Comscore Tracker

5 Alasan Penting Melakukan Riset Pasar Sebelum Berbisnis

Alasan ini diungkapkan Startup Sampingan

Jakarta, IDN Times - Dalam membangun sebuah bisnis, tidak hanya diperlukan keterampilan dan pengetahuan terhadap produk yang akan dipasarkan, tetapi juga pada calon konsumen yang akan menjadi target pasar. 

Target pasar tersebut dapat ditentukan melalui banyak hal, salah satu cara awalnya adalah melakukan riset pasar terlebih dahulu. Cara ini menjadi penting untuk membangun fundamental target pasar nantinya. 

Taris Adani selaku Head of Business: Market Research & Crowdsourcing Marketing Sampingan, platform solusi manajemen tenaga kerja yang komprehensif, mengatakan pasar adalah salah satu faktor penentu berkembangnya bisnis. 

“Berkembangnya sebuah bisnis sangat dipengaruhi oleh pasar, karena di sanalah produk atau layanan akan ditawarkan ke konsumen,” kata dia.

Berikut lima alasan pentingnya melakukan riset pasar sebelum berbisnis menurut Taris Adani, Head of Business: Market Research & Crowdsourcing Marketing Startup Sampingan yang diungkapkan pada, Kamis (9/9/2021).

Baca Juga: Tips Memilih Rekan Bisnis yang Tepat, Jangan Sampai Menyesal!

1. Menambah peluang baru

5 Alasan Penting Melakukan Riset Pasar Sebelum BerbisnisIlustrasi Penelitian/Riset (IDN Times/Aditya Pratama)

Alasan melakukan riset pasar pertama adalah riset pasar bisa menambah peluang untuk mendapatkan omzet serta keuntungan lebih besar. 

“Peluang baru ini bukan hanya sebatas pada pasar lokal saja melainkan tidak menutup kemungkinan juga pengembangan pasar ke daerah lain maupun ke luar negeri," kata Tariz.

2. Mempelajari kebutuhan dan permintaan pasar

5 Alasan Penting Melakukan Riset Pasar Sebelum BerbisnisIlustrasi Penelitian/Riset (IDN Times/Aditya Pratama)

Melalui riset pasar juga, pelaku usaha bisa mengetahui apa yang dibutuhkan konsumen dalam jumlah cukup besar. Ini akan menjadi peluang bagi perusahaan untuk menambah omzet dan keuntungan.

“Oleh karenanya riset terhadap pasar dibutuhkan sebelum melakukan bisnis untuk memastikan bahwa produk atau layanan yang akan ditawarkan sesuai dengan kebutuhan di pasar,” ujar Taris.

3. Mempelajari karakter calon konsumen

5 Alasan Penting Melakukan Riset Pasar Sebelum BerbisnisIlustrasi Penelitian/Riset (IDN Times/Aditya Pratama)

Ketika sudah mengetahui kebutuhan dan permintaan pasar, pelaku usaha selanjutnya juga akan mengetahui lebih dalam mengenai bagaimana karakter konsumen yang menjadi target pasar dari adanya riset pasar ini. 

“Dengan lebih mengenal karakter konsumen maka perusahaan akan mengetahui apa yang diinginkan pasar sehingga bisa memberikan pelayanan dan juga produk yang sesuai. Tak hanya itu, mengenal karakter dari konsumen dan target pasar juga berfungsi untuk membantu pelaku usaha ataupun perusahaan menemukan lokasi yang tepat untuk menjalankan bisnisnya,” kata Taris.

4. Mempelajari strategi kompetitor

5 Alasan Penting Melakukan Riset Pasar Sebelum BerbisnisIlustrasi (IDN Times/Aditya Pratama)

Tidak hanya untuk calon konsumen, adanya kompetisi dalam dunia bisnis ini membuat pelaku usaha harus mengetahui apa yang dilakukan kompetitor dalam bisnisnya. 

Untuk itu, riset pasar dilakukan dalam rangka mempelajari dan menganalisis strategi apa yang digunakan oleh kompetitor dalam menjual produknya. Jadi, pelaku usaha dapat menyusun strategi yang lebih baik untuk bersaing.

5. Dapat mempelajari dan mengetahui kendala serta risiko

5 Alasan Penting Melakukan Riset Pasar Sebelum BerbisnisIlustrasi (IDN Times/Arief Rahmat)

Alasan pentingnya melakukan riset pasar yang terakhir adalah bisa mengetahui dan mempelajari kendala, serta risiko secara garis besar dari adanya target pasar tersebut.

Perusahaan atau pun bisnis yang telah memperhitungkan dengan cermat apa saja kendala dan risiko yang mungkin dihadapi, akan lebih mampu bertahan. Berbagai macam risiko dan kendala yang mungkin muncul saat bisnis berjalan bisa diketahui dengan melakukan riset pasar. 

Baca Juga: 7 Tips Berbisnis Frozen Food, Banyak Diburu Kala PPKM Darurat!

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya