Comscore Tracker

7 Manfaat Email Marketing untuk Bisnis Pemula, Wajib Coba!

Tak kalah potensial dari media sosial

Memanfaatkan digital marketing untuk mengembangkan perusahaan di era digital menjadi aspek yang tidak boleh dilewatkan pebisnis. Selain melalui media sosial, strategi pemasaran ini dapat diterapkan lewat email marketing.

Email marketing merupakan salah satu digital marketing channel yang fokus mengirimkan informasi komersial lewat media email dengan tujuan mengarahkan calon pelanggan untuk bertransaksi dan menjadi pelanggan setia brand tertentu.

Meski terbilang jadul dibandingkan platform media sosial, email marketing terbukti efektif untuk meningkatkan kinerja marketing. Selain memasang iklan, email marketing juga menjadi solusi untuk melakukan promosi, dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.  

Bisa dipergunakan bisnis besar maupun pemula, simak tujuh manfaat email marketing yang tak kalah potensial dibandingkan media sosial berikut ini.

Baca Juga: 8 Jenis Email Marketing yang Cocok untuk Bisnis Online

1. Memperoleh data pelanggan

7 Manfaat Email Marketing untuk Bisnis Pemula, Wajib Coba!Memperoleh data pelanggan sebagai manfaat email marketing (pexels.com/burst)

Salah satu manfaat email marketing yang utama adalah memudahkan bisnis memperoleh data pelanggan. Meski terbilang sepele, data pelanggan merupakan sampel untuk melakukan riset dan menganalisa perilaku konsumen sehingga bisnis bisa menyajikan konten yang lebih menarik dan menyusun strategi untuk meraih tujuan tertentu.

Dengan memanfaatkan fitur berlangganan newsletter atau buletin yang disediakan email marketing, perusahaan bisa dengan mudah mendapatkan data pelanggan yang sejatinya bersifat rahasia ini.

Tak hanya alamat email, kamu juga bisa memperoleh informasi pribadi pelanggan dengan memodifikasi form newsletter. Yang terpenting, tawarkan keuntungan lebih, misalnya voucer diskon atau cashback guna menarik minat pelanggan untuk mengisi formulir.

2. Menjaga relasi dengan pelanggan

7 Manfaat Email Marketing untuk Bisnis Pemula, Wajib Coba!Menjaga relasi dengan pelanggan sebagai manfaat email marketing (pexels.com/kampus)

Manfaat email marketing berikut ini berkaitan dengan Customer Relation Management (CRM). Tak sedikit bisnis pemula yang melewatkan strategi ini karena dinilai sulit dan menguras dompet. Padahal, CRM dapat dikembangkan melalui email marketing.

Manfaat email marketing ini membantumu dalam menyeleksi pelanggan lama dan mengirimkan hadiah berupa voucher diskon dengan ketentuan berlaku. Uniknya, email marketing yang kamu kirimkan akan masuk ke inbox mereka sehingga berpeluang dibaca secara langsung oleh pelanggan.

Baca Juga: 8 Skill Admin Online Shop yang Perlu Kamu Kuasai, Auto Direkrut!

3. Media promosi

7 Manfaat Email Marketing untuk Bisnis Pemula, Wajib Coba!Media promosi sebagai manfaat email marketing (pexels.com/ketut-subiyanto)

Tak sedikit bisnis pemula yang memanfaatkan email marketing sebagai media promosi ekonomis. Hal ini tentunya berkaitan dengan masalah biaya di mana arus kas perusahaan yang belum terlalu kuat dan minimnya dana investor.

Manfaat email marketing ini jauh lebih efisien dibandingkan memasang iklan di tempat umum atau mencetak brosur. Tak cuma itu, banyaknya pelanggan yang aktif menggunakan email memperbesar peluang email marketing yang kamu kirimkan direspon.

4. Mengukur hasil promosi

7 Manfaat Email Marketing untuk Bisnis Pemula, Wajib Coba!Media promosi sebagai manfaat email marketing (pexels.com/georgemorina)

Seperti media sosial, email marketing juga memberikan laporan kinerja promosi. Kamu bisa mengukur promosi yang kamu buat dengan melihat open rate, conversion rate dan unsubscribe rate. Tak hanya memudahkanmu melihat hasil strategi marketing yang kamu jalankan, manfaat email marketing ini juga memungkinkanmu menganalisa aspek yang perlu ditingkatkan atau diperbaiki dari strategi yang telah diterapkan.

Baca Juga: 9 Strategi Retargeting Ads untuk Kembangkan Bisnis, Cobain!

5. Media survei

7 Manfaat Email Marketing untuk Bisnis Pemula, Wajib Coba!Media survei sebagai manfaat email marketing (pexels.com/kindelmedia)

Mengembangkan bisnis bisa diawali melalui survey guna mendukung data yang ada. Hanya saja, tak sedikit bisnis yang mengabaikan tahap ini karena dinilai tidak praktis erta memerlukan waktu, biaya, dan energi yang tidak sedikit. Menyewa jasa pihak ketiga untuk menyelenggarakan survei juga bukan menjadi alternatif yang banyak diminati.

Solusinya, kamu bisa menggunakan email marketing sebagai media survei, terlebih bila pelanggan memenuhi kriteria responden yang dibutuhkan. Manfaat email marketing ini memudahkanmu mengirimkan kuesioner dan menawarkan hadiah pada pelanggan yang bersedia berpartisipasi sebagai responden. 

6. Media komunikasi dua arah

7 Manfaat Email Marketing untuk Bisnis Pemula, Wajib Coba!Media komunikasi dua arah sebagai manfaat email marketing (pexels.com/olly)

Tak hanya sebagai media survei, email marketing juga dapat dimanfaatkan sebagai media komunikasi dua arah dengan pelanggan. Manfaat email marketing ini terkesan hampir sama seperti media sosial. Bedanya, berkomunikasi melalui email memberikan kesan lebih profesional meski bisnis yang kamu jalankan baru saja dirintis.   

Baca Juga: 10 Cara Brainstorming Bisnis yang Efektif, Sesuaikan dengan Tujuan!

7. Media rekam jejak

7 Manfaat Email Marketing untuk Bisnis Pemula, Wajib Coba!Media rekam jejak sebagai manfaat email marketing (pexels.com/cottonbro)

Manfaat email marketing yang relatif krusial selanjutnya adalah sebagai media rekam jejak. Rekam jejak menyimpan seluruh aktivitas promosi maupun percakapan antara bisnis dan pelanggan selama kamu tidak menghapusnya. Dengan begitu, bila terjadi kekeliruan dengan pelanggan, kamu bisa meluruskan kesalahpahaman dengan menggunakan data yang terekam di email marketing.

Itulah tujuh manfaat email marketing yang penting diketahui bisnis pemula. Email marketing membuka peluang untuk meningkatkan kinerja perusahaan meski bisnismu tergolong baru dan berskala kecil. 

Baca Juga: 7 Cara Mempertahankan Pelanggan secara Mudah, Diskon Saja Gak Cukup!

Topic:

  • Bella Manoban
  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya