Comscore Tracker

Cara Bersihkan Mobil dari Abu Vulkanik, Jangan Asal Cuci!

Jika gak hati-hati bisa timbulkan baret

Jakarta, IDN Times - Semburan abu vulkanik gunung berapi bisa merusak tampilan mobil. Bukan hanya kotor karena tumpukan debu, bodi mobil pun dapat rusak hingga berkarat.

Untuk mengantisipasi hal ini, disarankan membersihkan mobil sesegera mungkin. Kendati demikian, terdapat cara bersihkan mobil dari abu vulkanik khusus agar bodi mobil tetap oke. Jangan lama-lama, yuk praktikkan sekarang!

Bahaya abu vulkanik pada kendaraan

Cara Bersihkan Mobil dari Abu Vulkanik, Jangan Asal Cuci!ilustrasi mobil berdebu (charmcitycirculator.com)

Abu vulkanik dapat merusak cat hingga menyebabkan korosi pada bodi mobil. Walau teksturnya menyerupai pasir, abu vulkanik sebetulnya berupa batuan kecil, kaca, dan mineral berukuran 2 milimeter atau 0,8 inci yang cukup tajam.

Tentu, hal tersebut gak bisa disepelekan. Terutama bagi pengendara yang belum tahu cara bersihkan mobil dari abu vulkanik. Tenang, apabila tengah mengalami masalah ini, kamu dapat ikuti tips dari IDN Times berikut.

1. Siramkan air bersih pada bodi mobil

Cara Bersihkan Mobil dari Abu Vulkanik, Jangan Asal Cuci!ilustrasi mencuci mobil (unsplash.com/Ethan Sexton)

Langkah pertama untuk bersihkan mobil dari abu vulkanik adalah menyiramkan air bersih secara menyeluruh ke tiap bagian mobil. Usahakan memakai air mengalir dan jangan diusap agar gak timbul baret. Saat melakukannya, pastikan abu vulkanik bersih dari bodi mobil, ya!

Baca Juga: 4 Cara Menghilangkan Goresan Pada Bodi Mobil, Bisa Pakai Pasta Gigi!

2. Gosok dengan cairan pembersih

Cara Bersihkan Mobil dari Abu Vulkanik, Jangan Asal Cuci!Ilustrasi mencuci mobil (pexels.com)

Setelah abu vulkanik hilang dari bodi mobil, basuh seluruh permukaannya dengan sabun cuci mobil. Sebaiknya, gunakan sabun dengan kadar keasaman rendah. Setelah itu bilas dan keringkan menggunakan lap micro fiber.

3. Tutup mobil dengan sarung penutup

Cara Bersihkan Mobil dari Abu Vulkanik, Jangan Asal Cuci!ilustrasi sarung mobil (xtremecoverpro.com)

Apabila sudah kering, upayakan membungkus mobil dengan sarung penutup agar debu atau abu vulkanik gak menempel kembali. Ini sangat direkomendasikan bagi pengendara yang tinggal di kawasan gunung berapi aktif. Untuk menemukannya, kamu bisa membeli di toko aksesori mobil atau toko daring.

Itulah cara bersihkan mobil dari abu vulkanik yang praktis dan mudah. Sekali lagi, pastikan memakai sampo mobil ber-Ph rendah agar bodi kendaraanmu tetap oke. Apabila butuh rekomendasi info otomotif lainnya silakan cek di IDN Times, ya!

Baca Juga: 4 Tips Memilih Tempat Cuci Mobil

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya