Comscore Tracker

Ramadan di Tengah Corona, Tenang Kementan Jamin Stok Pangan Aman

Harga juga dijamin akan stabil

Jakarta, IDN Times - Menjelang ramadan, Kementerian Pertanian memastikan ketersediaan stok dan harga pada komoditas pangan aman dan stabil.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Kementerian Pertanian, Agung Hendriadi, mengatakan, berdasarkan perkiraan ketersediaan pangan, neraca beras hingga Juni 2020 mengalami surplus sebesar 6,4 juta ton.

"Sedangkan komoditi lainnya juga surplus seperti jagung 1 juta ton, bawang merah 330 ribu ton, cabai besar 27 ribu ton, cabai rawit 68 ribu ton, dan daging ayam ras 306 ribu ton," katanya melalui keterangan tertulis yang diterima, Kamis (23/4).

1. Berikut data stok pangan saat ini

Ramadan di Tengah Corona, Tenang Kementan Jamin Stok Pangan AmanIlustrasi petani menanam padi di area persawahan. ANTARA FOTO/Arnas Padda

Baca Juga: Asosiasi Pedagang: Stok Pangan Aman untuk Satu Bulan ke Depan

Dia menjelaskan, hingga saat ini stok beras mencapai 3,4 juta ton. Rinciannya, yang ada di Bulog sebesar 1,4 juta ton, di penggilingan 1,2 juta ton, di pedagang 728 ribu ton, Pasar Induk Beras Cipinang (PIBC) 26 ribu ton dan di Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) sebanyak 2.939 ton.

"Jadi, dari hitung-hitungan yang kami lakukan, ketersediaan cukup dan harga stabil," ujarnya.

Kendati begitu, dia mengatakan, masalah distribusi harus diwaspadai agar ke depan tidak ada kendala yang dihadapi.

"Untuk itu kami telah bekerjasama dengan kementerian lain, termasuk Satgas Pangan,"ujarnya.

2. Provinsi yang mengalami kelebihan pangan disarankan menyalurkan ke daerah yang kekurangan

Ramadan di Tengah Corona, Tenang Kementan Jamin Stok Pangan AmanIDN Times/ Muchammad Haikal

Sebagai contoh, lanjut Agung, apabila ada provinsi yang kekurangan bawang merah, sementara ada provinsi lain yang mengalami surplus, maka bawang tersebut bisa dipindahkan untuk disalurkan pada lokasi yang membutuhkan.

"Dalam kondisi saat ini meski penerapan PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar), namun angkutan logistik tidak dilarang, tapi kontrol terus dilakukan untuk memperlancar distribusi," ujarnya.

3. Kementan akan memperlancar distribusi agar harga pangan terjangkau

Ramadan di Tengah Corona, Tenang Kementan Jamin Stok Pangan AmanSituasi di kawasan Pasar 16 Ilir Palembang (IDN Times/Feny Maulia Agustin)

Dia pun menjamin bahwa upaya memperlancar distribusi akan dilakukan demi menjamin ketersediaan pangan dengan harga terjangkau.

Untuk itu dia meminta kepada seluruh Kepala Dinas Pangan provinsi, agar serentak melakukan operasi pasar murah menghadapi Ramadhan dan Idul Fitri.

Baca Juga: Jelang Musim Panen, Stok Pangan Diharapkan Terpenuhi Selama  Ramadan

Topic:

  • Auriga Agustina
  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya