Comscore Tracker

Gak Cuma Indonesia, 7 Negara Ini Juga Punya Pasar Apung Lho!

Jangan cuma mampir mall, pasar apung juga asyik nih

Pasar apung bukan hal baru lagi di Indonesia, bahkan jumlahnya cukup banyak. Mulai dari pasar tradisional hingga di kawasan wisata pun ada. Tapi ternyata pasar tradisional di atas air ini bukan cuma ciri khas Indonesia saja, lho. Tujuh negara di bawah ini juga punya pasar apung yang unik.

1. Damnoen Saduak Floating Market, Thailand

Gak Cuma Indonesia, 7 Negara Ini Juga Punya Pasar Apung Lho!matadornetwork.com

Damnoen Saduak floating market berlokasi di distrik Damnoen Saduak, Ratchaburi, Thailand. Gak cuma menjual sayuran dan buah-buahan, kamu akan mendapati kapal yang menjual souvenir, baju, hingga beraneka ragam kuliner khas Thailand.

Sebelum pergi ke sini, mendingan kamu riset dulu harga pasaran barangnya, karena harga jual di Damnoen Saduak floating market  bisa lebih mahal dua sampai tiga kali lipat. Jadi kamu kudu pintar-pintar menawar.

2. The Mekong Delta floating markets, Vietnam

Gak Cuma Indonesia, 7 Negara Ini Juga Punya Pasar Apung Lho!flickr.com/Sait Izmit

Kawasan The Mekong Delta di Vietnam terkenal dengan pasar apungnya, yakni Pasar Phung Hiep dan Pasar Cai Be. Para turis bisa menyusuri tempat ini dengan kapal kecil dan menyaksikan langsung proses jual beli warganya. Selain uang, sistem barter juga masih berlaku di sini.

3. Srinagar Floating Market, India

Gak Cuma Indonesia, 7 Negara Ini Juga Punya Pasar Apung Lho!500px.com/hamni juni

Pasar Apung Srinagar merupakan satu-satunya pasar sayur terapung yang ada di India. Tepatnya di Danau Dal yang terkenal dengan keindahan pemandangannya. Jadi gak cuma belanja, kamu juga bakal dapat pemandangan sunrise yang Instagrammable banget di sini.

4. Nativitas Floating Market, Meksiko

Gak Cuma Indonesia, 7 Negara Ini Juga Punya Pasar Apung Lho!theculturetrip.com

Berbeda dengan pasar-pasar yang  kita bahas sebelumnya, pasar apung di Meksiko ini lebih diprioritaskan untuk wisata. Mungkin lebih mirip dengan Floating Market yang ada di Lembang, Jawa Barat.

Di tepi Danau Xochimilco, kamu bakal menemukan puluhan kapal berwarna-warni yang lucu dilengkapi dengan meja dan kursi di tengahnya. Selagi kapal berlayar mengitari danau, ada pedagang makanan atau souvenir yang akan dilalui kapal. Kamu bisa membeli dan menyantapnya langsung di atas kapal sambil berjalan-jalan. 

Baca Juga: Jangan Salah, 7 Buah di Pasaran Ini Ampuh Turunkan Kolesterol Tinggi

5. Inle Lake floating market, Myanmar

Gak Cuma Indonesia, 7 Negara Ini Juga Punya Pasar Apung Lho!fliker.com/Robert Coles

Total ada lima pasar terapung di Danau Inle, Myanmar. Di antaranya Nyaungshwe, Heho, Taunggyi, Minethauk, dan Shwenyaung. Barang-barang yang dijual di pasar ini lebih beragam, mulai dari kebutuhan dasar, seperti bahan sembako, sayuran, dan buah-buahan, sampai hasil tekstil, ukiran, serta cerutu.

6. Floating market in the Solomon Islands

Gak Cuma Indonesia, 7 Negara Ini Juga Punya Pasar Apung Lho!huntersforluck.com

Meskipun skalanya gak sebesar pasar-pasar apung di Asia, tapi pasar di Pulau Solomon ini punya nilai plus, karena terletak di atas perairan yang indah dan jernih. Kepulauan Solomon terletak di Timur Laut Australia, di sebelah timur Papua Nugini. Uniknya air bersih di perairan ini memungkinkan kamu melihat terumbu karang indah di bawahnya. Keren banget, kan?

7. Dubai Floating Market

Gak Cuma Indonesia, 7 Negara Ini Juga Punya Pasar Apung Lho!Instagram.com/kiaaiii

Dubai Floating Market juga diperuntukkan wisata, tepatnya berada dalam kawasan Global Village, salah satu multicultural festival park. Wisata ini termasuk baru karena dibuka pada 30 Oktober 2018 lalu.

Kamu si penggemar wisata kuliner bakal dimanjakan banget, karena ada 27 kapal yang merepresentasikan 78 negara. Sayang, pasar terapung ini hanya akan ada hingga 6 April 2019 saja.

Dari tujuh pasar apung di atas, ada yang sudah pernah kamu kunjungi?

Baca Juga: 10 Potret Supermarket di Tengah Laut, Surga Belanja buat yang Berlayar

Topic:

  • Putriana Cahya
  • Dewi Suci R.

Just For You