Comscore Tracker

5 Fakta Mobil Sport, Sekali Isi Bensin Mencapai Rp1 Juta

Bikin kamu melongo, gak nyangka segini biayanya

Mobil sport adalah mobil dengan performa yang tinggi. Soal kecepatan, mobil ini tidak perlu dipertanyakan.Cepatnya mobil sport bisa membuat kalian puas. Kenyamanan dan performa dari mobil sport tentunya ada pengorbanan dari pemilik. Selain harga yang mahal biaya isi bensinnya juga tidak murah.

Penasaran berapa biaya buat isi bensin mobil sport? Apakah sama dengan mobil biasa? Tentunya tidak. Mobil sport memiliki mesin yang berbeda dengan mobil-mobil biasa oleh karena itu biaya untuk isi bensin lebih mahal dan jenis BBM yang digunakan juga tidak sembarangan. Jika kamu pengin tahu berapa biaya yang harus kamu keluarkan buat sekali isi BBM, simak artikelnya.

1. Biaya untuk sekali isi bensin adalah Rp750 ribu – Rp1 juta

5 Fakta Mobil Sport, Sekali Isi Bensin Mencapai Rp1 Jutaunsplash.com/Chris Hristov

Di balik tampilan keren dan super garang dari mobil sport, ada biaya bensin yang tinggi. Biaya tergantung jenis mobil sama harga BBM saat itu, ini hanya perkiraan saja. Kapasitas mesin yang besar akan membutuhkan lebih banyak bahan bakar. Untuk jenis supercar biasanya mesin ada di belakang. Tentu ada alasan kenapa diletakkan di belakang, salah satunya untuk mengurangi berat kendaraan dengan cara mengurangi detail sistem transmisi seperti poros baling-baling.

Konsumsi BBM pada mobil sport jenis Huracan sekitar 5,3 km/liter sedangkan tangki Huracan berkapasitas 90 liter, maka perkiraan biaya jika diisi BBM dengan harga Rp8.700,00 maka butuh Rp783.000,00 agar tangki mobil bisa penuh.

2. Gunakan BBM kualitas bagus 

5 Fakta Mobil Sport, Sekali Isi Bensin Mencapai Rp1 Jutapexels.com/Pixabay

Untuk keawetan kendaraan lebih baik gunakan BBM yang berkualitas tinggi. Mengisi bahan bakar untuk mobil sport tidak boleh sembarangan karena ini berdampak bagi mesin dan performa mobil. Semakin bagus BBM yang kamu pakai akan berpengaruh positif terhadap mobil kamu. Pemilihan kualitas BBM ini akan berdampak dalam jangka panjang. Kamu harus keluar uang lebih demi keawetan mobil.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Porsche Taycan, Supercar Listrik dari Jerman 

3. Pajak kendaraan besar, bisa buat beli LCGC  

5 Fakta Mobil Sport, Sekali Isi Bensin Mencapai Rp1 Jutaunspash.com/negative space

Pajak untuk mobil jenis ini tidaklah murah. Ini risiko jika kamu membeli mobil sport. Pajaknya bahkan bisa untuk beli mobil lagi sekelas LCGC. Bisa membayangkan mahalnya seperti apa? Harus siap-siap bayar pajak tiap tahunnya. 

Seperti pajak pada mobil Lamborghini dengan tipe Gallardo LP550-2 Coupe memiliki harga jual sebesar Rp3,49 miliar dikenakan pajak sekitar Rp73,71 juta. Untuk mobil Nissan GT-R perlu mengeluarkan uang Rp40 juta per tahun untuk pajaknya. Jenis mobil Porsche 911 Turbo 3.8 AT harus membayar pajak Rp54,36 dan Rp44,2 juta per tahun.

4. Biaya perbaikan dan perawatan mahal  

5 Fakta Mobil Sport, Sekali Isi Bensin Mencapai Rp1 Jutapexels.com/Pixabay

Mobil juga ada kalanya bermasalah, ini cukup menyedot uang kamu. Apalagi ada komponen-komponen mobil yang rusak, sudah pasti jutaan. Perawatan untuk mobil jenis ini juga tidak memakan uang yang sedikit. Kamu bisa ganti oli mobil secara teratur, bahan bakar apa yang kamu gunakan, kondisi bodi mobil, perhatikan komponen-komponen mobil. Biaya ganti ban mobil sendiri mencapai Rp16 juta untuk ban standar Huracan, Pirelli Pzero sedangkan biaya ganti oli berkisar $1,000.00 (Rp13 juta).

5. Beberapa jenis mobil hanya muat 2 orang saja  

5 Fakta Mobil Sport, Sekali Isi Bensin Mencapai Rp1 Jutapexels.com/Pixabay

Kalau kamu orang yang sudah berkeluarga dan punya anak banyak, mobil ini kurang cocok karena hanya bisa menampung 2 orang. Kalau ada uang lebih kamu bisa membeli mobil lagi untuk keluarga. Ada juga pilihan mobil sport yang cocok untuk keluarga seperti Audi dan BMW.

Memang sepertinya menyenangkan dan wah ya punya mobil sport? Namun di balik kemewahannya ada harga yang harus kamu bayar seperti biaya perawatan yang mahal hingga isi bensinnya yang mencapai Rp1 juta.

Baca Juga: Evolusi Mobil Sport Nissan Z: Dari Fairlady hingga Proto 

Albert Hermawan Photo Verified Writer Albert Hermawan

"Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian." -Pramoedya Ananta Toer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya