Comscore Tracker

5 Tanda Kampas Rem Mobil Harus Segera Diganti, Waspada!

Jangan sepelekan kondisi rem karena ini jantung mobilmu

Bagi yang ke mana-mana menyetir mobil sendiri, tentunya tak hanya lihai menyetir dan sekadar ngeng saja lho. Sebaiknya memang semua bagian mobil yang kamu operasikan setiap hari dirawat serta jika ada spare part mobil yang rusak segera diganti, termasuk kampas rem.

Seperti kita ketahui bahwa rem adalah jantungnya mobil kita. Andai rem mobil sudah gak pakem lagi atau malahan blong, hal ini bisa membahayakan nyawa penumpang dan kamu sendiri.

Ada baiknya memang, kita paham bahwa ada banyak tanda jika rem kita sudah "sakit" dan harus segera disembuhkan. Untuk itu, kenali dahulu bagaimana tanda kampas rem harus segera diganti agar bisa berjaga-jaga saat mengendarai mobilmu. Yuk, simak penjelasan di bawah ini!

1. Terdengar bunyi berdecit saat melakukan pengereman

5 Tanda Kampas Rem Mobil Harus Segera Diganti, Waspada!ilustrasi rem berdecit (Pexels.com/Mike B.)

Jika mendengar rem berdecit saat dilakukan pengereman, maka hal ini sudah pasti bahwa kampas rem mobilmu sudah aus dan layak untuk diganti. Bunyi yang mengganggu ini akan terus menerus terdengar selama kampas rem bergesekan dan tentunya ini akan membahayakan, bisa-bisa rem tidak akan berfungsi. Yuk, segera diganti kampas remnya, ya!

2. Pijakan pedal rem semakin dalam

5 Tanda Kampas Rem Mobil Harus Segera Diganti, Waspada!ilustrasi pedal rem (Pexels.com/Mikhail Nilov)

Pijakan pedal rem yang normal tentunya tidak terlalu dalam dan terasa saat rem dalam keadaan pakem saat diinjak pedalnya. Namun, saat mengerem dan pedal rem harus diinjak agak dalam, waspadalah bahwa ini tanda rem kamu bermasalah. Cek segera kampas rem mobilmu dan ganti agar tak fatal nantinya.

Baca Juga: 5 Tips Biar Rem ABS Berfungsi Maksimal

3. Kondisi rem tidak pakem seperti biasanya

5 Tanda Kampas Rem Mobil Harus Segera Diganti, Waspada!ilustrasi rem pakem (Pexels.com/Victoria Quarets)

Tanda kampas rem harus segera diganti, tentunya kondisi rem tidak pakem seperti dalam keadaan normal. Meskipun sudah dikocok-kocok pedal remnya, namun tetap saja kondisi rem tidak pakem seperti biasanya.

Hal ini tentu saja akan bahaya jika kampas rem tak segera diganti. Oleh sebab itu, cek secara berkala sebelum berkendara kondisi rem mobilmu agar tak fatal kemudian.

4. Saat melakukan pengereman roda mobil sedikit bergetar

5 Tanda Kampas Rem Mobil Harus Segera Diganti, Waspada!ilustrasi pegereman (Pexels.com/Kelly L.)

Oleh karena kampas rem sudah aus, biasanya saat melakukan pengereman roda mobil sedikit bergetar. Nah, tanda ini juga kamu harus waspadai karena bisa saja akan terjadi rem blong atau malah terdengar bunyi yang keras serta asap dari sekitar kampas rem mobilmu.

5. Munculnya serbuk gesekan di sekitar kampas rem mobil

5 Tanda Kampas Rem Mobil Harus Segera Diganti, Waspada!ilustrasi kampas rem (Pexels.com/Gustavo Fring)

Selanjutnya, tanda kampas rem harus segera diganti terlihat dengan munculnya serbuk besi akibat gesekan logam. Hal ini tentu akan sama kondisinya jika kampas rem tak segera diganti. Semakin terjadi gesekan, semakin aus kampas rem mobilmu. Serem, deh! Makanya, ganti segera, ya!

 

Nah, ada baiknya memang kita sebagai pengendara mobil setiap hari harus concern akan kondisi rem mobil kita. Sebagai jantung kendaraan yang akan membawa ke mana saja dan berharap aman sepanjang perjalanan.

Yuk, cek segera kampas rem mobilmu dan ganti segera jika sudah aus! Ingat, keselamatan adalah segalanya.

Baca Juga: Hati-hati Kampas Rem Palsu, Ini Ciri-cirinya!  

Renny Fitri Photo Verified Writer Renny Fitri

Tinggal di desa, sederhana, dan bahagia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya