Comscore Tracker

5 Alasan Wajib Cuci Motor Setelah Hujan, Gak Boleh Malas Lagi!

Yuk, gak boleh malas lagi cuci motor

Sebagian besar dari kita mungkin malas untuk mencuci motor setelah kehujanan. Meski terkesan sepele, hal ini bisa menimbulkan ketidaknyamanan, bahkan kerusakan pada motormu, lho. Memangnya, apa saja sih alasan kamu wajib cuci motor setelah hujan?

1. Komponen dari logam bisa terhindar dari karatan atau korosi

5 Alasan Wajib Cuci Motor Setelah Hujan, Gak Boleh Malas Lagi!unsplash/Jez Timms

Air hujan memang mengandung asam tinggi. Sifatnya yang korosif ini bisa menimbulkan karat pada komponen logam di motormu, misalnya saja rantai motor, velg, dan banyak lagi. Makanya, disiplinkan untuk menyemprot motormu setelah kehujanan, ya. Gak mau motor kesayanganmu jadi punya karat di beberapa bagiannya, kan?

2. Rem juga gak akan bermasalah

5 Alasan Wajib Cuci Motor Setelah Hujan, Gak Boleh Malas Lagi!unsplash/Sumit Saharkar

Jika kamu membiarkan motormu kehujanan dan gak mencucinya, bisa dipastikan lama-kelamaan rem akan bermasalah. Pasalnya, akan muncul endapan kotoran di bagian rem. Nah, hal ini nih yang bikin rem jadi cepat aus. Bahkan, bakal muncul suara berdecit juga saat roda motormu berputar. Tuh, gak enak banget, kan?

Baca Juga: 5 Tips Merawat Ban Motor biar Gak Cepat Halus, Lakukan Mulai Sekarang

3. Radiator bisa tetap menyala dan gak terganggu

5 Alasan Wajib Cuci Motor Setelah Hujan, Gak Boleh Malas Lagi!Unsplash/Sett.Sj

Jika motor kehujanan, pasti akan ada lumpur dan kotoran yang akan menempel. Nah, bahayanya bisa menimbulkan overheat karena pelepasan panas mesin terganggu. Akibat endapan kotoran di radiator ini bikin performa mesin jadi menurun, lho.

4. Gak ada water spot yang muncul di bodi kendaraanmu

5 Alasan Wajib Cuci Motor Setelah Hujan, Gak Boleh Malas Lagi!unsplash/Devon Wong

Air hujan mengandung mineral yang sangat tinggi. Terdapat juga kandungan zat besi di dalamnya. Nah, zat besi inilah yang biasanya akan menempel pada motor.

Setelah mengering akan bertransformasi menjadi water spot atau bercak. Nah, makanya, biasakan untuk mencuci motor setelah kehujanan dan mengeringkannya biar motor gak punya "panau".

5. Gigi motor bakal lebih awet

5 Alasan Wajib Cuci Motor Setelah Hujan, Gak Boleh Malas Lagi!unsplash/Silas Baisch

Pelumas di kendaraanmu juga akan larut karena terkena air hujan. Hal ini yang bikin pelumas di rantai akan luruh. Akibatnya, bakal ada suara mengganggu pada motormu. Selain itu, gigi-gigi pada gear juga bisa tergerus karena hal ini, lho.

Gimana, sekarang tahu betapa pentingnya mencuci motor setelah kehujanan, kan?

Baca Juga: Pengin Beli Motor Matic Budget Rp4 Juta? 5 Motor Ini Pilihannya!

Arkana Arkana Photo Verified Writer Arkana Arkana

Penggila buku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya