Comscore Tracker

5 Wisata Alam di Kendari yang Bikin Penat Seketika Hilang

Kamu akan dibikin kagum dengan pesona alamnya #LokalIDN

Wisata alam bisa menjadi alternatif liburan bagi mereka yang sedang menenangkan pikiran. Jika berencana untuk menyatu dengan alam, maka Kendari bisa menjadi pilihan. Wilayahnya dipenuhi dengan bentangan alam yang sungguh menyejukkan mata.

Wisatawan bisa berkunjung ke pegunungan dengan udaranya yang sejuk, pulaunya yang masih asri, atau sungai yang mempunyai perairan jernih saat di Kendari. Berikut lima rekomendasi wisata alam di Kendari dengan pemandangan yang bikin terpesona.

1. Puncak Ahuawali 

5 Wisata Alam di Kendari yang Bikin Penat Seketika HilangPuncak Ahuawali (instagram.com/astyseptianingsih)

Suasana pegunungan memang tak pernah gagal menjadi lokasi untuk menyegarkan pikiran. Salah satu pegunungan yang bisa dikunjungi selama berada di Kendari adalah Puncak Ahuawali. Lokasinya berada di ketinggian yang mencapai 750 mdpl.

Untuk mencapai puncak, wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Setelah sampai di puncak, wisatawan akan disuguhkan pemandangan pegunungan dengan jelas dan deretan bukit dan lautan yang nampak dari kejauhan. Saat pagi, mereka dapat menyaksikan kabut yang menciptakan pemandangan bak negeri di atas awan.

2. Kebun Raya Kendari

5 Wisata Alam di Kendari yang Bikin Penat Seketika HilangKebun Raya Kendari (instagram.com/firdhaynt25)

Kebun Raya Kendari terletak di Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari. Destinasi wisata ini terletak di kawasan hutan konservasi dengan luas yang mencapai 96 hektar. Karena letaknya tersebut, membuat tempat ini mempunyai udara yang sejuk dan segar.

Tak hanya menikmati pesona alam yang ada, wisatawan dapat pula menambah wawasan dengan menelusuri hutan lindung dan hutan produksi yang dipenuhi dengan beragam flora. Mereka juga dapat menyaksikan ragam fauna yang mencakup rangkong, ular pitun, ayam hutan wajah biru, dan masih banyak lainnya. 

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata Seru di Kendari yang Paling Kekinian dan Hits!

3. Sungai Tamborasi 

5 Wisata Alam di Kendari yang Bikin Penat Seketika HilangSungai Tamborasi (instagram.com/riaulifeindonesia)

Sungai Tamborasi dikatakan sebagai sungai paling pendek di seluruh dunia dengan panjang yang hanya mencapai sekitar 20 meter. Namun meskipun demikian, sungai ini menawarkan panorama alam yang begitu memukau. 

Sungai yang terletak di Tamborasi, Kecamatan Kolaka, Kabulaten Kolaka ini mempunyai perairan yang sangat jernih, bahkan pengunjung dapat berkaca di atasnya. Selain itu, di bagian bawahnya terdapat batuan marmer yang melengkapi keindahannya.

4. Pulau Labengki

5 Wisata Alam di Kendari yang Bikin Penat Seketika HilangPulau Labengki (instagram.com/labengki_official)

Pulau Labengki tetap memperoleh ketenarannya meskipun terdapat banyak tempat wisata baru di Kendari. Pulau ini mempunyai panorama yang sungguh menakjubkan sehingga banyak orang yang memberikan julukan sebagai miniatur dari Raja Ampat. Selain itu, Pulau Labengki mempunyai lima pulau yang juga dapat dikunjungi.

Wisatawan dapat menyaksikan keindahan laguna dengan warna hijau tosca, gua, air laut dengan perairan yang jernih, teluk hingga panorama yang dapat dinikmati dari ketinggian.

Bagi pencinta dunia bawah laut, mereka dapat menyelam dan menyaksikan pesona bawah lautnya yang memukau.

5. Air Panas Wawolesea

5 Wisata Alam di Kendari yang Bikin Penat Seketika HilangAir Panas Wawolesea (instagram.com/like_kendari)

Air Panas Wawolesea berlokasi di Wawolesea, Kecamatan Lasolo, Kabupaten Konawe Utara. Tempat pariwisata ini berada di antara pegunungan kapur. Yang menakjubkan, tempat ini mempunyai ratusan mata air panas yang tidak berhenti mengalir.

Tak seperti air panas pada umumnya, air panas di tempat ini mempunyai rasa yang asin. Air ini juga mempunyai bentuk formasi yang unik dengan undakan undakan kecil yang terbentuk secara alami. Bahkan bentuknya menyerupai kolam alami yang mirip dengan pola terasering di sawah. Perairannya juga semakin menawan dengan warna yang sedikit kebiruan.

Kendari bisa menjadi referensi liburan yang dapat menenangkan pikiran. Wisata alamnya yang begitu memukau sungguh memikat, lho!

Baca Juga: 5 Kuliner Khas Kendari yang Nikmat Menggiurkan, Bikin Nagih!

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya