.

5. Kampung halaman Sir Alex Ferguson

5 Fakta Menarik Glasgow, Kota Terbesar di SkotlandiaSir Alex Ferguson (instagram.com/manchesterunited)

Pelatih Manchester United yang memiliki nama lengkap Sir Alexander Chapman Ferguson CBE ini lahir di salah satu kawasan Glasgow, yaitu Govan pada 31 Desember 1941.

Ia tumbuh di sekitar markas klub sepakbola Rangers dan juga menjadi pemain bola profesional di sana, lho!

Sir Aelx sangat dihormati oleh masyarakat Glasgow, bahkan dunia. Sir Alex telah menaklukkan Eropa dengan Manchester United dengan memenangkan Liga Champions pada tahun 1999 dan 2008.

Itu dia 5 fakta menarik tentang kota Glasgow. Punya daya tarik tersendiri, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi kota ini?

Baca Juga: 8 Stadion Bersejarah Klub Inggris yang Kini Hanya Tinggal Kenangan

Muhammad Farras Syah Photo Writer Muhammad Farras Syah

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya