Comscore Tracker

Begini Cara Mendeteksi Masalah Mobil Melalui Warna Asap Knalpot

Pernah melihat asap knalpot berwarna biru?

Jakarta, IDN Times - Banyak cara untuk mendeteksi masalah pada mobil, salah satunya dengan melihat warna asap yang menyembur dari knalpot. Jika kendaraan dalam kondisi sehat, asap knalpot itu seharusnya tidak mengeluarkan warna.

Sebaliknya, jika asal knalpot motor atau mobilmu berwarna, berarti ada yang tidak beres pada mesin atau sistem pembakaran kendaraanmu. Karena itu yuk kenali warna asap yang keluar dari knalpot.

1. Asap knalpot berwarna hitam

Begini Cara Mendeteksi Masalah Mobil Melalui Warna Asap Knalpotavilorentcar.com

Asap hitam yang tiba-tiba keluar dari knalpot memang sering membuat panik. Apalagi jika asapnya bergumpal-gumpal. Barangkali ada di antara kamu yang berpikir mobil tersebut bakal meledak..

Asap hitam yang muncul dari kendaraan bermesin bensin memang menandakan ada masalah pada sistem pembakarannya. Bisa jadi karena bahan bakar yang bersirkulasi di ruang pembakaran terlalu banyak, sehingga banyak yang tidak terbakar sempurna. Hal itu membuat adanya sisa pembakaran keluar melalui knalpot. Alhasil, asap knalpot mobil berwarna hitam. 

Untuk itu, segeralah membawanya ke bengkel. Jangan biarkan kejadian ini berlangsung lama. Karena jika terus dibiarkan, akan lebih merusak kendaraan kalian loh.

Baca Juga: Mengenang Motor-motor Kymco, Pionir Skutik di Tanah Air

2. Asap knalpot berwarna putih

Begini Cara Mendeteksi Masalah Mobil Melalui Warna Asap Knalpotunsplash.com/Arseny Togulev

Selain berwarna hitam, asap knalpot juga kerap berwarna putih. Ada dua jenis asap putih dari knalpot, yaitu asap putih tipis dan asap putih tebal.

Jika yang keluar dari knalpot adalah asap putih tipis, kalian tidak perlu khawatir. Sebab, proses pembakaran dan aliran pembuangan knalpot masih cukup bersih.

Namun, jika kalian melihat asap putih tebal, berarti ada masalah dalam sistem pembakaran. Penyebabnya, karena ada oli yang masuk ke ruang pembakaran.

Sebaiknya segera membawa kendaraan ke bengkel resmi. Sebab, oli itu bisa keluar lantaran ada kebocoran pada seal klep atau ring piston.

3. Asap knalpot berwarna abu-abu

Begini Cara Mendeteksi Masalah Mobil Melalui Warna Asap Knalpotunsplash.com/Noah Boyer

Warna asap knalpot mobil abu-abu ini sering terjadi ditemukan di jalan, biasanya keluar dari knalpot mobil bertransmisi otomatis. Warna abu-abu pada asap bisa mengindikasikan adanya kerusakan pada oli transmisi.

Bisa jadi jumlah oli di dalam tangki berlebih atau mengalami rembes sehingga oli di dalam sistem transmisinya berkurang. Sementara, untuk mobil pada umumnya, warna asap knalpot mobil abu-abu ini menandakan adanya kerusakan pada katup positive crankcase ventilation (PCV). Katup tersebut bisa jadi mengalami kemacetan sehingga uap dan gas yang masuk dari ruang mesin tak dapat terkontrol.

4. Asap knalpot berwarna biru

Begini Cara Mendeteksi Masalah Mobil Melalui Warna Asap Knalpotprosedan.ru

Ternyata asap knalpot mobil tidak hanya berwarna putih, abu-abu, dan juga hitam. Ada pula asap knalpot mobil yang berwarna kebiru-biruan. Hal ini ternyata menandakan bahwa ada oli yang ikut terbakar di dalam mobil mesin kalian.

Namun untuk warna asap knalpot biru, biasanya terjadi pada mesin mobil yang menggunakan turbo. Hal tersebut bisa menjadi indikasi bahwa terjadi kerusakan pada ring piston yang sudah aus, blower turbo yang sudah lama, hingga gasket yang sudah kedaluarsa.

Baca Juga: 5 Gejala Filter Oli Mobil Sudah Harus Diganti

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya