Comscore Tracker

Saldo: Pengertian, Macam-Macam, dan Cara Cek Saldo Rekening

Ada saldo debit dan kredit

Istilah saldo mungkin sudah tak lagi asing terdengar di telinga kamu karena memang sering dijumpai di banyak tempat. Namun, istilah ini sebenarnya mempunyai pengertian atau definisi yang luas apabila ditempatkan pada bidang tertentu.

Nah, pada artikel ini, IDN Times akan membahas saldo dalam dunia perbankan. Mulai dari pengertian, macam-macam, hal-hal yang masih berkaitan erat dengan saldo, hingga cara cek saldo rekening lewat mobile banking maupun mesin ATM. Simak artikel ini sampai selesai, ya!

1. Uang saldo bank dalam rekening

Saldo: Pengertian, Macam-Macam, dan Cara Cek Saldo RekeningTwitter.com/saeroei

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), istilah saldo memiliki pengertian umum, yaitu selisih (antara uang yang masuk dan yang keluar) dan sisa. Dalam dunia perbankan, biasanya saldo diartikan sebagai jumlah uang yang tersedia. 

Jadi, kamu bisa disebut memiliki saldo kalau kamu bisa memastikan di rekening atau tabungan bank milikmu ada sejumlah uang yang tersedia, ya.

2. Perbedaan cek, wesel, dan kartu kredit

Saldo: Pengertian, Macam-Macam, dan Cara Cek Saldo Rekeninghttps://www.tagar.id

Di dunia perbankan ada beberapa produk atau istilah yang juga sering digunakan, seperti cek, wesel, dan kartu kredit. Lalu ternyata saldo juga masih berhubungan dengan bidang cek dan wesel, lho. Hubungan atau kaitan yang dimaksud adalah cek dan wesel yang belum diajukan kepada pihak bank, sehingga belum terbayarkan dan masih dalam proses penagihan.

Selain itu, saldo juga berkaitan dengan kartu kredit yang dikeluarkan oleh pihak bank dan bisa dinikmati oleh para nasabahnya. Saldo atau uang sisa yang dimaksud adalah saat jumlah fasilitas yang digunakan nasabah ternyata lebih kecil daripada jumlah fasilitas kartu seluruhnya.

3. Cara cek saldo rekening di mobile banking dan mesin ATM

Saldo: Pengertian, Macam-Macam, dan Cara Cek Saldo Rekeningilustrasi mobile banking BCA (IDN Times/Helmi Shemi)

Kamu bisa dengan mudah mengecek jumlah saldo di rekening bank milikmu, baik lewat aplikasi mobile banking maupun mesin ATM. Setiap bank mungkin memiliki perbedaan pada nama menu-menunya, tetapi secara umum masih menggunakan kata-kata yang mudah dipahami.

Pada aplikasi mobile banking, umumnya kamu hanya perlu melakukan login pada akun bank milikmu. Kemudian mencari bagian "Info Rekening" atau "Rekeningku" dan sejenisnya.

Kemudian biasanya akan muncul pilihan "Info Saldo" atau "Tabungan/Giro", dan sejenisnya. Kamu hanya perlu klik bagian itu dan akan muncul nomor rekening beserta jumlah saldo yang tersisa di rekening bank milikmu.

Sementara pada mesin ATM, beberapa bank umumnya memiliki tahapan yang sama untuk mengecek saldo. Caranya mulai dari memasukkan kartu ATM milikmu ke mesin dan masukkan PIN milikmu. 

Setelah berhasil masuk, kamu bisa memilih menu "Transaksi Lain" atau "Transaksi Lainnya". Setelah klik pada menu tersebut, klik bagian "Informasi Saldo" atau "Cek Saldo". Nah, jumlah sisa saldo rekeningmu akan muncul pada layar mesin ATM. 

4. Hitung selisih antara saldo debit dan kredit

Saldo: Pengertian, Macam-Macam, dan Cara Cek Saldo RekeningPexels.com/Pixabay

Pembahasan tentang saldo atau sisa uang tidak hanya ada di dunia perbankan, tetapi juga berkaitan dengan akuntansi. Di dunia akuntansi, sisa uang yang dimaksud adalah selisih antara jumlah uang yang masuk dan uang yang keluar. Biasanya jumlah uang yang masuk disebut sebagai debit dan jumlah uang yang keluar disebut kredit.

Istilah debit dan kredit dalam dunia akuntansi sudah tidak asing lagi. Selisih antara keduanya dikenal sebagai sisa atau saldo. Oleh sebab itu, perhitungan selisih juga harus dilakukan secara cermat dan teliti, sehingga jangan sampai ada kesalahan.

5. Apa sebenarnya saldo debit dan kredit dalam akuntansi?

Saldo: Pengertian, Macam-Macam, dan Cara Cek Saldo Rekeningilustrasi belajar akuntansi (pexels.com/Mikhail Nilov)

Dalam pembuatan laporan keuangan, kamu perlu memperhatikan jumlah total debit dan kredit. Apabila total debit jumlahnya lebih besar daripada total kredit, maka bisa disimpulkan kalau keuangan kamu memiliki sisa atau saldo debit.

Begitu pula sebaliknya, jika ternyata total debit lebih kecil dibanding total kredit, maka keuangan kamu disebut saldo kredit. Kondisi seperti itu biasanya disebut oleh kaum profesional dengan istilah credit balance.

Pada dasarnya, saldo memiliki arti yang sama, hanya penggunaan dalam konteks yang berbeda-beda saja tergantung bidang kerja masing-masing. Saldo mengacu pada sisa uang yang bisa menjadi set bagi sebuah perusahaan atau sebagai sumber pendanaan untuk aktivitas perusahaan.

Demikianlah pembahasan tentang saldo hingga kaitannya dengan dunia akuntansi. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 7 Cara Cek Saldo e-Money Mandiri, Mudah dan Cepat

Topic:

  • Yogama Wisnu Oktyandito
  • Yunisda Dwi Saputri

Berita Terkini Lainnya