Comscore Tracker

Perbedaan Karburator dan Injeksi pada Motor yang Perlu Diketahui

Injeksi bikin irit?

Jakarta, IDN Times - Sepeda motor keluaran terbaru paling banyak menggunakan sistem pengabutan injeksi. Pabrikan memilih sistem untuk membuat motor semakin irit.

Meski begitu, masih ada beberapa motor keluaran terbaru yang menggunakan karburator. Sebagai contoh, Kawasaki KLX 150 dan W 175.

Masih banyak perbedaan pendapat terkait kelebihan serta kekurangan dari karburator dan injeksi. Sebelum memperdebatkan, ada baiknya simak ulasan perbedaan karburator dan injeksi berikut ini!

1. Cara kerja pengabutan

Perbedaan Karburator dan Injeksi pada Motor yang Perlu DiketahuiDok. IDN Times/IStimewa

Baca Juga: 5 Modifikasi Murah Pendongkrak Perfoma Motor Karburator

Karburator memiliki bentuk besar yang terlihat jelas saat melongok ke area mesin. Sistem karburator mengandalkan gerak naik-turun piston untuk menggerakan skep karbu.

Cara kerja tersebut sangat berbeda dengan injeksi. Model ini m menggunakan electronic control unit (ECU) yang mengatur jumlah semprotan bahan bakar melalui injektor.

2. Konsumsi bahan bakar

Perbedaan Karburator dan Injeksi pada Motor yang Perlu Diketahuiastra-honda.com

Keberadaan ECU pada injeksi dapat membuat bahan bakar yang disempotkan presisi. Bahan bakar tersebut menjadi partikel kecil yang mudah terbakar.

Sehingga, konsumsi bahan bakar mesin injeksi pun akhirnya lebih efisien jika dibandingkan karburator. Sebab proses pengabutan pada karburator mengandalkan vakum udara di ruang bakar.

3. Perawatan

Perbedaan Karburator dan Injeksi pada Motor yang Perlu DiketahuiPelindung mesin Vixion. (yamaha-motor.co.id)

Perawatan karburator lebih mudah dibandingkan injeksi. Peralatan bengkel sederhana bisa dipergunakan untuk memperbaiki maupun membersihkan karburator.

Komponen karburator pun lebih murah, karena lebih sederhana dibadingkan injeksi.

Sementara itu, injeksi tidak bisa diperbaiki dengan alat sederhana. Perlu montir profesional dan peranti elektronik untuk memperbaikinya.

Baca Juga: 4 Tips Merawat Motor Injeksi, Biar Performanya Terjaga

Topic:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya