Comscore Tracker

Kementerian ESDM Bakal Ingatkan Pertamina soal Bisnis SPBU Mini

ESDM menerima masukkan dari komisi VII DPR RI

Jakarta, IDN Times - Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM, Tutuka Ariadji menjawab masukkan dari anggota komisi VII DPR RI untuk Pertamina Shop (Pertashop). Tutuka memastikan bahwa pemerintah akan mengingatkan Pertamina tentang tujuan dari kehadiran Pertashop.

"Saya akan pastikan ke Pertamina tujuannya tadi untuk tidak semata-mata ke arah peningkatan profit dari Pertamina tapi justru ke akses, keadilan," ujarnya dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VII DPR dengan Dirjen Migas, Senin (24/5/2021).

Baca Juga: SPBU Mini Pertamina Hanya Jual Pertamax, DPR: Jaka Sembung Naik Ojek!

1. Dirut Pertamina tidak hadir dalam rapat

Kementerian ESDM Bakal Ingatkan Pertamina soal Bisnis SPBU Mini(Dirut Pertamina Nicke Widyawati saat meninjau lokasi proyek pembangunan Kilang Pertamina GRR Tuban, Sabtu (30/11)) IDN Times/Imron

Seharusnya, rapat tersebut juga ikut dihadiri oleh Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati. Sayangnya, dia tidak bisa hadir dalam rapat tersebut.

Oleh karena itu, sejumlah anggota DPR meminta Dirjen ESDM selaku regulator untuk mengingatkan Pertamina tentang tujuan dari Pertashop.

"Saya akan pastikan ke Pertamina untuk menggarisbawahi sesungguhnya (Pertashop) seperti apa (tujuannya). Kami sarankan bukan semata-mata untuk meningkatkan profit," tuturnya.

2. ESDM setuju agar Pertashop tak hanya menjual Pertamax

Kementerian ESDM Bakal Ingatkan Pertamina soal Bisnis SPBU MiniOperator Pertashop menyapa pengendara sepeda motor yang hendak mengisi BBM. IDN Times/Debbie Sutrisno

Selain itu, Tutuka juga sepakat tentang masukkan dari DPR terkait penjualan produk BBM di Pertashop. Menurut Tutuka, Pertamina juga perlu menjual BBM jenis Pertalite.

"Jadi mengharapkan jangan Pertamax. kan memang pernah juga dengan direktur patra niaga (Pertamina). Pertalite ini memang bisa untuk menggantikan premium secara smooth lah," ucapnya.

Baca Juga: Konsumsi BBM Gasoline Naik tapi Gasoil Turun? Pertamina Bilang Ini

3. Pertamina ingin biasakan masyarakat menggunakan bensin yang ramah lingkungan

Kementerian ESDM Bakal Ingatkan Pertamina soal Bisnis SPBU MiniIlustrasi pengisian BBM di SPBU. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa

Pada Maret 2020 lalu, Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Ma'sud Khamid mengatakan bahwa Pertashop hanya akan menjual satu jenis BBM, yakni Pertamax. Upaya ini dilakukan agar masyarakat terbiasa menggunakan BBM yang lebih ramah lingkungan.

“Kami ingin membiasakan masyarakat agar memakai bensin dengan potensi emisi yang lebih ramah lingkungan. Karena harapan kami adalah masyarakat bisa menerima layanan BBM dengan kualitas yang bagus, takaran yang benar dan harga yang sama dengan di SPBU,” ujarnya saat itu.

Sebagai informasi, Pertashop (Pertamina Shop) adalah outlet penjualan Pertamina berskala tertentu yang dipersiapkan untuk melayani kebutuhan konsumen BBM non subsidi, LPG nonsubsidi, dan produk ritel Pertamina lainnya dengan mengutamakan lokasi pelayanannya di desa atau di kota yang membutuhkan pelayanan produk ritel Pertamina.

Baca Juga: Tertarik Jadi Mitra Pertamina dengan Usaha Pertashop? Begini Caranya

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya