Comscore Tracker

[CEK FAKTA] Prabowo Bilang Tax Ratio Indonesia Kalah dari Malaysia 

Kalah juga sama Thailand dan negara ASEAN lainnya

Jakarta, IDN Times – Dalam debat pamungkas Pilpres 2019, calon presiden nomor urut 01 Prabowo Subianto mengatakan tax ratio Indonesia sekarang ini turun menjadi 10 persen. Padahal menurutnya di tahun 1997, tax ratio Indonesia mencapai 16 persen.

Ia lalu menyandingkan tax ratio Indonesia dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand yang punya tax ratio 19 persen.

“Tahun 97 waktu waktu orde baru Indonesia sempat tax ratio nya 16 persen sekarang merosot jadi 10 persen berarti kita kehilangan kurang lebih 60 miliar dollar tiap tahun. Apa langkah konkret ini sebetulnya Malaysia dan Thailand tax ratio nya sudah 19 persen dan mereka melaksanakan program pakai information technology,” kata Prabowo di Hotel Sultan, Senayan, Sabtu (13/4).

Benarkah demikian?

Faktanya, menurut Ditjen Pajak Kementerian Keuangan RI pada 2015 tax ratio di Indonesia saat ini baru sebesar 10,4 persen, lebih rendah dari sejumlah negara di Asean seperti Thailand sebesar 15,7 persen, Kamboja 15,3 persen, Singapura 14,3 persen, Malaysia 13,8 persen, dan Filipina 13,7 persen.

Baca Juga: [CEK FAKTA] Prabowo Klaim Tax Ratio Saat Orde Baru yang Tertinggi

[CEK FAKTA] Prabowo Bilang Tax Ratio Indonesia Kalah dari Malaysia IDN Times/Arief Rahmat

Topic:

  • Anata Siregar

Just For You