Comscore Tracker

9 Kuil Unik di Jepang Ini Pasti Bakal Bikin Kamu Takjub!

Ada kuil khusus untuk kucing, lho

Jepang adalah tempat bagi banyak situs aneh, indah sekaligus unik. Negeri Matahari Terbit itu juga merupakan lokasi bagi banyak kuil, tempat pemujaan dan tempat ibadah yang menakjubkan. 

Dari kuil yang bisa melipatgandakan uang dengan cara mencucinya, hingga kuil pemujaan payudara wanita, semuanya ada di Jepang. Berikut daftar 9 kuil paling unik di Jepang versi The Culture Trip.

1. Udo - Membantu kehamilan

9 Kuil Unik di Jepang Ini Pasti Bakal Bikin Kamu Takjub!wikimedia.org

Berjalanlah di sepanjang garis pantai Nichinan, sedikit di selatan Miyazaki City, di sana kamu akan menemukan Kuil Udo yang tersembunyi. Kuil ini didedikasikan untuk Kaisar pertama dalam mitos Jepang, Kaisar Jimmu (神武天皇 Jinmu-tennō). 

Kuil ini adalah tempat yang populer bagi mereka yang ingin memulai sebuah keluarga. Karena sebagaimana ada legenda Jepang yang mengisahkan, jika seorang istri meminum air yang menetes dari batu-batu di sekitar Kuil Udo, hal itu dipercaya akan membantu mereka hamil.

2. Kuginuki Jizo - Menyembuhkan penyakit

9 Kuil Unik di Jepang Ini Pasti Bakal Bikin Kamu Takjub!wikimedia.org

Di barat laut Kyoto, kamu akan menemukan Kuginuki Jizo atau yang lebih sering disebut 'kuil mencabut kuku.' Berdasarkan legenda, ada seorang pedagang yang tinggal di dekat lokasi pada tahun 1500-an. 

Dikisahkan bahwa pria itu menderita penyakit yang mengerikan di tangannya. Dia lantas berdoa kepada dewa Boddhisattva Jizo. Dia diberitahu bahwa dirinya di masa lalu telah menusuk patung seorang pria yang dibencinya dengan cara menancapkan kukunya. 

Untuk menebus kesahalannya di masa lalu, pria itu kemudian meninggalkan paku dan sepasang tang di pekarangan kuil. Selama bertahun-tahun, sikap pria tersebut kemudian diikuti banyak orang yang menderita sakit dengan mengunjungi kuil sekaligus meninggalkan tang dan paku. 

Akibatnya, dinding-dinding situs tersebut sekarang tertutup oleh banyak persembahan. Walau begitu, peninggalan tersebut justru menjadi dekorasi yang menarik.

3. Gotokuji - Kuil kucing

9 Kuil Unik di Jepang Ini Pasti Bakal Bikin Kamu Takjub!wikimedia.org

Kuil Gotokuji merupakan kuil paling imut di seluruh Jepang. Kuil Gotokuji adalah situs bagi ribuan patung kucing. Kucing merupakan simbol keberuntungan di Jepang. 

Cerita ini dimulai pada zaman Edo. Ketika itu, ada seekor kucing yang dipelihara oleh salah seorang pendeta dari Kuil Gotokuji yang saat itu berada di bawah pemerintahan daerah tradisional Jepang. Pada suatu hari, terjadi bencana badai yang dahsyat. Kucing sang pendeta itu tampak memanggil-manggil dengan melambaikan tangan kepada seorang bangsawan dan pembantunya untuk berlindung.

Itulah sebabnya mengapa semua patung atau boneka kucing dari Jepang didesain dengan sebelah tangan terangkat.

4. Chogosonshi-Ji - Kuil harimau

9 Kuil Unik di Jepang Ini Pasti Bakal Bikin Kamu Takjub!Visitnara.com

Dari kuil kucing kecil, kini kita beralih ke kuil kucing besar yaitu harimau. Kuil yang terletak di daerah pegunungan Nara ini merupakan destinasi wisata yang populer bagi anak-anak. Pasalnya, ada sebuah patung harimau raksasa yang lucu di sana.

Kisah kuil suci ini berasal dari cerita perjalanan Pangeran Shotoku yang mengunjungi Kuil Chogosonshi-Ji secara rutin selama abad ke-6. Sang pangeran pergi ke kuil untuk berdoa bagi kemenangan pihaknya dalam sebuah peperangan, tepat pada tahun, hari dan jam harimau. Dia terus berdoa sampai pasukannya memenangkan pertempuran. 

5. Mama Kannon - Kesuburan payudara

9 Kuil Unik di Jepang Ini Pasti Bakal Bikin Kamu Takjub!Gaijinjapan.org

Mama Kannon adalah sebuah kuil yang didedikasikan untuk payudara wanita. Kuil ini mendapat citra ikonik tersebut dari sebuah legenda. Kuil tersebut pada awalnya dikunjungi oleh seorang wanita yang sudah tidak bisa lagi menyusui. Dia pun berdoa supaya bisa menyusui kembali. 

Pada suatu hari, ketika sang wanita sedang berdoa, ada seorang tetangga yang memperhatikan keadaan wanita tersebut ternyata kurang gizi. Dia pun memberi makan wanita itu. Tak lama setelahnya, wanita itu bisa menyusui kembali.

Jika kamu berjalan-jalan di sekitar kuil ini, maka sejauh mata memandang, kamu akan melihat 'payudara' berada di mana-mana!

6. Kanayama - Kuil kejantanan

9 Kuil Unik di Jepang Ini Pasti Bakal Bikin Kamu Takjub!Flickr/ Adam Lederer

Legenda Jepang mengisahkan, dahulu kala ada setan yang jatuh cinta kepada seorang wanita muda. Setan bergigi tajam itu lantas tinggal di dalam kelamin wanita muda tersebut. 

Pada suatu hari, wanita muda itu menikah. Setan yang cemburu itu lantas menggigit kelamin sang pria. Wanita muda itu kemudian mencari bantuan ke seorang pandai besi. Tukang ini pun segera membuat kelamin pria dari besi untuk mematahkan gigi tajam sang iblis. Tak perlu detail-detail ya ceritanya. You know how-lah...

Kuil Kanayama ini konon terkenal di kalangan pekerja seks komersial. Mereka datang ke kuil ini untuk berdoa supaya mereka terhindar dari penyakit menular seksual.

Sepanjang tahun, Kuil Kanayama adalah tempat kecil yang sederhana. Namun, selama akhir pekan pertama di bulan April, diselenggarakan festival genital pria atau yang biasa disebut Kanamara Matsuri. Daerah itu seketika padat dengan pengunjung. Kanamara Matsuri merupakan salah satu festival yang paling tidak lazim di Jepang.

7. Kappa-dera - Manusia setengah katak

9 Kuil Unik di Jepang Ini Pasti Bakal Bikin Kamu Takjub!Flickr/ Alyson Hurt

Kappa adalah makhluk setengah manusia setengah katak. Kappa salah satu cerita rakyat yang paling populer di Jepang. Dikisahkan, Kappa selalu menculik manusia saat sendirian di jembatan, bantaran sungai dan rawa-rawa.

Di Tokyo, ada sebuah tempat yang didedikasikan untuk Kappa. Tempat tersebut dinamai Kappabashi atau Jembatan Kappa. Di sini, kamu akan menemukan berbagai bentuk dedikasi warga kepada Kappa.

8. Yanagimori - Kuil untuk tanuki

9 Kuil Unik di Jepang Ini Pasti Bakal Bikin Kamu Takjub!wikimedia.org

Terletak di pusat kota Tokyo, kamu bisa menemukan Yanagimori Jinja alias Willow Forest Shrine, tempat yang didedikasikan untuk tanuki. Tanuki adalah sosok hewan mirip rakun yang sangat dicintai oleh orang Jepang. Orang sering keliru menyebut tanuki dengan rakun Amerika. 

Tanuki dikatakan sebagai sosok keberuntungan. Dia juga memiliki testis yang sangat besar dengan kemampuan untuk mengubah dirinya menjadi sosok supranatural. Di Yanagimori, kamu akan menemukan banyak monumen yang didedikasikan untuk sosok imut yang lucu, tetapi juga agak menyeramkan tersebut.

9. Zeniarai Benten - Melipatgandakan uang

9 Kuil Unik di Jepang Ini Pasti Bakal Bikin Kamu Takjub!odigo.jp

Di kota bersejarah Kamakura, sekitar satu jam dari Tokyo dengan kereta api, kamu bisa menemukan Kuil Zeniarai Benten. Kuil Zeniarai Benten ini diyakini memiliki kemampuan untuk membuatmu kaya raya. Jika kamu mencuci uangmu di sini pada musim semi, jumlah yang kamu cuci akan berlipat ganda. 

Tradisi mencuci uang di musim semi ini berawal ketika penguasa Kamakura, Hojo Tokiyori, datang ke Kuil Zeniarai Benten untuk beribadah sekitar tahun 1257. 

Di sana, dia diperintahkan untuk mencuci koin miliknya dengan tujuan upayanya itu akan dihargai oleh Ugafukujin, seeokor ular berkepala manusia, yang akan melipatgandakan jumlah koin dan memberikan kemakmuran keturunannya. Sejak saat itu, orang-orang mulai menirunya. Mau coba?

Itu dia 9 kuil paling unik yang patut kamu sambangi saat liburan ke Jepang. Sekarang kamu punya destinasi tak lazim saat bepergian ke sana, deh.

Rangga Putra Photo Verified Writer Rangga Putra

Lahir di Kota Pahlawan Surabaya dan besar di Kota Santri Gresik. Suka Bismillah dan Alhamdulillah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya