Comscore Tracker

6 Wisata di Purwokerto Ini Cocok Buat Liburan Bersama Keluarga

Pikiran dan badan kembali fresh setelah pulang liburan

Mari sejenak bayangkan diri kita masing-masing. Bangun pagi memulai aktivitas dengan segala kerempongannya. Mempersiapkan diri berangkat sekolah, kuliah, bekerja atau mengantarkan anak-anak ke sekolah. Hiruk pikuk pagi menghadapi kemacetan, setumpuk tugas dan pekerjaan, dikejar deadline dan segala permasalahan. Sore atau malam hari pulang ke rumah dengan kepenatan badan dan pikiran. Aktivitas seperti itu tak hanya berlangsung sehari dua hari. Bisa jadi kamu alami sepanjang hari selama sepekan. Apa yang kamu rasakan? Lelah? Jenuh? Bosan? Pingin liburan?

Yap. Semua itu wajar adanya karena kamu bukanlah robot. Titik jenuh itu pasti pernah dialami setiap orang hanya waktunya saja yang berbeda. Kejenuhan itu tentu saja bisa menimbulkan berbagai dampak, mulai dari kebosanan, semangat yang menurun, kinerja atau prestasi yang menurun bahkan stress.

Tak ada salahnya kita merehatkan pikiran dan badan kita dengan liburan. Tak perlu jauh-jauh ke luar negeri lah. Liburan tipis-tipis ke daerah di Indonesia pun tak kalah seru. Dekat dan hemat!

Purwokerto, sebuah kota kecil di bagian barat Jawa Tengah mempunyai beberapa destinasi wisata yang patut kamu coba. Lokasinya yang berada di lereng gunung Slamet yang sejuk niscaya akan membuat fresh pikiran, sepulang dari liburan. Apalagi buat kamu yang hobi selfie dan petualangan. Cocok abiss.

Apa aja sih destinasi wisata yang ada di Purwokerto? Let's check it out. 

1. Baturaden Adventure Forest

6 Wisata di Purwokerto Ini Cocok Buat Liburan Bersama Keluargabafadventure.com

Baturaden Adventure Forest merupakan kerja sama operasi antara PT Maju Bangkit Wisata dengan Perum Perhutani KPH Banyumas Timur.

Ada 3 program yang disediakan di Baturaden Adventure Forest, yaitu:

  • Outbond Training. Nah buat kamu-kamu yang udah bekerja, bisa usul ke instansi atau perusahaan tempat kamu bekerja supaya ngadain outbond atau family gathering ke Baturaden Adventure Forest nih. Jadi bisa seru-seruan bareng temen kerja dan keluarga deh.
  • River Adventure. Program ini bisa dipadukan dengan kegiatan Outbond Training. Ada water adventure, rapelling, canyon adventure, dan cold water theraphy. Semuanya petualangan yang berkaitan dengan sungai atau ngarai. Dijamin basah tapi seru!
  • Student Program. Baturaden Adventure Forest juga menyediakan fasilitas outbond bagi pelajar, mulai dari Taman Kanak-Kanak hingga mahasiswa. Untuk student program ini bisa untuk melatih dasar-dasar kepemimpinan, kerja sama tim dan juga pengetahuan. 

2. Lokawisata Baturaden

6 Wisata di Purwokerto Ini Cocok Buat Liburan Bersama Keluargapurwokertoguidance.com

Lokawisata baturaden terletak di sebelah selatan Gunung Slamet yang memiliki udara yang sejuk sehingga bisa me refresh pikiran dari kepenatan aktivitas kota.

Fasilitas yang disediakan antara lain kolam renang, sepeda air, air mancur, seluncur air, curug/air terjun, dan pemandian air panas belerang. 

Baca Juga: Instagramable! 7 Wisata Alam di Banyuwangi Ini Menunggumu Datang

3. Dreamland Waterpark

6 Wisata di Purwokerto Ini Cocok Buat Liburan Bersama Keluargafacebook.com/Dream Land Spring Water Park Pancasan Ajibarang

Dreamland Waterpark ini berlokasi di desa Pancasan kecamatan Ajibarang, jaraknya sekitar 21 km dari kota Purwokerto. Pancasan ini merupakan desa dengan sumber mata air. Jadi air yang digunakan di Dreamland Waterpark adalah air mata air murni tanpa tambahan kaporit. Pastinya fresh dong!

Ada banyak fasilitas yang tersedia di Dreamland Waterpark selain kolam renang dan waterboom, antara lain taman reptil, rumah perahu, taman batu, kolam terapi ikan, dan kolam ombak.

Dan tahukah kamu? Setiap libur lebaran dan libur akhir tahun, jalan menuju dan dari Dreamland Waterpark pasti macet! Saking antusiasnya warga kepengen main di Dreamland Waterpark. Eits, jangan percaya kalau kamu belum coba ya!

4. Caping Park

6 Wisata di Purwokerto Ini Cocok Buat Liburan Bersama Keluargainstagram.com/capingpark

Ada sebuah jembatan kaca dengan ukuran 2.5 × 17 m di kaki gunung Slamet yang disebut The Edge Bridge. Dari jembatan ini kamu bisa melihat landscape pemandangan kota Purwokerto dari atas. Hawa sejuk dan semburat jingga di pagi atau senja hari makin menawan hati. Bagai lukisan alam yang amat sayang jika tak diabadikan.

Ya. The edge bridge adalah salah satu icon dari wisata Caping Park. Wisata dengan konsep farming dan edutainment ini bisa jadi salah satu tujuan wisata buat kamu.

Caping Park juga dilengkapi dengan ball room dan gazebo dengan kapasitas besar. Jadi, cocok kan buat acara reuni, arisan, family gathering, dan wedding party. Selain itu, ada juga exhibition area, outbond area, playground area, camping ground, dan selfie spot kekinian.

5. The Village

6 Wisata di Purwokerto Ini Cocok Buat Liburan Bersama Keluargainstagram.com/thevillagepurwokerto
Langit biru
Awan putih
Terbentang indah
Lukisan yang kuasa
Ku melayang
Di udara
Terbang dengan balon udaraku
Oh sungguh senangnya lintasi bumi
Oh indahnya dunia

Coba tebak, yang di atas itu lirik lagu siapa? Yup betul. Lagu Balon Udara yang dipopulerkan oleh Sherina.

Dan sekarang menaiki balon udara bukan lagi sekedar lirik lagu. Kamu bisa mewujudkannya di The Village. Konsep dari the village ini adalah family park. Jadi cocok buat kamu refreshing bersama keluarga dan sahabat.

Di lokasi The Village terdapat beberapa wahana permainan yang mengkombinasi antara seni, tempat rekreasi dan edukasi. Ada zona mini zoo dan video mapping. Video mapping ialah sebuah teknik menggunakan pencahayaan dari proyeksi sehingga menciptakan ilusi optik memukau. Kebayang kan kerennya?

6. Small World

6 Wisata di Purwokerto Ini Cocok Buat Liburan Bersama Keluargainstagram.com/smallworld.tmd

Selfie dengan icon wisata dunia bisa kamu dapatkan di Small World. Bahkan dengan pakaian khas negaranya. Misalkan kimono dan yukata dari Jepang dan baju khas Belanda. Jadi tak perlu jauh-jauh keluar negeri kan?

Di Small World ini bisa jadi tempat foto pre wedding, post wedding, foto keluarga, dan foto buat buku kenangan sekolah lho. Seru kan?

Demikianlah 6 destinasi wisata di Purwokerto yang bisa kamu coba. Semoga setelah liburan pikiran dan badan makin fresh ya! Siap menyambut tantangan untuk masa depan gemilang. 

Baca Juga: 10 Spot Wisata Hits di Semarang yang Harus Segera Kamu Kunjungi

Sasa Aiza Kamila Photo Community Writer Sasa Aiza Kamila

Mom of three great kids.. Yang akan dan masih terus belajar, belajar dan belajar.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You