Comscore Tracker

Noken As Motor: Fungsi, Cara Kerja, dan Penyebab Kerusakan

Hanya ada pada motor empat tak

Jakarta, IDN Times - Komponen noken as atau camshaft berperan dalam menentukan hidup matinya mesin motor. Bagian ini merupakan spare part khusus pada kendaraan roda dua dengan spesifikasi empat tak. Letaknya ada di bagian penghubung mesin dengan bahan bakar. 

Di sisi lain, noken as memiliki sejumlah fungsi, salah satunya adalah mengontrol bagian yang tak beres pada kendaraan. Lebih lanjut, ketahui informasi terkait noken as di bawah ini.

Fungsi Noken As

Noken As Motor: Fungsi, Cara Kerja, dan Penyebab Kerusakanchamshaft (autochimps.com)

Fungsi utama noken as adalah mengatur pasokan bahan bakar pada ruang bakar untuk menghasilkan tenaga. Sebab itulah, keoptimalan tenaga yang dihasilkan tergantung pada komponen ini. Walau fungsinya krusial, tapi noken as gak bisa bekerja sendiri. Bagian motor ini pun perlu berhubungan dengan komponen lainnya. 

Cara kerja noken as

Noken As Motor: Fungsi, Cara Kerja, dan Penyebab Kerusakancamshaft (sandvik.coromant.com)

Secara umum, cara kerja noken as adalah menggerakkan klep dengan mendorong dua tonjolan yang digerakkan rantai keteng. Nantinya, klep secara otomatis akan terbuka apabila noken as. Pada saat itulah, udara serta bahan bakar dapat masuk ke ruang bakar.

Selanjutnya, komponen tonjolon lain akan mendorong klep ex. Nah, saat klep ex terdorong inilah, gas sisa pembakaran dibuang. Seterusnya, kinerja noken as ini terus berulang. Ketika klep in terbuka, bahan bakar masuk ke ruang bakar, maka tenaga mesin dapat dihasilkan.

Baca Juga: Camshaft Mobil: Fungsi, Cara Kerja, dan Komponennya

Pengaruh noken as pada performa mesin

Noken As Motor: Fungsi, Cara Kerja, dan Penyebab Kerusakanilustrasi Komponen Mesin Motor (pexels.com/Phong Nguyen)

Seperti yang diketahui, noken as adalah komponen yang berpengaruh pada pergerakan buku dan tutup klep. Terutama, untuk masuknya bahan bakar ke ruang bakar. Untuk itu, hasil kinerja mesin sangat dipengaruhi oleh noken as. 

Meski begitu, modifikasi pada noken as masih bisa dilakukan. Kuncinya, terletak pada  pemasangan alat yang akan menghasilikan timing buka dan tutup. 

Penyebab kerusakan noken as

Noken As Motor: Fungsi, Cara Kerja, dan Penyebab Kerusakancamshaft atau noken as (carthrottle.com)

Meski fungsinya begitu penting, noken as tetap berpotensi mengalami kerusakan. Bahkan, kerusakan pada komponen ini sangat sering terjadi. Gak heran, jika noken as cukup sering diganti baru.

Seperti yang kamu tahu, noken as hanya digunakan pada motor empat tak. Jenis motor ini, butuh empat kali tahapan untuk menggerakkan piston pada satu periode pembakaran. Artinya, ini juga akan memberatkan kinerja noken as, sehingga potensi kerusakan pasti ada. 

Nah, itulah ulasan singkat mengenai spare part noken as yang penting pada motor. Selain ini, temukan informasi otomotif lainnya di IDN Times dengan penjelasan yang lengkap.

Baca Juga: Ball Joint Mobil: Fungsi, Bagian, dan Penyebab Kerusakannya

Topic:

  • Putri Intan Nur Fauziah
  • Lea Lyliana

Berita Terkini Lainnya