Comscore Tracker

7 Fakta Unik Obama, Kota di Jepang yang Jadi Dapur Makanan Kekaisaran

Bukan kotanya mantan presiden Amerika lho!

Jika disebut nama Obama, pasti yang di pikiran kalian adalah mantan presiden Amerika Serikat. Di Jepang, jangan hanya hafal Tokyo atau Hokkaido saja ya. 

Terletak di tepi Teluk Wakasa dan gak jauh dari kota Kyoto, ada satu kota cantik bernama Obama. Masuk di wilayah prefektur Fukui, kota Obama ternyata punya segudang hal menarik yang buat kota ini layak jadi destinasi liburanmu selanjutnya.

Tak kenal maka tak sayang! Sebelum ke sana, kepoin dulu yuk tujuh fakta unik seputar kota Obama.

1. Kota yang menjadi dapur makanan Kekaisaran Jepang

7 Fakta Unik Obama, Kota di Jepang yang Jadi Dapur Makanan Kekaisaraneyeem.com

Melancong ke Obama, kamu tidak hanya dihibur dengan atraksi atau tempat-tempat menarik saja. Untuk urusan perut alias kulineran, kota Obama tempatnya.

Zaman dahulu, kota Obama dijadikan sebagai dapur makanan bagi Kekaisaran Jepang beserta keluarganya, terutama pada masa Periode Nara. Yang dimaksud dapur di sini adalah tempat pemasok dan pendistribusian bahan makanan.

Kota Obama diberkahi dengan hasil laut yang melimpah, itulah sebab kota ini dipilih sebagai pemasok makanan bagi kekaisaran.

2. Rumah dari kuil Budha yang bersejarah dan menawan

7 Fakta Unik Obama, Kota di Jepang yang Jadi Dapur Makanan Kekaisaranjapan-guide.com

Tidak hanya berlimpah hasil lautnya, kota Obama juga rumah dari kuil Budha yang bersejarah dan memiliki bentuk menawan. Di sini terdapat lebih dari 130 kuil berdiri sebagai saksi religiusnya kota tepi pantai ini. Myotsuji, Jinguji, Hagaji, dan Bukkokuji, beberapa nama kuil yang cukup populer dikunjungi oleh wisatawan selama pelesiran di kota Obama. 

3. Terkenal sebagai kota industri kerajinan tangan

7 Fakta Unik Obama, Kota di Jepang yang Jadi Dapur Makanan Kekaisaranhokuriku-arch-pass.com

Pengerajin adalah profesi lain yang ditekuni oleh penduduk kota Obama selain menjadi nelayan. Sumpit berpernis Wakasa, aksesoris batu akik, kertas shodo (kaligrafi Jepang), keramik, dan masih banyak hasil kerajinan tangan lainnya yang dapat kamu temukan di kota ini.

Liburan di kota Obama sangatlah seru dan menyenangkan karena sudah sepaket dengan toko-toko tempat penjualan suvenir murah.

Baca Juga: 6 Hal Ini Sangat Mahal di Jepang Padahal Murah di Indonesia

4. Hoze Matsuri, festival yang cukup populer di kota Obama

7 Fakta Unik Obama, Kota di Jepang yang Jadi Dapur Makanan Kekaisaranfestivalgo.huber-japan.com

Telah ada sejak tahun 677 masehi, festival ini adalah tradisi turun temurun Shinto. Namun, pertunjukan Hoze Matsuri baru pertama kali dilakukan pada masa Periode Edo. Meski telah ada sejak lama, festival ini tidak pernah redup, bahkan Hoze Matsuri jadi festival musim gugur terbesar di wilayah Fukui.

Di festival ini, peserta Hoze Matsuri akan melepaskan ikan dan burung ke pengunungan dan sungai. Maknanya sendiri sebagai ucapan terima kasih kepada Tuhan dan berharap semoga diberkahi selalu.

Gundam (kuil portabel), kendaraan hias, musik Shinto tradisional, dan tarian teater Kagura, beberapa hiburan yang dapat disaksikan masyarakat dan wisatawan saat festival Hoze Matsuri berlangsung.

5. Punya banyak pilihan objek wisata yang bikin betah pelesiran

7 Fakta Unik Obama, Kota di Jepang yang Jadi Dapur Makanan Kekaisaranflickr.com/Khalid Ahsan

Mermaid Terrace, Tsukamoto Folk Art Center, dan Pantai Sotomo, beberapa objek wisata menarik yang dapat kamu kunjungi di kota Obama. Mau wisata alam, sejarah, atau seni, semuanya ada di kota Obama. Kamu tinggal memutuskan saja ingin menjelajahi wisata yang mana. Pokoknya, gak akan kehabisan cerita deh selama berlibur ke sini.

6. Masih ada pengaruh budaya Cina

7 Fakta Unik Obama, Kota di Jepang yang Jadi Dapur Makanan Kekaisaranguide-japan.seesaa.net

Distrik Sanchōmachi, Obama, menjadi bukti jika kota ini masih dipengaruhi oleh budaya Cina. Mulai dari arsitektur hingga budaya, Sanchōmachi identik dengan Negara Tirai Bambu tersebut.

Hal ini tak bisa dipungkiri mengingat lokasi kota Obama yang berada di pesisir Laut Jepang, dahulu kota ini sering menjadi transit wisatawan Cina yang hendak melakukan perjalanan ke kota Kyoto.

7. Kepiting matsuba, kuliner wajib pada saat musim dingin tiba

7 Fakta Unik Obama, Kota di Jepang yang Jadi Dapur Makanan Kekaisaranjapantravel.navitime.com

Dinikmati sebagai sashimi atau hot pot, kepiting matsuba menjadi makanan yang wajib ada ketika musim dingin tiba, yang berlangsung pada bulan November-Maret.

Mengingat kota Obama berlimpah hasil laut, kepiting matsuba mudah sekali ditemukan di pasar tradisional hingga supermarket. Punya kandungan gizi yang baik untuk tubuh, siapa sih yang nolak menikmati lezatnya kepiting matsuba?

Nah, itulah tadi tujuh fakta unik seputar kota Obama di Jepang. Sekadar info, karena memiliki nama yang sama. Kota ini pernah memberikan hadiah sumpit khas Obama kepada mantan presiden, Barrack Obama, yang kala itu masih menjadi senator ketika berkunjung ke Jepang.

Tertarik berkunjung? Buruan masukkan ke daftar liburanmu selanjutnya, ya!

Baca Juga: 5 Perilaku Warga Jepang Ini Mengingatkan Kita Akan Rasa Tanggung Jawab

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya