Comscore Tracker

5 Tips untuk Mengakali Anak Bosan Ketika Road Trip Agar Kembali Ceria

Anak rewel karena bosan? Coba tips berikut ini!

Melakukan long trip dengan menggunakan mobil memang memiliki kesan yang berbeda. Dengan menggunakan mobil, kamu bisa menikmati perjalanan sambil melihat pemandangan di sekitar. Sungguh menyenangkan.

Namun, bagaimana jadinya ketika kamu melakukan long trip bersama anak-anak dan mengalami kondisi macet-macetan? Ya, anak-anak akan bosan, sehingga akan rewel saat perjalanan. Mungkin ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan rasa bosan. Namun, apakah juga berlaku untuk anak-anak?

Ketika kamu melakukan long trip bersama anak-anak, pastinya kamu harus memiliki cara khusus untuk menghibur mereka agar rasa bosannya di dalam mobil bisa hilang. Nah, berikut ini IDN Times akan berbagi sedikit tips untuk mengakali ketika tiba-tiba anak merasa bosan saat sedang long trip menggunakan mobil.

1. Mendengarkan musik

5 Tips untuk Mengakali Anak Bosan Ketika Road Trip Agar Kembali CeriaPexels.com/Mateusz Dach

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan jika tiba-tiba anak merasa bosan saat sedang di mobil adalah mendengarkan musik. Ketika bosan menghampirinya, putarkanlah musik kesukaannya, siapa tahu rasa bosannya akan hilang. Selain itu, kamu juga bisa bernyanyi bersama, sehingga bukan anak saja yang terhibur, tetapi juga seluruh orang di dalam mobil.

2. Berikan makanan atau cemilan kesukaannya

5 Tips untuk Mengakali Anak Bosan Ketika Road Trip Agar Kembali CeriaUnsplash.com/Oliur

Terkadang, anak-anak rewel ketika perjalanan disebabkan karena mereka merasa lapar. Jadi, sebelum kamu melakukan perjalanan, sebaiknya persiapkan dulu makanan dan minuman kesukaannya.

Tidak harus makanan berat, cukup makanan ringan yang bisa menjadi cemilan ketika di dalam mobil. Mungkin dengan makan cemilan kesukaannya sambil melihat pemandangan sekitar, rasa bosannya akan hilang.

3. Manfaatkan sosial media

5 Tips untuk Mengakali Anak Bosan Ketika Road Trip Agar Kembali CeriaPexels.com/Tracy Le Blanc

Sosial media seakan-akan menjadi suatu kebutuhan yang harus dimiliki, mulai dari anak-anak, orang dewasa, bahkan-kakek nenek pun punya sosial media pribadi. Ini juga menjadi salah satu cara yang dipakai oleh banyak orang ketika merasa bosan saat long trip menggunakan mobil, termasuk anak-anak, lho.

Menggunakan sosial media bisa menjadi solusi ketika anak merasa jenuh di dalam mobil. Dengan sosial media, mereka bisa berfoto, menonton video, atau melakukan live report perjalanan mereka. Tapi jangan lupa, gunakanlah secara bijak dan tetap awasi anak-anak ketika bermain sosial media demi kebaikannya.

4. Bermain games

5 Tips untuk Mengakali Anak Bosan Ketika Road Trip Agar Kembali Ceriawww.digitaltrends.com

Selain sosial media, bermain games juga sangat ampuh untuk mengusir rasa jenuh, lho. Cara ini juga banyak digunakan oleh anak-anak saat merasa bosan dalam perjalanan. Memang ada banyak sekali games yang bisa dimainkan dengan gadget.

Namun, alangkah baiknya menciptakan permainan kecil seperti tebak lagu, tebak kata, dan pemainan simple lainnya. Hal ini dilakukan untuk membuat anak selalu aktif berpikir sehingga rasa bosannya bisa dialihkan ke permainan yang menyenangkan.

5. Tidur

5 Tips untuk Mengakali Anak Bosan Ketika Road Trip Agar Kembali CeriaPixabay.com/rhonda_jenkins

Selain merasa lapar, biasanya anak-anak akan rewel saat mereka mengantuk. Untuk membuatnya tidur, cara-cara di atas juga bisa menjadi solusi, lho. Seperti mendengarkan musik. Ketika kamu mengetahui bahwa anak sedang mengantuk, cobalah untuk memutarkan musik penghantar tidur agar anak tidak terganggu dengan suara bising yang berasal dari luar mobil.

Itulah ke-5 tips yang bisa kamu lakukan jika anak tiba-tiba merasa bosan di dalam mobil saat melakukan long trip. Tips di atas mungkin mudah untuk dilakukan, namun sering terlupakan karena terlalu fokus memperhatikan jalan.

Baca Juga: Bahaya, Ini 9 Makanan dan Minuman yang Harus Dihindari saat Long Trip

Eko Saputro Photo Community Writer Eko Saputro

blog 1 : www.jejak-kenzie.blogspot.com (Jejak Kenzie) 《¤》 blog 2 : www.semarpedi.web.id 《¤》 blog 3 : www.penaadelia.blogspot.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You