Comscore Tracker

5 Fakta Morgan Motor, Mobil Klasik Bermesin BMW!

Mobil boleh klasik, tapi mesin tetap asyik

Pasar otomotif Indonesia kembali diramaikan oleh kehadiran mobil besutan Morgan Motor melalui TDA Luxury Toys. Mobil Klasik dari Inggris ini menyita perhatian pencinta otomotif tanah air karena penggunaan basis desain mobil era tahun 1920-an, namun dengan konfigurasi mesin BMW terbaru.

Lalu apa saja yang membuat Morgan Motor bisa menjadi pabrikan mobil yang dikenal saat ini? Berikut ini lima fakta Morgan Motor, mobil klasik bermesin BMW!

1. Keluar dari pekerjaan, mengawali berdirinya Morgan Motor Company 

5 Fakta Morgan Motor, Mobil Klasik Bermesin BMW!Morgan mendirikan dealer motor dan bengkel servis di Malvern Link (sobi.org)

H.F.S. Morgan keluar dari perusahaan layanan kereta api Inggris, Great Western Railway pada tahun 1904. Tak lama setelah itu, Morgan mendirikan dealer motor dan bengkel servis yang berlokasi di Malvern Link, Worcestershire.

Pada tahun 1909 Morgan pertama kali merancang mobil untuk digunakannya sendiri. Namun karena muncul beberapa permintaan, Morgan akhirnya memproduksi mobil untuk konsumen.  Terdapat 1.000 mobil buatan Morgan selama rentang waktu Perang Dunia ke-2. Mulai sejak itu Morgan juga memproduksi mobil untuk kebutuhan ajang balap dan touring.

Berawal dari sebuah perusahaan yang dikelola keluarga, Morgan Motor Company menjadi salah satu pabrikan yang mendapat dukungan langsung dari Pemerintah Inggris.

Berawal dari sebuah perusahaan yang dikelola keluarga, Morgan Motor Company menjadi salah satu pabrikan yang mendapat dukungan langsung dari Pemerintah Inggris.

2. Mobil pertama menggunakan mesin silinder kembar Peugeot bertenaga 7 hp 

5 Fakta Morgan Motor, Mobil Klasik Bermesin BMW!Mobil pertama Morgan hadir dengan tiga roda dan satu jok penumpang (morgan-motors.pl)

Berawal dari mobil yang digunakan sendiri, awalnya H.F.S. Morgan merancang mobil pertamanya dengan hanya memiliki tiga roda dan satu jok penumpang saja. Mobil in diproduksi bersama William Stephenson Peach, mobil pertama Morgan menggunakan mesin silinder kembar Peugeot yang menghasilkan tenaga 7 hp. Suspensi depan independen dan transmisi dua kecepatan, menjadi fitur lain yang dimiliki mobil ini.

Menariknya, beberapa bagian dari mobil pertama Morgan ini berasal dari pabrik produksi motor yang sudah terbengkalai, lho.

Baca Juga: 5 Fakta Si Kembar BMW M3 dan M4 yang Agresif

3. Berbagi konfigurasi mesin dengan BMW 

5 Fakta Morgan Motor, Mobil Klasik Bermesin BMW!Morgan Motor menggunakan mesin BMW berkode B48 dan B58 (motor1.com)

Awalnya Morgan menggunakan konfigurasi mesin dari Ford 3,7 liter V6 pada Morgan SP1, mobil berbentuk roadster yang diperkenalkan pada September 2014 lalu.

Seakan tidak pernah cukup pada ajang Geneva Motor Show tahun 2019, Morgan Motor memperkenalkan Morgan Plus Six yang menggunakan konfigurasi mesin BMW B58 Turbocharged dengan transmisi otomatis ZX delapan kecepatan yang menghasilkan 335 hp. Tentunya ini lebih dari cukup untuk menjalankan mobil berdesain klasik ini.

Sudah menjadi topik perbincangan pencinta otomotif, Morgan Motor tidak berhenti untuk mengeksplorasi kembali lineup produknya. Setahun setelah kemunculan Morgan Plus Six, Morgan memperkenalkan kembali Morgan Plus Four. Masih menggunakan konfigurasi mesin BMW namun dengan kode yang berbeda. B48 mesin bensin empat silinder segaris Turbo dengan transmisi manual enam kecepatan dan transmisi otomatis delapan kecepatan, menghasilkan tenaga hingga 255 hp.

4. Desain klasik layaknya pahatan karya seni 

5 Fakta Morgan Motor, Mobil Klasik Bermesin BMW!Material kayu menjadi bagian utama pada konstruksi dan bingkai bodi (evo.co.uk)

Desain klasik nyatanya tidak menjadi satu-satunya nilai jual dari sebuah Morgan. Setiap mobil besutan pabrik asal Inggris ini masih menggunakan kayu sebagai material utama dari konstruksi hingga bingkai cangkang bodi mobil. 

Beberapa bagian pada mobil merupakan buatan tangan, sehingga untuk produksinya juga membutuhkan waktu yang relatif lebih lama dibanding mobil kebanyakan.

Terlepas dari desain yang terlalu tradisional atau ketinggalan zaman, Morgan Motor memiliki tempat tersendiri bagi pencinta mobil klasik. Hal ini tentunya terbantu karena konfigurasi mesin modern yang digunakan Morgan pada setiap lineup produknya.

5. Dua model Morgan Motor masuk pasar tanah air 

5 Fakta Morgan Motor, Mobil Klasik Bermesin BMW!TDA Luxury Toys memasukan Morgan Plus Six dan Morgan Plus Four ke Indonesia (caranddriver.com)

Awal tahun 2021 TDA Luxury Toys memperkenalkan dua model Morgan Motor di Indonesia yaitu, Morgan Plus Six dan Morgan Plus Four. TDA dikenal sebagai showroom mobil premium yang menawarkan berbagai produk mobil eksotik dan ikonik yang jarang dijual oleh showroom konvensional.

Sama dengan banyak pabrikan premium lainnya, Morgan Motor menyediakan banyak opsi tambahan yang bisa bebas dipilih oleh konsumen. Oleh karena itu juga harga yang dipatok untuk sebuah Morgan akan berbeda-beda.

Untuk pasar Eropa, Mogan Plus Six dibanderol mulai dari 102,135 pound sterling atau sekitar Rp2 miliar dan untuk Morgan Plis Four dibanderol mulai dari 50,465 pound sterling atau sekitar Rp1,1 miliar.

Bagaimana, tertarik untuk meminang mobil klasik dengan mesin canggih ini?

Baca Juga: Jarang Terdengar, Deretan Mobil Rusia Ini Gak Kalah Sama Mobil Eropa  

Aryo Phramudhito Photo Verified Writer Aryo Phramudhito

Yohoo, let's be friends @_yophrm

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya