Comscore Tracker

11 Tempat Camping di Bandung, Lebih Dekat dengan Alam!

Cari udara sejuk gak perlu jauh, langsung ke Bandung saja!

Pesona Bandung memang tiada habisnya membuat para wisatawan selalu ingin berkunjung kembali ke Kota Kembang ini. Salah satu kegiatan wisata yang tidak boleh kamu lewatkan jika sedang berlibur di kota ini adalah berkemah atau camping bersama teman maupun keluarga tercinta.

Camping adalah pilihan tepat bagi kamu yang ingin melepaskan penat dengan bersantai dan menikmati keindahan alam Kota Bandung. Oleh karena itu, inilah deretan tempat camping di Bandung yang harus kamu kunjungi! 

1. Kampung Cai, Ranca Upas

11 Tempat Camping di Bandung, Lebih Dekat dengan Alam!Ranca Upas (instagram.com/ranca_upas)

Tempat yang satu ini sudah tidak perlu dipertanyakan lagi sebagai salah satu tempat camping favorit yang ada di Bandung. Udara yang sejuk serta hamparan rumput hijau yang luas akan menjadi kenikmatan utama di Kampung Cai, Ranca Upas.

Selain sebagai tempat camping, Ranca Upas yang terletak di Jalan Ciwidey, Kec. Rancabali, Kab. Bandung ini juga mempunyai spot atau kegiatan menarik lainnya, seperti berkuda dan  penangkaran rusa yang bisa kamu kunjungi. 

Untuk tiket masuk Ranca Upas sendiri adalah sebesar Rp27.000 dan terdapat biaya tambahan untuk berkemah yaitu Rp15.000. Selain itu, tempat ini juga menyediakan sewa peralatan camping di tempat agar meringankan barang bawaan kamu.

2. Bumi Perkemahan Ranca Cangkuang Gambung

11 Tempat Camping di Bandung, Lebih Dekat dengan Alam!Ranca Cangkuang (instagram.com/@rzarmdhn19_

Suasana alam yang sejuk dan asri akan menyambut kamu ketika datang ke tempat ini. Ranca Cangkuang merupakan tempat camping yang akan memberikan ketenangan sempurna bagi kamu yang sedang berlibur dari kegiatan sehari-hari. 

Tempat ini dikelilingi oleh pemandangan hijau dari pepohonan dan gunung yang berada di sekitar lokasi camping. Selain itu, terdapat sungai yang juga menjadi spot camping favorit di Ranca cangkuang.

Untuk tiket masuknya sendiri yaitu sebesar Rp12.500, sedangkan untuk biaya parkir motor Rp3.000 dan mobil Rp5.000. Sedangkan untuk alamat tempat camping Ranca Cangkuang terletak di Desa Mekarsari, Kec. Pasirjambu, Bandung, Jawa Barat.

3. Pineus Tilu Pangalengan

11 Tempat Camping di Bandung, Lebih Dekat dengan Alam!Pineus Tilu (instagram.com/raylapian)

Berada di tengah keheningan hutan dan hanya suara aliran sungai yang terdengar merupakan konsep utama yang ditawarkan oleh Pineus Tilu sebagai salah satu tempat camping favorit di Pangelangan, Kabupaten Bandung.

Tempat ini memberikan pengalaman camping yang unik dengan tambahan berbagai fasilitas untuk memastikan kenyamanan liburan kamu. Untuk harganya yaitu sebesar Rp500.000 untuk weekday dan Rp650.000 untuk weekend

Namun, jika ingin camping di Pineus Tilu ini kamu harus melakukan booking online terlebih dahulu.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata di Dekat Gedung Sate Bandung, Ampuh untuk Lepas Penat

4. Taman Langit

11 Tempat Camping di Bandung, Lebih Dekat dengan Alam!Taman Langit (instagram.com/fahmiamirika)

Dapat menyaksikan lautan awan dan terbitnya matahari pagi merupakan hal yang tidak akan kamu lupakan jika memutuskan camping di Taman Langit. Hanya dengan membayar tiket sebesar Rp35.000, kamu bisa mendapatkan pemandangan indah tersebut.

Taman Langit juga menawarkan pemandangan indah lainnya, yaitu ketika malam hari akan terlihat lampu-lampu dari sekitaran Kota Bandung yang memanjakan mata. 

Untuk lokasi Taman Langit sendiri terletak di Desa Sukaluyu, Kecamatan Pangalengan, Bandung.

5. Gaspol Situ Cileunca

11 Tempat Camping di Bandung, Lebih Dekat dengan Alam!Situ Cileunca (instagram.com/gaposl_situ_cileunca)

Camping di sekitaran danau dan merasakan alam sejuk Pangalengan merupakan sensasi menyenangkan yang akan kamu rasakan di Gaspol Situ Cileunca. Dengan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dari Gerbang Tol Soreang membuatnya bisa menjadi alternatif tempat camping bagi kamu.

6. Pine Forest Camp

11 Tempat Camping di Bandung, Lebih Dekat dengan Alam!Pine Forest Camp (instagram.com/wisatabandung_)

Pine Forest Camp merupakan salah satu area perkemahan eksklusif di Lembang yang cukup populer. Terletak di atas ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut, tempat ini berada di dalam kawasan hutan pinus yang teduh, asri, udaranya sejuk, dan tentunya instagramable banget.

Untuk menunjang area perkemahan, di Pine Forest Camp juga terdapat berbagai fasilitas umum yang bisa digunakan. Di antaranya seperti kamar mandi, toilet, gazebo, jalur trekking, area api unggun, musala, dan sebagainya.

Biar gak bosan, para pengunjung juga bisa ikut beberapa kegiatan outbond yang seru. Mulai dari flying fox, high rope, dan low rope. Untuk anak-anak, terdapat pula program adventure kids camp yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan.

Lokasi: Desa Suntenjaya, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Harga:

tiket masuk Rp25.000 per orang per hari
sewa area perkemahan mulai dari Rp50.000 per orang per malam
sewa tenda paket (termasuk tenda, kasur, bantal, sleeping bag, tiket masuk, welcome drink, sarapan, dan api unggun untuk tiga orang) mulai dari Rp600.000 per tenda per malam.

7. Green Grass Cikole

11 Tempat Camping di Bandung, Lebih Dekat dengan Alam!Green Grass Cikole (instagram.com/rvindamarcelia)

Masih berada di kawasan Lembang, Green Grass Cikole ini juga wajib kamu kunjungi saat suntuk dengan aktivitas sehari-hari dan butuh waktu untuk refreshing. Udaranya yang segar dipadu dengan suasana hijau dan pepohonan pinus rindang akan membuat siapa pun betah berlama-lama di sini.

Di kawasan ini, kamu bisa berkemah di beberapa campsite yang telah ditentukan dengan tipe kemah standar (tenda dome) dan campervan (menginap di dalam van). Kalau mau membawa kendaraan sendiri untuk kemah di sini juga boleh.

Fasilitas penunjang yang ada di sini pun cukup lengkap. Ada musala, stage untuk live music atau live performance, kamar mandi, toilet, wastafel untuk cuci tangan dan piring serta colokan listrik.

Biar tidak monoton, kamu bisa bermain di wahana permainan seperti paintball, memanah, shooting target, hingga berkuda di area perkemahan.

Lokasi: Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Harga:

tiket masuk Rp30.000 per orang per hari
tiket kendaraan roda dua Rp6.000 per unit per hari
tiket kendaraan roda empat Rp15.000 per unit per hari
tiket kendaraan roda enam Rp25.000 per unit per hari
tiket campervan park Rp30.000 per orang per malam
paket camping mulai Rp200.000 per tenda
berkuda Rp40.000 per orang

Baca Juga: Info Wisata Ciwangun Indah Camp Bandung: Lokasi, Rute, dan Fasilitas 

8. Terminal Wisata Grafika Cikole

11 Tempat Camping di Bandung, Lebih Dekat dengan Alam!Taman Wisata Grafika Cikole (instagram.com/david8js)

Satu lagi tempat di Cikole, Lembang yang seru untuk digunakan berkemah, yakni Terminal Wisata Grafika Cikole. Camping land di sini menyediakan berbagai tipe penginapan, mulai dari tenda dome, rumah panggung, urban camp, hingga pondok wisata alam.

Gak perlu khawatir, fasilitas camping di sini sudah mencakup sarapan pagi. Kalau mau makan bareng dengan keluarga bernuansa alam kamu bisa memesan menu paket yang tersedia di restoran di kompleks ini, termasuk menu liwetan. Seru kan?

Arena outbond-nya juga tak kalah dengan tempat-tempat lainnya. Kamu bisa naik flying fox sepanjang 125-250 meter, jembatan tali, jembatan goyang, turun tebing, zip coaster, paint ball war, danpaint ball shoot. Untuk anak-anak ada Rabbit Farm, Bird Park, dan kegiatan memberi makan rusa dan domba.

Lokasi: Jalan Raya Tangkuban Perahu KM 23, Cikole, Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Harga: 

tiket masuk Rp20.000
tiket Bird Park Rp20.000
tiket Rabbit Farm Rp15.000
penginapan Rp460.000-1.600.00 per malam per penginapan
outbond Rp15.000-85.000

9. Green Hill Park TWA Cimanggu

11 Tempat Camping di Bandung, Lebih Dekat dengan Alam!Green Hill TWA Cimanggu, Bandung (instagram.com/greenhill_ciwidey)

Green Hill Park TWA Cimanggu merupakan area perkemahan yang berada di kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Cimanggu. Tak heran kalau di sekelilingnya ada pepohonan tinggi dan rindang.

Di kawasan ini juga terdapat pemandian air panas yang bisa dimanfaatkan untuk berendam agar tubuh rileks. Kamu bisa memilih untuk berkemah dengan tenda atau menginap di pondokan yang disediakan pihak pengelola.

Ada tipe bungalow, saung, hingga glamorous camping atau glamping. Fasilitas lain yang ada di sini antara lain gazebo, pendopo, toilet umum, kamar mandi umum, area parkir yang luas, dan wahana outbond.

Beberapa kegiatan menantang pun bisa kamu ikuti mulai dari rafting, arung jeram, wisata ke Kawah Putih, trekking untuk mengeksplorasi hutan, paintball, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Lokasi: Jalan Ciwidey, Patengan, Kecamatan Rancabali, Bandung, Jawa Barat.

Harga:

tenda kapasitas 4 orang mulai dari Rp1.000 per tenda per malam
saung kapasitas 8-10 orang mulai dari Rp1.500.000 per saung per malam
bungalow kapasitas 2 orang mulai dari Rp1.500 per bungalow per malam
aktivitas lain mulai dari Rp15.000

10. Bukit Moko

11 Tempat Camping di Bandung, Lebih Dekat dengan Alam!Bukit Moko Bandung (instagram.com/viriyasinggih)

Bukit Moko barangkali bisa jadi alternatif tempat berkemah yang lebih hemat jika dibandingkan dengan tempat-tempat sebelumnya. Terletak di wilayah Cimenyan, Bukit Moko juga dikenal sebagai bukit bintang karena kamu bisa menyaksikan gemerlap Bandung pada malam hari dari sini.

Kalau ingin berkemah, kamu wajib membawa perlengkapan sendiri seperti tenda, matras, dan sleeping bag. Urusan makanan tak perlu khawatir karena di sini banyak warung makan enak. Fasilitasnya juga cukup untuk menunjang kebutuhan seperti tempat parkir kendaraan, toilet umum, dan musala. 

Lokasi: Kampung Buntis Bongkor, Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Harga: Rp15.000-25.000

11. Wisata Batu Kuda

11 Tempat Camping di Bandung, Lebih Dekat dengan Alam!Wisata Batu Kuda (instagram.com/batukudaofficial)

Berlokasi di kaki Gunung Manglayang, Wisata Batu Kuda ini kerap jadi destinasi wisatawan, terutama yang berasal dari wilayah Bandung bagian timur. Di kawasan ini terdapat hutan pinus yang rindang dan Situs Batu Kuda yang telah menjadi cagar budaya.

Di sini kamu bisa botram (berkumpul dan makan bersama dengan kolega), bersantai di hammock, hiking, olahraga, dan berkemah sambil menikmati keindahan hutan pinus. Untuk berkemah, pengelola menyediakan camping ground yang cukup luas dilengkapi dengan beberapa toilet.

Lokasi: Kampung Cikoneng, Desa Cibiru Wetan, Kecamatan Cileunyi, Kabupaten Bandung.

Harga: Rp10.000-12.000

Udara sejuk Bandung ditambah dengan hijaunya pemandangan bikin camping jadi mengasyikkan dan tentu saja menyegarkan pikiran. Jika kamu kebetulan lagi Bandung dan ingin camping, tak ada salahnya untuk mengunjungi salah satu camping ground di atas.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tongseng yang Terkenal Lezat di Bandung, Wajib Coba!

Riad Nur Hikmah Photo Writer Riad Nur Hikmah

Instagram: @riad_nurhikmah

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo
  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya