Comscore Tracker

Jokowi: Transisi Ekonomi Hijau Harus Dimanfaatkan dalam G20 dan B20

Jokowi minta Indonesia manfaatkan peluang

Jakarta, IDN Times - Presiden Joko “Jokowi” Widodo mengatakan Indonesia harus memanfaatkan tiga peluang utama dalam G20 dan B20. Salah satu yang disebutkan Jokowi adalah transisi menuju ekonomi hijau.

“Pertama, transisi menuju green economy. Kedua, tren digital ekonomi yang semakin pesat. Dan yang ketiga perbaikan arsitektur kesehatan global yang lebih responsif dalam menghadapi pandemik global,” kata Jokowi dalam sambutannya di acara B20 Indonesia Inception Meeting 2022, Kamis (27/1/2022).

Baca Juga: Ini 3 Tema Ekonomi Digital yang Diusung di G20 Presidensi Indonesia

1. Jokowi sebut pandemik ajarkan Indonesia manfaatkan peluang tumbuh lebih baik

Jokowi: Transisi Ekonomi Hijau Harus Dimanfaatkan dalam G20 dan B20Presiden Jokowi dalam acara B20 Indonesia Inception Meeting 2022 pada Kamis (27/1/2022). (youtube.com/B20 Indonesia 2022)

Jokowi menuturkan pandemik COVID-19 mengajarkan Indonesia untuk memanfaatkan peluang agar bisa tumbuh lebih baik. Menurutnya, peluang tersebut juga harus dilakukan agar mewujudkan tata kelola dunia yang lebih adil.

“Kita harus memanfaatkan peluang ini untuk mewujudkan tata kelola dunia yang lebih adil, yang memberikan kesejahteraan dan kemakmuran, dan menjamin ekonomi yang lebih inklusif dan berkelanjutan,” ujar Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Sampaikan 3 Prioritas Presidensi G20 RI di Forum Ekonomi Dunia

2. Jokowi ajak negara-negara di G20 dan B20 untuk berkolaborasi ciptakan terobosan dan aksi nyata

Jokowi: Transisi Ekonomi Hijau Harus Dimanfaatkan dalam G20 dan B20Presiden Jokowi dalam acara B20 Indonesia Inception Meeting 2022 pada Kamis (27/1/2022). (youtube.com/B20 Indonesia 2022)

Selain itu, mantan Wali Kota Solo ini juga menyebut bahwa Presidensi G20 mengajak negara-negara yang tergabung dalam G20 dan B20 untuk berkolaborasi menciptakan terobosan-terobosan dan aksi nyata. Hal itu menurut Jokowi penting dilakukan guna berkontribusi besar bagi pemulihan ekonomi global.

“Sejalan dengan fokus utama Presidensi G20 Indonesia, ada tiga hal peluang utama yang perlu kita manfaatkan,” jelas dia.

Baca Juga: Gokil! RI Butuh Rp745 Triliun per Tahun untuk Genjot Ekonomi Hijau 

3. Jokowi sebuah transisi ekonomi hijau merupakan tanggung jawab besar

Jokowi: Transisi Ekonomi Hijau Harus Dimanfaatkan dalam G20 dan B20Presiden Joko "Jokowi" Widodo (Dok. Biro Pers Sekretariat Negara)

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan, transisi menuju ekonomi hijau yang berkelanjutan merupakan tanggung jawab besar sekaligus berikan peluang yang besar juga. Jokowi melanjutkan, potensi di sektor energi terbarukan harus diikuti oleh skenario dan peta jalan yang jelas, termasuk pendanaan dan investasi.

“Indonesia memiliki potensi energi baru terbarukan sebesar 418 giga watt, baik yang bersumber dari air, panas bumi, angin, maupun matahari. Indonesia memiliki kekayaan sumber daya logam yang dibutuhkan untuk mendorong transisi menuju ekonomi hijau yang berkelanjutan,” ucap Jokowi.

Topic:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya