Comscore Tracker

Agar Aman dan Nyaman Pakainya, Perhatikan 7 Tips Membeli Helm Baru 

Kepala merupakan bagian vital yang penting untuk dijaga

Memakai helm ketika berkendara menggunakan sepeda motor mestinya dipahami sebagai perlindungan diri apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, bukan agar tidak mendapat surat tilang dari polisi.

Tentunya bukan hanya aspek keamanan kepala, helm yang ideal mestinya dapat memberikan rasa aman bagi pemakainya ketika digunakan. 

Nah, 7 tips berikut ini perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan membeli helm baru. Yuk, simak list selengkapnya di bawah ini. 

1. Pastikan telah dilabeli SNI dan produk asli

Agar Aman dan Nyaman Pakainya, Perhatikan 7 Tips Membeli Helm Baru Pexels.com/Sebastian Voortman

Produk yang berlabel SNI tentunya telah memenuhi standar kelayakan untuk digunakan di wilayah Indonesia. Pastikan helm incaranmu telah memiliki label ini dengan baik. Periksa dengan teliti apakah label tersebut asli atau hanya tempelan saja.

Membeli produk original dapat memberikan jaminan yang lebih ketimbang helm yang dubuat asal-asalan tanpa mempertimbangkan keselamatan pemakainya. Berbagai merek yang sudah terkenal, baik yang dijual baik di situs online resminya maupun di toko fisik yang terpercaya, bisa kamu kunjungi untuk membeli helm idamanmu.

2. Sesuaikan dengan ukuran kepala dan kebutuhanmu

Agar Aman dan Nyaman Pakainya, Perhatikan 7 Tips Membeli Helm Baru Pexels.com/Vincent Gerbouin

Helm yang terlalu besar dapat berakibat pada tidak stabilnya posisi helm di kepalamu, demikian juga helm yang terlalu sempit kamu pakai dapat menyebabkan kepala terasa gatal dan gerah.

Oleh karena itu, pastikan helm yang kamu incar telah sesuai dengan ukuran kepalamu, tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar. Pastikan ketika kamu pakai, terasa nyaman dan sedikit longgar di kepalamu agar sirkulasi udara tetap terjaga.

Selain itu, pastikan helm yang akan kamu beli sudah sesuai dengan kebutuhanmu saat ini. Tentunya, helm bogo tidak cocok untuk kamu gunakan menjelajah area perbukitan dengan motor trail. Demikian juga dengan helm full face cocok digunakan bersama dengan motor sport.

Agar Aman dan Nyaman Pakainya, Perhatikan 7 Tips Membeli Helm Baru Pexels.com/Sms467

3. Pilih yang punya fitur keamanan lebih dan kaca anti silau

Agar Aman dan Nyaman Pakainya, Perhatikan 7 Tips Membeli Helm Baru Pexels.com/Pixabay

Helm dengan fitur anti maling tentunya dapat membuat kamu tidak perlu merasa was-was ketika meninggalkannya di bagasi motor dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, dengan fitur ini, dijamin maling kapok mendekati motormu lagi untuk mencuri helm kesayanganmu.

Agar kenyamanan penglihatanmu tetap terjaga selama berkendara baik di siang hari maupun malam hari, sebaiknya pilih helm yang memiliki kaca bening agar malam hari tidak menyulitkan untuk melihat dan kaca hitam seluas area mata untuk menhindari silaunya terik matahari di siang hari.

Baca Juga: Inilah 5 Tips Agar Kaca Helm Milikmu Tetap Jernih Saat Musim Hujan

4. Periksa kekuatan bahan penyusun helm incaranmu

Agar Aman dan Nyaman Pakainya, Perhatikan 7 Tips Membeli Helm Baru Pexels.com/Pixabay

Kamu bisa mengetuk-ngetuk helm yang kamu incar untuk mengetes kekuatan material penyusun helm tersebut. Pastikan area helm bagian atas terasa kokoh sehingga mampu menahan berbagai goncangan ketika terjadi hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, area helm di bagian telinga yang elastis namun tetap kuat tentunya mampu memberikan perlindungan yang maksimal kepada telingamu ketika kamu mengalami hal yang sebaiknya tidak pernah terjadi.

5. Busa yang empuk dan jahitan kain yang rapi serta mudah dibersihkan patut kamu perhatikan

Agar Aman dan Nyaman Pakainya, Perhatikan 7 Tips Membeli Helm Baru Pexels.com/Oleg Magni

Tekan busa helm incaranmu untuk memastikan kenyamanannya ketika kamu gunakan nanti dalam jangka waktu yang lama. Pastikan busanya empuk sekaligus dapat bertahan lama meskipun dicuci secara rutin.

Selain itu, jahitan kain pada helm yang rapi menandakan jika produk tersebut dibuat sedetail mungkin untuk kenyamanan dan keamanan pemakainya. Bahan kain yang mudah dibersihkan juga bisa kamu pertimbangkan agar tidak kesulitan untuk mengatasi jika ada noda yang melekat.

6. Pastikan baut pengait helm dengan kacanya tidak mudah rusak

Agar Aman dan Nyaman Pakainya, Perhatikan 7 Tips Membeli Helm Baru Pexels.com/Mixu

Agar di kemudian hari helm kesayanganmu tidak memiliki kaca yang selalu turun-naik saat di jalan, pastikan helm yang kamu incar memiliki baut pengait yang kuat serta mudah diganti, diperbaiki atau diatur ketika terjadi kerusakan.

7. Cari informasi dari pengguna lain yang telah memakainya

Agar Aman dan Nyaman Pakainya, Perhatikan 7 Tips Membeli Helm Baru Pexels.com/Mansoor

Saran dari orang lain yang telah memakai produk tersebut tentunya sebuah informasi yang tidak boleh kamu lewatkan. Gali sebanyak mungkin tentang helm yang ingin kamu miliki juga dan mantapkan pilihanmu.

Nah, sudah siap memiliki helm idaman yang mampu memberikan keamanan dan kenyamanan ekstra ?

Baca Juga: 5 Trik Mudah Membersihkan Helm Basah Tanpa Bantuan Laundry, Yuk Coba!

Irvin Photo Community Writer Irvin

Love what you do

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You